” Jodoh dan Berlian “

 

 76434843.jpg

Dimana anda bisa mendapatkan sebuah berlian? Tentu di toko berlian. Sangat bodoh ketika seseorang ingin membeli berlian tapi yang di kunjungi toko kelontong atau warung makan ( Jadi lupa program diet he..he..he..). Dengan cara apa anda bisa mendapatkan sebuah berlian? Yang tentunya dengan membayar sejumlah harga yang telah di tentukan untuk sebuah berlian. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan sejumlah uang agar bisa membeli sebuah berlian ? sudah pasti dengan berusaha keras agar dapat mengumpulkan uang sebanyak mungkin dengan cara yang halal tentunya he..he..he..

Dan rasanya hal itu pun yang Insya Allah sedang saya lakukan. Tapi kali ini bukan usaha untuk mendapatkan berlian sebagai perhiasan, melainkan “BERLIAN” sebagai pasangan hidup. Ada ungkapan yang menyatakan “berlian diciptakan untuk kepuasan Anda” begitu pun halnya dengan pasangan kita ( pria / wanita ), kalau untuk memilih berlian saja kita harus memperhatikan beberapa hal seperti; warnanya, potongan (cut), karat dan clarity (kemilau/kejernihan). Maka dalam memilih pasangan hidup sudah semestinya kita lebih extra lagi untuk memperhatikan ketimbang sebuah berlian.

Mendapatkan pasangan hidup yang terbaik, tentu menjadi harapan setiap manusia. Seperti yang disebutkan dalam sabda Nabi saw, ada empat faktor yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih pasangan (1) harta, (2) keturunan, (3) kecantikan (rupawan), dan (4) agama (kesalehan). Kriteria ini secara keseluruhan telah mencukupi bagi seseorang dalam mendapatkan keluarga yang sakinah, mawaddah, wa arrahmah.

Mencari calon istri bagi kita, bermakna memilih calon ibu bagi bayi-bayi kita. Hak-hak bayi mulai dituntut dari ayah dan ibunya, bukan dimulai ketika bayi itu sudah dilahirkan oleh ibunya dan hidup di tengah keluarganya, namun hak-hak bayi telah bermula saat calon ayah sudah merencanakan pernikahan dan ingin mengawini seorang istri.

Dalam masalah ini, agama yang mulia ini telah memberi petunjuk bagaimana seorang muslim atau muslimah memilih pasangannya, kemudian menjadikannya sebagai mitra dalam menjalani kehidupan rumah tangga yang sekaligus akan menjadi orang tua bagi anak-anaknya kelak.

Oleh sebab itu, setiap muslim dianjurkan agar memilih calon istri yang baik agamanya, baik budi bahasanya, berakhlak mulai dan baik keturunannya. Wanita yang shalihah dan kuat agamanya merupakan kriteria utama yang harus di perhatikan dalam memilih calon istri, sebab apabila dipilih calon istri yang lemah beragama, istri seperti itu tidak akan menjaga kehormatannya dan kehormatan rumah tangganya. Dan istri seperti itu tidak patut untuk menjadi ibu bagi anak-anak yang lahir dari rahimnya. Rasulullah saw bersabda “Pilihlah wanita yang shalihah untuk menjadi istri kalian, karena orang tua akan menurunkan sifat-sifat kepada anaknya.” ( Ibnu Majah ).

Lantas ada ungkapkan , “Hari gini cari istri yang shalihah apa masih ada???”. weittttttttttt tunggu dulu , ente cari calonnya dimana, kalau ente carinya keluar masuk diskotik, mal, bioskop ya terang aja gak ada, sama aja seperti mencari berlian di toko kelontong atau di warteg ( aduh hancurrrrrrrrr program dietnya he..he..he.. ), coba anda datang ke kyai atau ustadz, terangkan diri anda semisal, saya fulan bin fulan umur sekian, bekerja sebagai pengusaha , berniat mencari pendamping hidup, “saya sudah khatam 30 juz Al Qur’an, Riyadhus Shalihin, Bulughul Mahram, Shahih Bukhari dan Muslim, Kutubus Sittah, dan masih banyak kitab lainnya, Pak Kyai bisa test langsung saya bersedia”. Maka pasti akan di carikan istri yang sebanding dengan anda, TAPIIIIIIIIIIIII, kalau anda kerjanya cuma keluar masuk tempat hiburan, duduk berlama-lama di depan computer untuk browsing gambar-gambar porn dan tebar pesona dengan lawan jenis, mana bisa mendapat istri yang shalihah, ingat jangan berharap mendapat istri seperti Khadijah kalau anda tak seperti Rasulullah, jangan berharap mendapat istri setabah Siti Hajar, kalau anda bukan Ibrahim as.

Lantas ada pertanyaan lagi, “Kok nyatanya ada suami / istrinya baik dapet pasangan yang gak baik, pada hal kan ada ayat yang menyatakan orang baik untuk orang baik begitu pun sebaliknya”. He..he..he.. ente tahu baiknya dari mana?? Sesuatu yang kita anggap baik belum tentu baik dimata Tuhan begitu pun sebaliknya, jangan karena berjenggot, memakai surban lancar membaca ayat-ayat trus di bilang baik, tidak semua orang dapat membedakan mana emas mana kuningan, hanya orang yang ahli saja yang memiliki kemampuan itu.

Ada kisah seorang teman, sebenarnya ini aib tapi karena untuk suatu pembelajaran dan saya pikir saya tidak menyebut nama jadi rasanya tidak masalah kalau saya tulis. Teman saya ini anak orang kaya dan gemar mencari ilmu agama., bahkan sampai belajar agama di timur tengah, dia bisa 4 bahasa, Inggris, arab, urdu dan sedikit mandarin. Memilih wajah yang tampan, bentuk tubuh yang bagus. Tampilannya full sunah. Tapi sekali lagi, keimanan seseorang bukanlah sesuatu yang tetap, dia bisa naik dan turun, bahkan bisa keluar masuk. Singkat cerita sekembalinya dia ke tanah air tiba lah keinginan dirinya untuk memiliki seorang istri, dan disinilah titik kesalahannya. Ibarat seorang yang memiliki uang bermilyar-milyar menukar dengan segram emas yang harganya tidak lebih hanya ratusan ribu. Begitupun dengan teman saya, ketika dia berjalan-jalan ke mal dia bertemu dengan seorang gadis cantik, calon artis pula ( saat itu masih figuran dan sampai saat tulisan ini saya buat tetep he..he..he.. sorry bro kalau baca ). Setelah proses yang orang sering bilang “Pacaran Islami” he..he..he.. menikahlah mereka. Tak berselang berapa lama terjadilah perubahan yang sangat mencolok yang membuat saya menangis batin. Sang teman yang biasanya berjenggot kini tak terlihat lagi, rambut yang biasanya ditutup oleh peci , kini sudah tidak lagi malah rambutnya berwarna dan tak jelas warnanya, celana diatas mata kaki yang biasa dia kenakan kini semakin mengecil sampai ke atas dengkul, ia yang biasanya gemar duduk-duduk di masjid bersama-sama bermudzakarah tentang agama, kini lebih nyaman duduk di motor besarnya berkeliling dengan teman-temannya, dan masih banyak lagi penampilan yang membuat saya mengelus dada, apalagi kalau buka account di FS nya, gambar wanita -wanita bertebaran. Sungguh prihatin saya, teramat mahal harga yang dia bayar untuk seorang figuran. Hiks. ( ayo bro bangkit kapan neh kumpul-kumpul lagi hiks ). Jadi merenung saya menulisnya sampai-sampai kehilangan ide saking memikirkan teman saya ini. Betapa begitu kentara perubahannya mana kala kita berjalan mengikuti hawa nafsu bukan mengikuti aturan agama.

Ya sudah lah nanti kalau hati saya sudah aga mendingan saya lanjut nulisnya, saya hanya minta anda-anda yang membaca tulisan ini , mendoakan saya dan teman saya tersebut agar selalu berada di jalan-Nya, dan lebih bisa mengekang hawa nafsu.

 

Bahan bacaan : Hak-Hak Bayi Anda karya : Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny, Mendapatkan Jodoh Ideal” karya M. Shodiq Mustika, dkk

 

Terimakasih atas komen dan kunjungannya :

ridu , Cabe Rawit , aRya , gelly , icha , dhany , Jaisy01 , Cabe Rawit , Anang , Santi , ROE , aaqq , ojat , endang , Eucalyptus , Fakhrurrozy , wedulgembez , fahmi! , Fiz , amalia , indra1082 , Tabriz , Agus Taufiq Hidayat , okebebeh , serdadu95 , manis , varendy , Frida , taqiku , olangbiaca , bebi , anakrimba , sulton , Abeeayang™ , cewektulen , arifkurniawan as bangaiptop , sluman slumun slamet , meitymutiara , Laks , anak baru

Iklan

51 Responses to ” Jodoh dan Berlian “

  1. manis berkata:

    Yaa Allah, semoga aku, dan mereka yang masih single diberikan pasangan yang menurutMu itu baik… agar kami ke depan bisa menjadi keluarga yang SaMaRa, amin…

    Semoga temannya Om Landy bisa kembali kepada jalanMu, seperti dulu saat dia belum menikah…

    Jangan menyerah Om, tuk ngasih tahu ke teman loe itu. sukses.. biar loe bisa kumpul2 lagi mas doi.

    Iko elo berdoa apa promosiin diri wakakakakakak

  2. okebebeh berkata:

    wah..jodoh lagi-jodoh lagi..emang jodoh gak ada kelar-kelarnya nih klo kagak langsung praktek..he..he

    Insya Allah niat praktek tahun ini, doain ya pak biar nanti kita bisa keluar maturah bareng he..he..he..

  3. meitymutiara berkata:

    Aku setuju sama paragraf yang ini: Lantas ada pertanyaan lagi, “Kok nyatanya ada suami / istrinya baik dapet pasangan yang gak baik, pada hal kan ada ayat yang menyatakan orang baik untuk orang baik begitu pun sebaliknya”. He..he..he.. ente tahu baiknya dari mana?? Sesuatu yang kita anggap baik belum tentu baik dimana Tuhan begitu pun sebaliknya, jangan karena berjenggot, memakai surban lancar membaca ayat-ayat trus di bilang baik, tidak semua orang dapat membedakan mana emas mana kuningan, hanya orang yang ahli saja yang memiliki kemampuan itu.

    Akhirnya memang kita harus kuat-kuatan dengan lingkungan, kita adalah pemegang keputusan atas hidup kita: “pengen kehidupan seperti apa?” walaupun memang, Tuhan adalah penentu segalanya. Jadi inget potongan lagunya Opie:
    Obat Hati ada lima perkaranya
    Yang pertama baca Qur’an dan maknanya
    Yang kedua sholat malam dirikanlah
    Yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh
    Yang keempat perbanyaklah berpuasa
    Yang kelima dzikir malam perbanyaklah

    Dalem banget Meit komennya , pengalaman pribadi ya he..he..he.. canda Meit

  4. Fakhrurrozy berkata:

    Pilihlah yang “beragama”, niscaya engkau akan beruntung… 🙂

    Undangannya mau di kirim ke mana neh he..he..he…

  5. Fakhrurrozy berkata:

    Semoga kita semua yg berkumpul di blog (termasuk yg diangkat jadi tema tulisan) ini mendapat petunjuk yg benar dari Allah dan dilembutkan hatinya untuk menerima segala nasehat yg datang dari manapun…amin.. 🙂

    Amien

  6. serdadu95 berkata:

    Ada sedikit tips mencari jodoh idaman versi..,silakan yg berkenan mbaca di :
    http://serdadu95.wordpress.com/2008/01/13/tips-mencari-jodoh-idaman/#more-65

    Makasih mas , atas sharingnya

  7. duilehh yg mau nikah 😀 undang2 ya

    Kirim kemana neh he..he..he..

  8. ojat berkata:

    jadi kapan nih mas? hehe, ditunggu kabarnya 😛

    Tar di kabarin ma Luna Maya he..he..he..

  9. gelly berkata:

    aku harus bnyk belajar ini…thx landy,akupun mendambakan jd cwek yg sopan n bnr2 baik tapi rasanya kok berat juga…aku kadang khilaf..ya ampunn tobattt^^kadang aku berpercaya pada yg bukan2 klo aku baik aku pasti akan mendapat yg baik N sebaliknya…gpp menghibur diri heee 😀

    he..he..he.. sama Gell aku juga gi belajar bukannya orang hidup selalu belajar.

  10. endangpurwani berkata:

    wah……sudah semakin dekat waktunya ya…..selamat deh, mas…

    Amiennnnnnnnnnnnnnnnn

  11. nurussadad berkata:

    “berlian” pun, hanya dapat dimiliki yang “berlian”

    Bener bangetttttttttttttttttttttttttttttttttt seperti halnya Khadijah hanya bisa di miliki oleh Rasulullah, dan Hajar bisa di miliki oleh Ibrahim as

  12. varendy berkata:

    betul, jadi semangat nih memperbaiki diri, doakan saya ya teman2 agar bisa terus berada di jlan yang benar, baik, dan lurus. dan doakan saya ya agar dapat istri yang solehah yang selalu mengerti keadaan suaminya. aamin

    a comment from varendy.wordpress.com

    Amiennnnnnnnnnnnn, sama – sama doa Bro he..he..he.. gw juga sama lagi berusaha memperbaiki diri

  13. pokoke undangannya di kirim lewat blog hehehe,

    Blog itu apa ya he..he..he..

  14. Ewie berkata:

    SEmoga dapet jodoh yg sholehah, amin.

    Amiennnnnnnnnnnnnnnn

  15. amalia berkata:

    katanya sih jodo itu sebagaimana diri kita…
    emas ya dptnya emas jg…
    berlian… ya berlian juga…
    maennya di Mall… ya dptnya yang suka dimol.
    tp terkadang pasangan hidup dipersembahkan Tuhan untuk ujian kita…

    Moga kita semua nih… menjadi lbh baik ya..

    Amien , aduh aku seakan tercerahkan deh he..he..he..

  16. realylife berkata:

    emang susah kok menemukan berlian yang asli , kebanyakan imitasi . makanya saya belum menemukan berlian pasangan hidup saya , alias masih jomblo . Semoga saya bisa menemukan berlian yang pas di hati saya
    makasih ya sudah sering mampir di blog saya

    Berlian yang asli hanya bisa di dapat oleh ahlinya, sama halnya dengan derajat ke walian yang hanya bisa di lihat oleh wali juga. Sama-sama semoga gak bosen2 main kemari

  17. Eka berkata:

    saya numpang baca ya….

    Sama saya juga mau numpang baca ah he..he..he..

  18. ipotes berkata:

    wah..sama kita jomblo..hee
    Kita hanya mampu berusaha.. baik buruk disana menetukan. walaupun buruk berlian yang kita dapat ya itulah berlian kita.Trims

    he..he..he.. iya sama jomloh wakakakakaka jadi malu

  19. ichal berkata:

    semoga temannya sudah selesai mendapatkan pelajaran berharga lainnya, setelah dia menuntut ilmu agama. tentunya sosial juga perlu dipelajarinya. mungkin saja sisi ini yang sedang di tunjukkan oleh “sang Maha sutradara”.

    Amien

  20. sayur asem berkata:

    *ga peduli postingannya*
    nunggu mangan-mangan… asyik.. :mrgreen:

  21. sayur asem berkata:

    halah, mlebu sepam, gggrrrggghhhh…

  22. Deddy berkata:

    Kalau yang dapat pasangan lewat internet gimana mas Landy? 😉

    Perlu di pertanyakan , sebelum di test dengn 4-7 id berbeda, lagian kalau orang yang suka ngenet atau ol via chat kemungkinan selingkuh puluhan kali lebih besar ketimbang orang yang gak ngerti net

  23. Fiz berkata:

    Selamat menikah sodara, semoga menjadi keluarga yang SaMaRa. Amiin….!!!

    Amien

  24. icha berkata:

    undang2 dooong…kalo kamu nikah..dan ngundang2 para blogger…bakal jd ajang kopdaran terbesar…kalah dah pesta blogger 😛

    He..he..he.., tapi apa kah dirimu berkenan hadir ??? jauh bowwwwwwwwww mesir

  25. Cabe Rawit berkata:

    Waww… kayak-na asek ini fostingan, referensi buat yang mao kawin.. 🙂

    Ane sepakat ama pernyataan abang bahwa memilih calon bini itu secara langsung berarti memilih calon emak buat anak-anak kita. Ane pernah denger Nabi bersabda, “al-Ummu Madrasatun”. Ibu adalah sekolah, sekolah buat anak-anaknya. Yang paling besar peranannya dalam ngedidik, ngebimbimbing dan ngebentuk anak-anak.

    Terus, kalo peranan utama laki dalam rumahtangga lebih sebagai pemimpin, manager dan nakhoda. Keberhasilan seorang ibu menjadi sekolah buat anak-anaknya, juga sangat dipengaruhi ama bagemana seorang laki memimpin. Umpanya kayak-na sekolah bagus, yang punya fasilitas lengkap, kurikulum yang hampir sempurna, dan punya guru yang kapabel, tapi sayang kagak punya kepala sekolah yang baek. Entu sekolah bisa aja jadi semrawut, kagak berhasil ngehasilin output yang baek. 🙂
    *difecut*

    SO , jadi kapan neh di resmiinnya ma tu mahasiswi kedokterannya he..he..he..

  26. Agus Taufiq Hidayat berkata:

    Terbatas sekali berlian di toko berlian yang sangat sesuai dengan keinginan kita, tapi apabila kita mau belajar bagaimana cara membuat berlian (sulit memang) Insya Allah akan ada lebih banyak lagi berlian yang sesuai dengan keinginan kita, Toh berlian yang ada di toko berasal dari sesuatu yang tidak beraturan bentuknya bahkan bercampur dengan sesuatu yang tidak berkilau.

    Asbab dari orang mau mencurahkan/mengorbankan harta, diri, waktu dan pikirannya maka jadilah berlian yang indah yang dibentuk sesuai dengan kepuasan si pembuatnya.

    ehm…. ana jangan lupa di undang juga ya….

    Ko menurut keinginan kita ?, kenapa tidak menurut keinginan Allah swt? lantas apa gunanya ada sholat istikarah kalau kita masih tetap mengiginkan yang kita mau bukan menyerahkan menurut yang Allah mau. kesalahan kita hari ini kita merasa menjadi tukang berlian yang beranggapan mampu merubah seseorang menjadi lebih baik, pada hal itu syirik namanya karena yang dapat merubah dan tidaknya hanyalah Allah swt, contoh teman yang saya tulis salah satunya, ketika dia bertemu dengan seorang wanita cantiq di Mal yang belum menututp aurat dia beranggapan dengan iman dan pendidikan agama yang dia pernah jalani dapat merubah si wanita itu, tapi nyatanya bukan wanita itu berubah melainkan dirinya yang hancur dan semakin jauh dari agama. lain halnya kalau kita dan calon kita sebelum menikah menyamakan visi dan misi mau di bawa kemana arah pernikahan ini. dan meyerahkan semuanya menurut aturan agama.

  27. aLe berkata:

    […]mendoakan saya dan teman saya tersebut agar selalu berada di jalan-Nya, dan lebih bisa mengekang hawa nafsu[…]

    aMien,
    smoga Tuhan sll memberi kita yg terbaik,.

    Amien

  28. alfaroby berkata:

    MasyaAllah.. mencerahkan sekali nih..
    good posting…

    mencari istri yang sholehah saat ini memang rada rada susah…. gak mesti yang “berjilbab” tuh terkadang sholehah… bahkan terkadang yag “biasa” saja malahan yang sholehah…

    Tapi tetap saja jilbab itu suatu kewajiban, dan kelak suami akan di tanya ketika istri atau anggota keluarganya ada yang tidak menutup auratnya.

  29. adhini berkata:

    “Kok nyatanya ada suami / istrinya baik dapet pasangan yang gak baik, pada hal kan ada ayat yang menyatakan orang baik untuk orang baik begitu pun sebaliknya”

    Baik atau ga baiknya seseorang, hanya bisa dilihat dari kacamata Illahi, manusia bisa menilai..walaupun penilaian itu terkadang subjektif. Yaaa, karena itulah sebaiknya manusia tidak asal nge-judge seseorang hanya dari penampilan atau sikapnya,karena apa yg dilihat dari kacamata manusia belum tentu benar untuk dijadikan tolak ukur manusia itu baik atau tidak baik.

    cheers.

    Beda ya kalau ahli komunikasai yang ngomong, mantabbbbbbbbbbbbb, he..he..he.., salut gw neng ma elo terus semangatttttttttttttttt

  30. dobelden berkata:

    ah… emang berlian itu indah….

    seindah istri sholehah

    Istri sholehah lebih indah pak, karena berlian hanya di dunia indahnya , kalau istri sholehah dunia akhirat he..he..he..

  31. olangbiaca berkata:

    Asl..ehe mo nyari orangrumah..

    #Jgn berharap yg sempurna, karna yg sempurna itu ALLAH, tapi pernikahan adlah TEMPAT KITA SALING BERSINERGI.

    #Jgn fikir enaknya aja, karna pernikahan adlh TANGGUNG JAWAB dan RUMAH CINTA, maknay pernikahan MITSAQAN GALIZA=PERJANJIAN YG BERAT.

    #Pasaangan kita tidak akan jauh dari kita artinya SEKUFU=SEBANDING. baik sifat maupun kebiasaan.

    #Pernikahan itu nikmatnya sebentar saja, selanjutnya NIKMAT SEKALIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII…..

    #dan yg penting adlah JANGAN CARI ISTRI lewat Browsing….Blogging….Chatting……ntar bisa ngiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiing…..jatuh kelaut…hehehe

    sekian ceramah buat CAMEM=Calon Mempelai…

    hahhhaaaaaaaaaaaaaaaaa…….Lariiiiiiii

    Yeeeeeeeee si ustadz kok lari, mana neh salam tempelnya, cek juga boleh asal jangan cek kosong, atau mau transfer, no rekeningnya masih sama kok he..he..he..

  32. Agus Taufiq Hidayat berkata:

    ya.. tentunya sebagai seorang muslim keinginan kita harus sama dengan keinginan Allah.

    Kalau dilihat dari segi hakekat antum benar… tapi dari segi syariat?

    kuu anfusakum wa ahlikum naro.

    Kalau kasus teman antum, mungkin niatnya aja ga lurus (syariat mode), tp yang pasti itu terjadi karena kehendak Allah (hakikat mode), semoga Allah memaafkan dosa ana yg ga sempat mengingatkan teman antum (syariat mode).

    kalo soal visi misi, ana 100% setuju. tapi ya… seperti yang antum posting berlian itu harganya mahal langka lagi….

    Kan sudah saya tulis, berlian hanya bisa di dapat di toko berlian, dan hanya orang-orang yang mempunyai kemampuan yang bisa memilikinya, sekarang pertanyaannya sudah kan Anda mengunjungi toko berlian dan bertanya kepada ahlinya, dan menakar berapa banyak kemampuan Anda untuk mendapatkan berlian itu. Satu contoh kecil, antum tentu kenal Anzani , Januari kemarin dia menikah dengan hafizah 30 juzz berusia 15 tahun, dan kita tahu semua siapa Anzani, orang yang Insya Allah baik menurut pandangan beberapa orang yang bisa di percaya dan yang saya saksikan. dan saya rasa Anzani pantas mendapatkannya karena pengorbanan yang dia lakukan dalam dakwah, dan kalau antum mau melihat berlian-belian yang lain, antum bisa berkunjung ke TEMBORO dan bertanya kepada kyai disana toh sebentar lagi kan ada Zord disana ( semoga Allah pertemukan kita disana ), dan saya rasa masih banyak tempat-tempat semacam temboro yang menempa berlian-berlian itu, sekarang tinggal diri kitanya berusaha ( Syariat ) untuk menempa diri kita sendiri menjadi berlian agar kelak mendapat berlian. Dan rasanya saya masiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihh teramat jauh untuk kearah itu oleh karenanya saya meminta doa dari antum supaya Allah memberikan kekuatan kepada saya untuk selalu memperbaiki diri, sehingga walaupun kelak saya cuma mendapat “kuningan” setidaknya langkah yang saya tempuh tidak menyimpang dari syariat itu sendiri. Amiennnnnnn.

  33. la mendol berkata:

    ihiiiiiiii….yang mo nikah.

    Selamat ya ustadz…nggak bisa doain apa-apa,soalnya elo lebih paham rapalan doa yang manjur.
    Paling aku cuman bisa ngasih kecap doang. 🙂

    Ustadz dodol mu, siapa yang mau nikah yeeeeeeeeeeeeeee, orang ini artikel pesenan he..he..he..

  34. Agus Taufiq Hidayat berkata:

    Amin… do’a in ana juga supaya supaya ana bisa membentuk berlian-berlian yang indah di keluarga ana (syariat mode). 🙂

    Amien , kalau didalam diri kita hidup dakwah dan suasana agama, insya Allah berlian-berlian akan lahir dari rumah-rumah kita sebagaimana Allah lahirkan dari rumah-rumah sahabat Ra.hum , Kunci dari semuanya Maqomi dan intiqoli dan berusaha meningkatkan pengorbanan setinggi-tingginya sehingga dakwah menjadi maksud hidup, hidup untuk dakwah dan mati dalam dakwah, Ya Allah kabul Ya Allah. Amien… Amien…Amien…

  35. HTC berkata:

    Mas agus josh bener nih, hehehe sampe 3 kali postinggannya. udah ga tahan ya, hehehe

    Mas Agus dah ada buntut 2 loh, maaf mas buka kartu he..he..he..

  36. rey berkata:

    oke lan, kalo gitu gue ke toko berlian dulu yee… (lho??) 😀

    Jangan lupa beliin gw satu ya Rey yang segede gaban he..he..he..

  37. darsini berkata:

    itu tandanya kiamat sudah dekat ……………..

    di dunia ini tidak ada yang sempurna ,,,,,,,

    karna kesempurnaan hanya milik ALLAH.SWT

    hidup jomblooooooooo,,,,,,,,,,…..

    Dodol Darsini, tuh Dayat nganggur napa gak ma dia aja , pake sok jual mahal he..he..he…

  38. hanggadamai berkata:

    klo aku, gak papa lah nerima pinangan seorang wanita walaupun kaya tapi cantik hati dan rupanya, maniz, jujur, baek hati dan tidak sombong, rela berkorban lapang dada, rendah hati
    *bingung mikir*

    He..he..he.. sama 😉

  39. realylife berkata:

    numpang nyari tulisan baru , eh belum ketemu
    tapi makasih ya sudah silaturahmi di blog saya
    semoga ngga bosan juga

    Sama-sama duh jadi malu sepertinya blog saya deh yang sering di silaturahmiin he..he..he..

  40. Yari NK berkata:

    Saya doakan deh mudah2an dapet “berlian” yang asli, bukan dapat “berlian” yang palsu. Mungkin “beli berlian”nya juga mengukur kemampuan kantong sendiri dan kita harus bekerja keras banting tulang untuk mendapatkan “berlian” tersebut dalam arti kiasan, dalam arti sebenarnya mungkin kalau kita ingin “berlian” yang kelas wahid, mungkin kita dulu juga harus memperbaiki diri sendiri. Bukankah begitu?? 🙂

    Btw, salam kenal ya dan terims sudah mampir di blogku.

    Amien makasih doanya pak, salam kenal kembali dan makasih dah mampir

  41. Oghi berkata:

    Semogo jodoh saya seperti “BERLIAN” juga…. Amiin…
    Kok jadi mendoakan sendiri… ya..

    sama-sama doa deh kali aja mabul he..he..he..

  42. Rozy berkata:

    Nggak mau beralih ke “Mutiara”? :mrgreen:

  43. Abror berkata:

    Assalamu’alaykum wr. wb.
    Mas Landy bagus jg tuh artikelnya, ane sangat t’haru mendengar teman antum itu…ane do’a kan smoga Allah membalikkan lagi hatinya sewaktu masih bujang…karena hanya Allah yang memegang qalbu atas manusia…., kapan tanggal nikahnya nih ??? undang2 ya, biar nanti qt bisa keluar masturot…hehehe…Amin

    Wassalam

  44. ferry3 berkata:

    mungkinkah berlian itu datang sendiri….tanpa dicari dan diundang???

  45. adit berkata:

    subhanallah, mudah2 an ente cepet dapet jodoh shalihah lan, hafizh qur’an kalau bisa dah aammiin, kabulkan ya Allah

  46. semoga yang belum mendapatkan berlian segera mendapatkannya, sedangkan yang sudah mendapatkan semoga bisa memeliharanya dan kalo bisa nambah berlian lagi!
    :d

  47. Iko berkata:

    Gimana, doa gw manjur gak Om???

    😛

  48. wiryo Al Tegal berkata:

    wah, isinya bagus-bagus blognya, aku jadi ingin buat blog nih… selamat yah?
    tapi jangan lupa kalau ingin tahu berlian dengan lengkap kunjungi http://www.intanberlian.com

  49. tomy berkata:

    semua tu tergantung dari kita…
    mungkin benar p yg d katakan wacana d atas.
    mungkin kita lebih baik cari jodo d kiyai/ustadz dan kita ceritaka semua kelbuhan & kekurangan kita supaya kita mendapaatkan jodoh yg sebanding dengan kita…. ^_^

  50. aa. pakhbr neeh?nampaknya sudah makin muanteb *qolqolah kubro* persiapan nikahnya. moga2 alloh mudahkan semua persiapan dan kekuatan. bar, jaga stamina lahir trussing bathin (kalo ga ngerti artinya tanya r ayu ray). www fr.slamet ryd

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: