NIAT YANG KUAT

Assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh, Nahmaduhu wa nushalli ‘ala rasulihil kariim. ‘amma ba’du…

106_5390

Ayo catat nama yang penting niat dulu…,
Niatnya berangkat bulan apa….,
Ayo yang niat periode ini silakan catat nama…. ,

Kata-kata diatas tentunya sering kita dengar baik ketika malam markaz, musyawarah baik dimarkaz atau halaqoh maupun ketika kita sedang khuruj, seakan-akan setiap saat kita diharapakan untuk lagi dan lagi meluruskan dan menguatkan niat kita. Jujur sampai saat ini saya tidak mengerti maksud di balik kita harus terus memasang niat yang kuat, sampai seminggu yang lalu ketika di akhir sesi training 3 hari di Cipanas salah satu Trainer mengajukan sebuah pertanyaan yang menarik.


“Untuk mencapai sukses maka di perlukan niat dan usaha/cara, sekarang permasalahannya berapa persen niat dan usaha/cara yang harus ada didiri kita??? “ begitu kurang lebih pertanyaan trainer , beberapa rekan saat itu mulai mengemukakan pendapat masing-masing ada yang bilang niat 60 % ,cara / usaha 40% ada yang sebaliknya dan sayangnya tak satu pun pendapat tersebut yang “benar”, sang trainer kemudian menjelaskan bahwa untuk mencapai kesuksesan di perlukan niat yang full yaitu 100% karena ketika niat kita full (100%), maka akan menghasilkan usaha/cara yang tak terhingga banyaknya, selepas itu sang trainer meminta kami berbaris menjadi 2 baris dan memerintahkan masing-masing dari kita mengambil satu buah pin yang berjarak kurang lebih 100 meter, dan setiap masing-masing kami yang saat itu berjumlah 50 orang di harus kan mengambil pin dengan cara  yang satu sama lain tidak boleh sama. Ada yang mengambil dengan cara merangkak, lari, jongkok dan lain sebagainya yang kesemuanya satu sama lain pastinya berbeda. Ini mengambarakan bawah ketika seseorang memiliki niat yang kuat maka Allah swt akan berikan seribu satu jalan keluar yang tak terhingga banyaknya.


Disini saya belajar, bahwa entah disadari atau tidak hal tersebut saya dapati juga ketika mengikuti program-program dakwah, dimana kita semua diajarkan untuk terus memasang niat yang kuat ketika akan melakukan program khuruj baik 3 hari maupun lebih bahkan perkara Niat termasuk dalam mudzakarah 6 sifat yang harus di ulang-ulang setiap harinya.


Kalau kita lihat dari sudut agama niat merupakan sesuatu yang penting. Sikap dan perbuatan manusia diawali dengan niat untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Dorongan niat yang kuat tersebut berimbas pada keseriusan dan harapan yang besar kepada Allah untuk bisa dikabulkan segala keinginannya. Sebagaimana ditegaskan dalam hadits Nabi saw.

“Sesungguhnya setiap amal atau perbuatan (bergantung) kepada niat.” (HR Bukhari).

Allah SWT menjadikan umat Nabi Muhammad saw sebagai umat yang diistimewakan. Hal ini dikarenakan cukup bagi setiap muslim memiliki niat yang baik dan terpuji saja walau belum diamalkan sudah mendapatkan pahala yang besar disisi Allah swt, dan akan lebih besar lagi mana kala niat tersebut dapat ter-realisasi dalam bentuk amal.


Dalam Islam, segala syariat dan perbuatan seseorang berpusat
pada niat. Makanya, baik itu Iman, Islam dan Ihsan tidak lepas dari keberadaan hati manusia. Sehingga sangat tepat bila para ulama menempatkan posisi niat ini pada posisi yang sangat penting dalam kelangsungan ibadah.


”Niat seorang mukmin jauh lebih utama (penting) dari pada perbuatan yang akan dilakukannya”. Karena niat mampu menggerakkan, sekaligus menentukan gerak langkah anggota seluruh tubuh untuk melakukan sesuatu, baik itu yang terpuji maupun yang tercela. Semuanya berjalan atas perintah dan intruksi yang diberikan hati tersebut.


Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Umar bin Khattab, yang mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sah serta terkabulnya amal sholeh, itu sangat ditentukan oleh niatnya. Sehingga seseorang yang melaksanakan sebuah aktifitas, juga sangat bergantung pada motif dari niat yang disengajakannya.

Niat seseorang juga merupakan penentu apakan sesuatu yang dilakukannya itu bernilai ibadah yang berpahala atau hanya merupakan kebiasaan yang biasa, sebagai contoh ketika seseorang memasuki masjid dan berdiam di dalamnya, mana kala orang tersebut berniat untuk I’tikaf, maka diamnya tadi telah masuk katagori ibadah yang berpahala besar sedangkan kalau diamnya itu untuk sekedar melepaskan lelah maka orang tersebut tidak mendapatkan apa-apa selain hilangnya lelah. Dan hal tersebut belaku juga untuk ibadah-ibadah yang lainnya.


Oleh karenanya mulai saat ini kita masing-masing sebelum melakukan suatu aktifitas apapun kita kembali mengoreksi niat kita, kira-kira untuk apa kita melakukan hal tersebut apakah ada nilai ibadah di dalamnya atau hanya kesia-siaan belaka.


Mari mulai detik ini kita pasang niat untuk keluar lebih lama lagi di jalan Allah swt , bagi yang belum pernah 4 bulan segera niatkan begiatu juga yang belum 40 hari, pasang niat yang kuat kapan kiranya kita akan berangkat dan segera taruh uang kita di amanah baik di markaz ataupun pada orang yang di percaya di halaqoh kita, setelah itu perbaiki amalan, Insya Allah semuanya akan berjalan dengan lancar, karena banyak teman-teman kita dalam dakwah yang telah membuktikan akan hal tersebut.


Dan kadang kala ada suatu keanehan yang terjadi di kalangan ahli dakwah ketika di tanya kapan mau khurujnya baik 40 hari maupun 4 bulan maka sebagain besar dari kita menjawab saya baru pasang niat aja ga tahu berangkatnya kapan, seakan-akan kita takut doa kita di kabulkan, pada hal yang betul kita tentukan tanggal dan bulannya , pasang niat yang kuat , perbanyak sedekah, perbaiki amal, insya Allah akan terkabul, bukan malah takut niat kita akan di kabulkan he.he..he…


Jadi mulai sekarang jangan takut untuk pasang niat, doakan saya yang lemah ini untuk bisa keluar lebih lama lagi dan bisa menghadiri jord kudama pada januari nanti di Temboro. Amien..amien…amien…

Subhanallahi wabihamdika ashaduala ilaha ila anta astagfiruka waatubuhu ilaik’. Wabilahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu…

About these ads

2 Balasan ke NIAT YANG KUAT

  1. Abdurrahman mengatakan:

    insya Allah niat 4 bulan IPB selepas sidang, desember 2009. doakan semoga Allah pilih dalam usaha agama ini sampai hari akhir.

  2. Achmad mengatakan:

    wah postingnya sangat menarik. trims

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 396 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: