“ Kembali Ke Titik Nol “

Dalam hidup ada masa di mana iman kita naik bergitu cepatnya, seakan kita menjadi “orang-orang akhirat”, setiap detik fikir dan risau kita hanya terfokus pada akhirat, seolah surga telah nampak di depan kita , neraka di bawah kita dan malaikat maut berada di atas kepala kita. “Seperti layaknya” Hanzhalah ra, ketika berada di majelis Rasulullah saw , “ Ya Rasulullah , Jika kami hadir dihadapanmu dan engkau menceritakan kepada kami tentang surga dan neraka , maka dengan cerita tersebut seolah-olah keduanya berada di hadapan kami, sehingga hati kami menjadi lembut dan air mata pun bercucuran , seolah-olah kami melihat hakikat yang sebenarnya.”

Tapi sayangnya hal-hal seperti itu tak bisa bertahan lama dan berkesinambungan, seperti yang Nabi sabdakan kepada Hanzhalah, “ Demi Dzat yang nyawaku berada di tangan-Nya, jika engkau setiap saat selalu dalam keadaan seperti yang engkau ceritakan ketika engkau bersamaku, maka para malaikat akan menyambutmu di tempat tidurmu dan di jalan-jalan untuk berjabat tangan denganmu. Tetapi wahai Hanzhalah, keadaan seperti itu hanya terjadi kadang-kadang saja. “

Kehidupan sering kali membawa iman kita tak ubahnya seperti roller coaster , Naik-turun, jungkir-balik tidak karuan, Ada saatnya di atas, menikmati bahagia sebentar dan tiba-tiba harus dihempaskan ke bawah lagi, merangkak naik ke atas dihempaskan lagi. Bahkan yang parahnya Nabi saw sabdakan bahwa iman manusia itu tidak lagi naik dan turun melainkan keluar-masuk : “Bersegeralah kalian melakukan amal shalih sebelum datangnya fitnah, dimana fitnah itu seperti potongan-potongan malam yang gelap gulita. Pagi-pagi seorang masih beriman, tetapi di sore hari sudah menjadi kafir; dan di sore hari seseorang masih beriman, kemudian di pagi harinya sudah menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan secuil dunia.” ( Shahih Muslim, Kitab Al Iman, Bab Al hatstsu ‘Ala Mubadaratil A’mal Qabla Tazharul Fitan 2: 133 ).

Seorang sahabat pernah bicara seperti ini kepada saya : “ Hidup ini ibarat raport sekolah, gak mengapa di awal-awal masuk sekolah raport kita merah, tapi yang harus di ingat jangan sampai pas kelulusan nilai kita masih ada merahnya kalau bisa 10 semua “. Dan sahabat yang lain pernah berkata, “. Gak papa lan, ente jatuh sekarang, tapi yang harus ente ingat, ibarat kita sedang bertarung tinju, ente harus segera bangkit sebelum hitungan ke 10 ”.

Ya Allah , banyak sekali kemaksiatan yang saya buat sehingga sudah mendekati akhir tahun, SATU KALI pun saya belum khatam Alqur’an, pada hal hak Alqur’an setahun minimal 2 kali harus di khatamkan, Dzikir pagi petang sering kali terlupa, doa-doa sehari-hari kadang terlewat di baca, sholat malam yang sudah semakin kehilangan ke khusyu’annya, air mata takut dan harap sudah susah keluar, silaturahmi harian dengan warga sekitar sudah teramat jarang saya lakukan, taklim rumah dan masjid semakin jauh dari tertibnya.

Hanya satu harapan saya, semoga ada kebaikan yang kiranya Allah swt pandang di diri saya, yang asbab kebaikan itu Allah swt mudahkan lagi saya untuk melakukan amalan-amalan yang dulu secara rutin saya lakukan. Saya teramat takut, kalau ajal saya datang sedangkan keadaan saya masih sama seperti sekarang, dimana orang-orang yang lain berebut masuk surga tanpa hisab karena begitu banyaknya amalan yang mendatangkan keridhaan Allah swt , sedangkan saya hari demi hari membuat sesuatu yang akan menyebabkan saya masuk neraka tanpa hisab , Nauzubillah .

Semoga dengan keberkahan bulan Ramdhan yang sebentar lagi datang , dan doa anda-anda yang membaca tulisan ini , kiranya Allah swt kembali menumbuhkan semangat yang hampir mati di hati saya , semoga Allah swt kembali kan fikir dan risau saya sebagai mana fikir dan risaunya Rasulullah saw, maksud hidup saya sebagaimana maksud hidup Rasulullah saw, Kecintaan saya sebagaimana kecintaan Rasulullah saw, dan semoga kelak kita semua di bangkitkan sebagai umat Baginda Rasulullah saw. Amien, amien , amien

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

sulthon , diana , okebebeh , achoey sang khilaf, mashuri, realylife, nexlaip, hanggadamai, martik , afwan auliyar , nurussadad

About these ads

23 Balasan ke “ Kembali Ke Titik Nol “

  1. realylife mengatakan:

    semoga titik nol nyang terbaik
    amin

  2. BigBaNG mengatakan:

    Ztttt…, istirahat sejenak. Rasakan dahsyatnya PENCERAHAN dari buku MUSLIMONOT di blog kami. Ayo mampir dulu!

  3. Aristiono Nugroho mengatakan:

    Terimakasih informasinya.
    Sekedar sharing yaa… Khatam Al Qur’an artinya adalah kemampuan menyelesaikan bacaan Al Qur’an dengan membaca dan memahami maknanya, bukan sekedar membunyikannya.
    Bila khatam Al Qur’an hanya difahami sebagai membunyikannya lewat lisan (bibir) manusia, maka lihatlah fenomena betapa banyak perempuan yang telah puluhan kali khatam Al Qur’an tetapi ia: (1) tidak berjilbab, (2) gemar berhias menarik perhatian laki-laki yang bukan suaminya, (3) gemar keluar rumah dengan mengabaikan pendidikan anak-anaknya, dan lain-lain.
    Untuk share selanjutnya silahkan klik “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.com

  4. Mufti AM mengatakan:

    Walaupun hanya sebesar biji sawi iman yang bersemayam di hati kita, pasti akan diperhitungkan. Namun alangkah baiknya kalau kebaikan terus melekat dalam diri kita dengan mengerjakan amal sholeh terutama di bulan Ramadhan yang nilainya menjadi sepuluh kali lipat.

  5. achoey sang khilaf mengatakan:

    Amin
    Semoga kita menjadi bagian dari orang2 yang mendapat syafaatnya :)

  6. Agus Taufiq Hidayat mengatakan:

    Semoga bulan Ramadhan ini kita lebih beruntung….

  7. irman mengatakan:

    Amin, Alhamdulillah bisa balik ke titik nol, moga jadi bekal untuk melangkah ketingkat yg lebih tinggi.

  8. cenya95 mengatakan:

    Alhamdulillah,
    Kembali ke titik nol yang merupakan awal dari sebuah perjalanan, bagai terlahir kembali.
    semoga tambah bijak.
    wassalam

  9. hanggadamai mengatakan:

    walau jatuh kita harus bisa bangkit lagi.. :)

  10. Mbak Diah mengatakan:

    Assalamualaykum wr.wb

    Salam Landy, ini mbak diah. Sudah lama mbak tidak main kemari.
    Sama² doa ya Landy, semoga Allah SWT senantiasa menjaga semangat kita dalam meningkatkan amalan ibadah sebagai bekal akherat nanti…..amiiin

    Menjelang Ramadhan, mbak minta dibukakan pintu maaf yg seluas²nya, mohon maaf lahir dan bathin jk mbak ada salah, agar mbak bisa menjalankan ibadah Ramadhan ini tanpa membawak dosa atau pun kesalahan sesama manusia.

    wassalam,
    mbak dia

    PS : Sama ² doa agar kita tetap istiqomah dlm mendekatkan diri kepada Allah SWT

  11. Alex Abdillah mengatakan:

    Assalamu’alaikum lan

    yuk…..kita perbaharui lagi niat kita…….

    Saya sekalian mohon maaf sebesar2nya mas landy, apalagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Moga Ramadhan kali ini menjadikan kita manusia2 unggul yang diberkahi dunia akhirat.amin.
    wasalam

  12. dsusetyo mengatakan:

    Semoga Allah SWT kabulkan doamu, sahabatku.
    Dan dijadikannya Ramadhan ini Ramadahan terbaikmu,
    Dijumpakannya engkau dengan Lailatul QadarNya, dalam keadaan engkau dimuliakanNya. Amin. Amin, Amin ya Rabb. Dengar dan kabulkankanlah doa kami ini.
    Sungguh kami amat membutuhkan pertolongan dan belas kasihanMu

  13. sulthon mengatakan:

    saya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, selamat menunaikan saum ramadhon semoga tahun ini bisa lebih khusyu.

  14. Abah Hasan mengatakan:

    Assalamu’alaikum lan…

    Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf yg pernah saya goreskan melalui lisan saya sehingga melukai relung hatimu. diriku hanyalah manusia lemah yg senantiasa berusaha menjadi baik walau terasa berat langkah yg mesti ku ayun.

    Semoga Allah SWT sampaikan kita ke Romadhon kali ini dengan perbekalan yg dicukupkan oleh Allah SWT, sehingga selesainya kita bisa menuai hasil yg indah dlm pandangan-Nya…amin Allahumma amin.

    Salam cinta dariku,

    Abahnya Hasan

  15. rhainy mengatakan:

    amin….amin….
    mas landy…maaf lahir bathin ya….selamat berpuasa….!!
    makasih…sampe saat ini postingan mas landy udah banyak ngingetin aku….semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmatnya kepada kita semua ya mas!!! amin.

  16. dew mengatakan:

    Landy, met menyambut dan menjalankan puasa Ramadhan, maaf lahir-batin.

  17. Frida mengatakan:

    seperti kata pepatah ” Habis Gelap Terbitlah Terang”, kembali ketitik nol smoga kedepan melesat lebih jauh lagi dan lebih baik lagi, SEMANGAT!
    Andai semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka taqwalah obatnya. dan jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhanlah Pemutihnya. Marhaban Ya Ramadhan 1429 H, mohon maaf lahir & bathin. Selamat menunaikan ibadah puasa. salam tuk keluarga.

  18. roe mengatakan:

    Marhaban yaa Ramadhan

    bulan suci Ramadhan 1429 H telah Tiba, Bulan keagungan yang penuh hikmah, berkah, rahmah dan ampunan. Bulan peperangan berat melawan musuh terberat manusia – hawa nafsu.

    Semoga kita semua menjadi pemenang dalam peperangan ini. Diterima segala amal ibadah kita dan dihapuskan segala dosa dan kesalahan. Kembali ke fitrah sebagai manusia khalifah di muka bumi.

    Saya dan keluarga memohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan dan khilaf, lisan maupun tulisan, disengaja ataupun tidak. Insya Allah kami juga sudah memaafkan segala ganjalan, berat hati dan kesalahan yang dilakukan kepada kami. Mudah-mudahan kita semua melewatkan bulan Ramadhan ini dengan hati bersih, lapang dan ikhlas hanya kepada ALLAH SWT.

    Marhaban ya Ramadhan
    Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1429 H

    — RoE —

  19. Muhammad Momon mengatakan:

    Saya barusan beli murottal Al-Quran terjemaahan, jadi habis satu ayat , lalu diterjemahkan pakai bahasa Indonesia. Bagus didengarkan dirumah

  20. arifrahmanlubis mengatakan:

    syahrul mubarok

    semoga kita termasuk hamba yang beruntung memperoleh rahmat Allah di bulan ini bang.

  21. Darkpuccino mengatakan:

    hmmm… lagi2 saya mendapatkan bacaan penyejuk iman di blog anda, setiap kali saya rasakan saat membaca postingannya mas landy. kbr saya sehat mas. warnet nya jg lancar.

    selamat menjalan kan ibadah puasa ya mas, maaf saya berkunjung lg kemari :)

  22. martik mengatakan:

    woy.. kemana ja lo??? kawin yak!!!! nga bilang2 loh ya.. ini blog ko ngga pernah di isi si.. indehoy terus y!!!!! =)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 396 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: