” Hikmah dibalik 404 “

Hampir semua orang menyayangkan ketika tiba-tiba blog saya yang di dalamnya ada kurang lebih 358 artikel yang saya hasilkan selama 1 tahun 4 bulan, menyita banyak sekali pikiran , tenaga, serta materi., hilang dalam waktu hanya 4 jam tanpa sebab yang jelas. Jam 12 malam blog saya masih bisa terbuka , tapi sekitar jam 4 pagi sudah tidak bisa lagi dengan keterangan 404 blog tak di kenali. Sedih pasti ada karena itu manusiawi, saya sudah menghubungi beberapa orang yang pakar di bidangnya salah satunya EditTag tapi hasilnya nol besar, blog saya tetap tak di ketahui rimbanya dan apa penyebab raibnya.

Banyak pelajaran yang saya terima dari hilangnya 358 artikel saya diantaranya : sudah seharusnya setiap tulisan mempunyai back up, dan hal ini yang saya lupa, karena saya berpikir saya tidak akan pernah mengalami kejadian seperti yang pernah menimpa Ustadz Haitan dan Dokter muda yang akan segera menikah asal Bali.

Mungkin karena di kejar deadline untuk menyerahkan “tulisan” beberapa minggu kedepan yang menyebabkan saya tidak begitu memikirkan perihal hilangnya blog saya, walau pada akhirnya saya membatalkan untuk menyerahkan tulisan tersebut, karena sebagian besar data ada diblog lama. Siapapun “actor” dibalik hilangnya tulisan saya, mereka hanya bisa mengilangkan tulisan tidak ide dan pemikiran yang ada di pikiran saya. Saya tidak harus mati karena tidak memakan nasi, karena masih ada makanan lain yang bisa saya makan untuk bertahan hidup. Begitu juga didunia blog , Dan saya harus terbiasa untuk itu. Sekarang saya harus memulai kembali dari NOL untuk memperkenalkan blog baru ini sambil menunggu blog baru saya.

Pelajaran besar lainnya yang saya dapat dari kejadian ini, ternyata tulisan-tulisan saya ada peminatnya juga ini terbukti dengan beberapa email dan pesan lewat YM. Terlebih lagi yang membuat saya terharu sebuah kiriman dari pak Agus sore kemarin yang membuat saya berteriak histeris sekaligus terkagum-kagum ternyata begitu mengidolakan tulisan saya pak Agus ini, sampai-sampai dia membuat duplikat tulisan saya. Sehingga 60% tulisan saya bisa di selamatkan. Ternyata tidak hanya pak Agus yang berbaik hati kepada saya, seorang sahabat membuat secara khusus postingan tentang blog saya, makasih adiet atas kebaikannya bahkan yang lebih mengejutkan lagi seseorang yang saya tidak kenal sama sekali mengirimkan email yang sangat menyentuh, memberi tahukan bahwa blog saya begitu memberi inspirasi dan semangat untuk dia dapat menerima keadaan anaknya yang berkebutuhan khusus dan dia secara khusus meminta saya untuk tetap menulis Terima kasih pak atas emailnya semoga setiap kesabaran yang bapak dan keluarga lakukan berbuah surga, amien. Dan yang tidak kalah menariknya seorang blogger sekelas purwagilardhie turut mengoleksi tulisan dan bersedia dengan susah payah membantu mengumpulkan tulisan-tulisan saya yang kebetulan dia save bahkan menurut Meity awalnya kang purwa biasa ia di sebut berencana men-save semua tulisan saya, tapi sayangnya sudah keburu hilang tulisan blog ini.

Melalui postingan ini saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sahabat yang dengan setia mendukung setiap langkah saya, yang gak bosen-bosennya dengan tingkah aneh saya, Fakhru, okebebeh , buya , dede , adiet , agus, arul , andik , ( semoga Allah Swt tetap mempersaudarakan kita di surga-Nya ).

Dan juga kepada teman-teman yang selama ini telah setia menemani blog lama saya : Meity ( yang begitu bersemangat agar saya tetap menulis , salam untuk adia ya, kapan ngajak main ke bandung neh ), Qanaahsholihah ( atas kesetiaannya membaca blog saya ) , Eucalyptus ( bunda cantik yang selalu memberikan semangat untuk aku diet ) , ROE ( teman yang mempunya idealis tinggi terhadap perubahan ) , poer ( yang dah mengirim email jam 4 pagi, makasih ), Budin. ( blogger Malaysia yang sehari bisa 2-3 kali ke blog saya ), Mbak Endang ( aku masih bujang loh mbak he..he..he.. ), siska ( calon sutradara yang begitu berbakat dan temen diskusi yang asik ). Trio Macan ( rey , iko , luna maya atas kesetiaannya yang tak berubah sampai sekarang ), Santi ( sorry neng bukannya gak mau ngabarin tadinya aku gak niat ngeblog lagi, kapan jalan-jalan ke dufan ma jagoan he..he..he.. ), frida ( makasih banget atas dukungannya selama ini, masih tetep setia dengan 11 januarinya, he..he..he.. ) dan semua nama yang tak bisa saya sebutkan satu persatu karena keterbatasan ingatan saya terlebih lagi saya tidak hafal alamat linknya karena kasus yang menimpa blog saya.

Semoga persahabatan ini tetap kekal dunia akhirat amien.

32 Responses to ” Hikmah dibalik 404 “

  1. Fakhrurrozy berkata:

    Sahabatku Landy,

    Begitu banyak yg mesti kita lakukan dalam sebuah silaturrahim. Bagi saya, setiap jalinan pertemanan yg terjadi bukanlah semata-mata sebatas karena mau mengambil manfaat, karena ingin tertawa bersama, namun lebih dari itu adalah untuk saling menguatkan dan mengingatkan “diri dan hati” agar senantiasa berjalan di “jalur lurus”. Tidak gampang memang dan semua butuh ketulusan dan kesadaran satu sama lain.

    Semoga persahabatan ini dilandasi semata-mata karena cinta Allah SWT dan Rasul-Nya dan tolong menolong yang terjadi merupakan bentuk saling menjaga untuk tidak terjatuh dalam “kubangan dan lubang” dunia.

    Mohon maaf jika komentarnya serius terus.. 🙂

    Wassalamu’alaikum.

  2. Iko berkata:

    Koq jadi melow gini sih Om…

    Udah, nanti juga loe bisa nulis yang banyak lagi… makanya lain kali harus rajin di backup tuh tulisannya,…

  3. bebi berkata:

    bang.. kok bisa ya blog nya hilang, untung si abang ninggalin jejak di shoout out bebi.. kl enggaaaaaak duh bakal gk bisa dapet pencerahan lg dr si abang

    Tetep nulis cerita2 yg menyejukan hati dan pikiran ya bang

    cayo bang !!!!!!!!!!

  4. Anang berkata:

    tetep semangat aja bang menulis…. anggap aja kemarin itu sebuah ujian dariNya dan hikmahnya adalah untuk saling berbagi kekayaan pikiran kepada sesama… maaf kalau saya tak bisa membantu kemarin hehe…

  5. lamendol.manda berkata:

    Duh, kesebut juga neh Trio Macan.

    Om, (ikut-ikutan Iko) Deadline tulisannya
    D E A D L I N E, Bukan D A T E L I N E. *Towel Emberrr..

  6. Eucalyptus berkata:

    Pertama kali aku nyangkain kamu yg tutup blog (kaya si Cempluk), mau pindah rumah baru. ternyata kaya gini ya kejadiannya. Waaah, Alhamdulillah ya ada yg nyimpen sebagian tulisan2 kamu, emang tulisan kamu tuh oke banget sih… cocok namanya pencerahan, krn bisa menjadi pencerahan utk banyak orang. Tetep semangat ya Lan, jangan lupa dietnya (he he he…), jangan sedih dunks, pasti dibalik ini ada hikmahnya. Mungkin jadi lebih sabar atau lebih hati2 di kemudian hari.

  7. ardhi nugraha berkata:

    Assalamu’alikum mas landy…

    saya sblmnya mengeklik harapandiri.blogspot.com, lho kok tiba2 ga da…saya coba search bbrapa alamat di blog, finally nemu juga di wordpress.
    kok bsa hilang ya, apa di hijacked ma orang???

    ya sudah kalo bsa diikhlaskan, yang penting buat saya, saya sudah bisa nemu alamat blognya mas landy kembali…

    wasalamu’alikum

  8. Tabriz berkata:

    HARAPAN DIRI REINGKARNASI….

  9. okebebeh berkata:

    loh…jadi selama ini tulisan-tulisannya ilang toh mas…Waduhh…Padahal saya dah niat mau membackup blognya mas landy…Yang dah saya backup miliknya pak insan sama punya saya juga..
    “Dibalik kesempitan/kesukaran/kesedihan ada 2 kemudahan”

  10. Frida berkata:

    Assalamu’alaikum Kak Landy…
    Sabar…semua pasti ada hikmahnya…
    tapi aku buka masih ada kok kak, cuma postingan terakhir yg tgl 19 jan tentang Ariel, aku fikir
    Kakak sedang sibuk tulis novel trus blognya dilupain.
    Pokoke maju terus dan sukses slalu. SEMANGAAAT!!!

  11. meitymutiara berkata:

    ayoooo bro … tetap menulis! sang aktor boleh memberangus blog lama, tapi SANG AKTOR lainnya memberi kamu anugerah yang tak ternilai untuk membuat kamu terus berkarya.

  12. ROE berkata:

    Ass.wr.wb…
    salam ukhuwah saudaraku yang seiman..
    pertama kali ngeklik blog kamu, tiba2 ada tulisan 404, kirain komp-nya yang error.. ternyata pas nanya ama bunda evie ama aditya, katanya blog loe error..
    Jujur gw sedih banget, karena tulisan2 loe blom sempat gw simpan. tulisan loe benar2 sebuah pencerahan buat kita semua. terakhir gw coment, pas loe rencana bikin novel…
    Ada hikmah kawan atas kejadian ini, dan peringatan buat kita semua para blogger buat nyelamatin tulisan2nya.
    Gw berharap loe tetap semangat, tetap semangat, dan tetap semangat.

    – satu tulisan lebih abadi dari sebuah retorika –

    — DUNIA HaNYa dapat Di taklukan oleh orang2 yang berjiwa keras..!!—

    wassalam
    dari saudaramu
    [Roe]

  13. Siapa berkata:

    Siapa: The requested URL was not found on this server. semoga hanya trouble di db nya…tp kalo ilang id blog nya gawat juga
    25 Jan 08, 03:37
    Siapa: salam knal yah… 😛
    24 Jan 08, 17:09
    LANDY: iko BLOG GW KOK HILANG YA GAK BISA DI BUKA TULISANNYA KESALAHAN 404, ITU KENAPA YA????????
    24 Jan 08, 16:18

    ====

    begitu baca pesen di sutbuknya si maniz langsung mencoba berkunjung. agak terkejut juga melihat reason yang ada meski di dalam hati udah bisa mengira2 penyebabnya. semoga db blogger yg lagi error..ehh ternyata emang bener2 ilang id nya.
    menurut saya sekelas blogger (google) ga akan bs ke bobol karena udah teruji sampi saat ini.kemungkinan ada seseorang yg menggunakan id+pass setelah masuk kemudian di cancel/drop/delete account nya.
    mungkin seh…
    blogger ga akan menutup dengan alasan seperti tulisan yang tercantum…
    sabar aja… 🙂

  14. endang berkata:

    alhamdulillah sudah ada tempat baru…..yg pastinya hikmah terbesar dari satu peristiwa adalah ketika kita tahu bahwa dlm satu kesulitan, muncul cinta utk kita tanpa kita pernah tau sebelumnya..

  15. sulthon berkata:

    hehehe, akhirnya ada juga h a r a p a n d i r i

  16. Landy berkata:

    @ All friends

    Alhamdulillah dan terima kasih atas dukungan dan perhatian teman2 semua. Semoga Allah membalasnya dgn yg lebih baik dan kita semua bisa dikumpulkan bersama di surganya kelak…amin

  17. siska berkata:

    Landy……akhirnya aku menemukan blog ini, huehehehe!!! wah wah…akhirnya ada juga tulisan dari lo. sabar…sabar…terus menulis…ditunggu nih alamat yg dot com, hehehe!! gue ganti deh alamat lo di blogroll gue…

    mmm lo bilang:”siska ( calon sutradara yang begitu berbakat dan temen diskusi yang asik )” hehehehe…bisa aja, tapi terima kasih..terima kasih… moga2 ada produser yg denger (lho?)

  18. siska berkata:

    btw, kok blog-nya nexlaip ga ada juga ya? tidak bisa ditemukan katanya. hm? hm? hm? masa kena wabah yg sama? oh no! big no! makin mengkhawatirkan nih!

  19. Eucalyptus berkata:

    Semakin gawat ya blogspot…. apa bener kata Roe, ada teroris blog? Walah, syerem amat? Ada juga tuh yang hilang, blog-nya ALF: http://penunggangkuda.blogspot.com. Itu aku cek dari laporannya Roe… Weleh2 berarti bisa terjadi sama kita semua dong… Aku sejauh ini hanya copas html aja, tapi postingan belum di back-up. Mungkin nanti deh klo ada waktu

  20. nexlaip berkata:

    lan, gue dah bikin yang baru….www.nexlaip.wordpress.com dan http://www.newnexlaip.blogspot.com

    semangat aja terus!

  21. rey berkata:

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiun…

    Lan, sesudah kejadian ini mending lo blajar ngeblog deh… biar kejadian kyk gini gak terulang lagi.

    Btw avatar lo ama pak Fakhrurrozy mirip banget, cuman beda gaya doang, kreatip dikit, napa??

    o iya, makasih buat semuanya juga… 🙂

  22. umrahmurah berkata:

    wah..jadinya lebih punya inspirasi,dan kemauan untuk lebih baik..selamat berjuang.dalam sulit ada sabar dalam senang ada syukur. lebih kreatif. from http://www.hsptravels.tk

  23. cempluk berkata:

    sabar ya mas..kok aneh ya tiba tiba blog nya gitu.

  24. aLe berkata:

    turut berduka cita,
    syukurlah jika lebih mengambil hikmah dan pelajaran ketimbang marah2 yg tanpa hasil

    smoga tetep smangat ngebLog 😉

  25. qanaahsholihah berkata:

    sebagai pembaca setia, saya sendiri tidak merasa tulisan anda hilang mas Landy. Pencerahan itu sudah meresap didalam diri, artinya dah kerasa manfaatnya. Jadi,walaupun orang2 itu berusaha menghilangkan tulisan anda,tidak dengan manfaat yg sudah saya dapatkan selama ini.Tetap semangat!

  26. sachroel berkata:

    di ikhlas kan aja mas….& keep writing

  27. saifurrahman berkata:

    Assalamu alaikum Mas Landy, apa kabar?, smga baik2 saja ya. saya baru menemukan blog baru Mas ini, saya baru tahu kalau yang lama hilang, karena memang saya ga bisa akses terus. Alhamdulillah ya tetap semangat untuk menulis, pasti ada hikmah yang baik dari setiap kejadian. setiap amal yang lalu pasti sudah dicatat di lembar catatan amal, dengan blog baru ini, semoga akan muncul amal-amal baru yang lebih baik lagi, amin.

  28. Deddy berkata:

    Selamat datang di rumah baru. Emang lebih enak comment di sini. Lebih lancar. hehe…

  29. Al-F berkata:

    Ass..Alhamdulillah mas landy..bisa terselamatkan sebagan tulisan2nya d bisa ngeblog lagi, sy pun sedih nggak bisa akses ke blog mas landy karna banyak pelajaran disana, oiya sy pun mengalami kasus serupa tapi tak sama…ehe.he…sy ke-delete sendiri..aha..ha…oiya cerpen-nya gimana mas? apa ilang juga yah? ato ada back-up-nya?, Salam persahabatan slalu dari sy Al-F olang biaca.

  30. Al-F berkata:

    sy link lagi yah mas ?

  31. diana berkata:

    Ass…beberapakali saya membaca tentang hilangnya blog dari pencarian, padahal blog tersebut sudah cukup populer, belajar dari hal tersebut, meskipun saya baru memulai membuat blog dan masih banyak yang belum saya ketahui soal blog, saya telah menyiapkan blog lain untuk membackup tulisan saya kelak, meskipun tulisan saya kurang begitu penting, setidaknya sebagai koleksi pribadi.

Tinggalkan Balasan

