“Setangkai Cinta Tak Termiliki”

 

77006282.jpg

 

Entah untuk ke berapa kali lagu “Tak Termiliki “ ini saya putar. Selepas sholat dan taklim subuh, saya langsung memutar lagu milik Rossa yang pernah menjadi lagu kesukaan almarhumah. Sejak 2 hari yang lalu entah mengapa pikiran saya mengembara jauh ke beberapa tahun silam dimana seorang gadis pernah cukup dekat dan keberadaanya sudah seperti saudara, walau dia mengartikan kedekatan itu dengan artian yang berbeda.

Gadis manis, yang selalu mengenakan jilbab panjang, dengan setianya menemani hari-hari saya, pernah juga ia menawarkan sebuah cinta dan kesetiaan, namun sayangnya ia harus menelan kekecewaan , karena saya tidak pernah berani untuk mengakui sebuah getaran yang ada di hati ini, saya lebih mengiginkan hubungan ini layaknya sebuah hubungan kakak dan adik tidak lebih dan tak akan bisa lebih.

Kekecewaan itu mungkin yang menyebabkan dia memutuskan untuk menikah dengan seorang pria yang sangat tidak dia cintai, dan terpaksa menjual 2 buah cincin berukir nama dia dan saya yang sempat saya tolak sebelumnya.

“Cincin apaan ini?” tanya saya

“Baca deh, ini inisial nama abang ma aku “ ucapnya

“Kaya apa aja pake gitu-gituan, mendingan uangnya untuk beli martabak AA di maggarai” tutur saya, dan dia hanya diam sambil memasukan 2 cincin itu kedalam sakunya.

Sejak ia menikah, kabar tentang dirinya hilang seiring dengan kesibukan saya dan jauhnya jarak keberadaan kami. Tak ada niat untuk sekedar bertanya bagaimana kabar dirinya, apakah baik-baik saja dan lain sebagainya. Kepergiannya tak pernah saya tangisi karena memang tak ada getaran dan rasa ingin tahu waktu itu. Sampai di bulan agustus tahun lalu sebuah email saya terima darinya yang kurang lebih isinya mengiginkan saya untuk mendengarkan lagu “TAK TERMILIKI“ yang dibawakan sangat manis oleh Rossa , dan 2 hari kemudian email-nya kembali saya terima, kali ini menanyakan apakah saya sudah mendengarkan lagu itu, dan saya jawab sudah , padahal saya tak pernah mendengarkan lagu itu, lantas sesaat kemudian email yang lain datang darinya,gimana menurut abang lagunya, bagus gak ? “, dan saya tidak pernah menjawab sampai maut merengut nyawanya beberapa waktu yang lalu.

Sedih, sudah pasti ada, apalagi kematiannya yang begitu tragis akibat depresi yang begitu berat yang memaksa dia harus bergantung dengan obat penenang. “Suaminya punya istri lagi, dan suka main pukul” ucap ibunya ketika saya berkunjung ke rumahnya 2 minggu yang lalu.

Apa cinta itu begitu menyakitkan ?, Tapi bukankah cinta bisa membuat seseorang memandang indah sesuatu yang sebelumnya ia anggap hina. Cinta juga bisa menjadikan seseorang menganggap mudah sesuatu yang sebelumnya dia anggap sulit. Terlalu parahkah luka yang lelaki itu buat atau lelaki itu hanya meneruskan luka yang sebelumnya pernah saya buat. Entah sejak kapan dunianya menjadi tak berwarna. Apa sejak saya mengucapkan tidak untuk cinta-nya !

Masih jelas dalam benak saya , ketika kita berlari dalam hujan sepulang sekolah. Begitu renyah tawanya, tapi mengapa dulu hal itu tak tergambar dalam benak saya, atau karena tak ada rasa disana, entahlah. Waktu itu begitu cepatnya setiap kisah berlalu tanpa kesan bak tulisan diatas kertas yang di hapus lalu di gantikan.

Ketahuilah kawan, sesungguhnya cinta yang tulus tidak lahir sekejap. Ia pun takkan muncul karena paksaan. Cinta sejati berjalan dan sampai di tujuan dengan lamban dan pelan. Ia berjalan melalui perpaduan yang panjang setelah menegakkan tiang pancang. Cinta sejati akan mewujud setelah perjalanan yang panjang, setelah mantap niat dan teguh tujuan. Karenanya, cinta sejati takkan mudah runtuh tiang, takkan mudah pudar ikatan.

 

Lihatlah! Aku adalah tanah yang gersang,

tak mudah tanaman tumbuh berkembang ,

namun sekali tanaman sanggup bertahan,

takkan mudah tumbang atau diruntuhkan,

karena akar-akarnya kuat mencengkeram.

( Untaian Kalung Merpati, Ibn Hamz al-Andalusi )

 

Semoga engkau mendapat cinta sejati disana, cinta dari Sang Pemberi cinta. Cinta yang tak ada rasa sakit sesudahnya, Selamat jalan dek, semoga disana engkau akan baik-baik saja. amien..amien..amien..

TAK TERMILIKI ( ROSSA )

ku lihat diriku
ku baca hatiku
tiada yg lain
yg tersirat

ku lihat dirimu
kau tak sendiri
masih bolehkah
harap ini

engkau datang
saat aku merasa tak ada daya
engkau ada
saat ku tak mungkin ada di sana

engkau datang
saat diri ini tak ingin pergi
engkau ada
dengan setangkai cinta tak termiliki

ku lihat dirimu
kau tak sendiri
masih bolehkah
harap ini

oh mengapa saat kita berdua
semua terasa indah
seakan kau untukku

Mengenang 40 hari wafatnya Joeslin Anindia binti Munaf

24 februari ‘ 08

Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu’anha

 

Terimakasih atas komen dan kunjungannya :

 

gelly , siska , pink , ridu , Eucalyptus , Deddy , Fiz , ojat , Abeeayang™ , Santi , endangpurwani , realylife , Yari NK , Raffaell , nrl , Cabe Rawit , secangkirkopisusu , sayur asem , Agus Taufiq Hidayat, manis , Fakhrurrozy, heru , okebebeh , la mendol, olangbiaca , varendy , nexlaip , Frida , adhini , meitymutiara , Hasanah translation , nurussadad , bebi , dobelden , qanaah sholihah , hanggadamai ,

 

Iklan

51 Responses to “Setangkai Cinta Tak Termiliki”

  1. ojat berkata:

    turut prihatin mas, semoga ia menemukan cinta sejatinya disana, amin.. T_T

    Amien, Amien, Amien

  2. Eucalyptus berkata:

    Aduuuuh, terharu banget aku bacanya. Mudah2an dia damai disana ya….

    Amien, jangan terharu donk bunda, tar malah gak jadian kopdar neh he..he..he.., trus aku jadi harus naik apa neh bunda ????

  3. bangzenk berkata:

    bersabarlah kawan.. adakalanya cinta itu pergi, tapi percayalah.. akan ada saatnya ia kembali..

    salamhangat.

    Bukan cinta mungkin , hanya sebuah persahabatan yang manis, salam hangat kembali.

  4. Mbak Diah berkata:

    Assalamualaykum wr.wb

    Innalillahi wainnailaihi rojiun

    Kami sekeluarga mengucapkan :
    Turut berduka yg dalam, semoga almarhumah diterima di sisi Allah SWT, dan diterima semua amalan semasa hidupnya, serta ditempatkan di surga Allah SWT….amiin, serta yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan dlm menghadapinya…..amiin

    wassalam,
    mbak diah sekeluarga

    PS : Landy, kok mbak ndak bisa buku blog lamanya Landy yah ?, apa tulisan di blog lama masih bisa mbak buka ntuk dibaca?

    Landy tahu alamat blognya Aditya tidak ? krn mbak jg tidak dpt buka untuk baca?

    kasih kabar di komen mbak yah.

    Walikumsalam wr.wb

    Blogger mang lagi masalah mbak , gak ngerti, beberapa temenku juga mengalami kasus yang sama, Ya Allah aku sampe girang tak terkira, masalahnya aku dah lama coba cari blog mbak, akhirnya mbak yang nemui blog aku.

    Tulisanku di blogspot gak bisa di baca lagi hilang semua hampir 400 artiket hilang entah kemana , untungnya ada beberapa temen yang save tulisan aku jadi masih bisa di selamatkan beberapa, blognya adiet mengalami kasus yang sama , blog barunya tinggal ganti wordpressnya aja, tar siang dia juga main ke blog ini he..he..he..

    Gimana kabar suami dan si kecil di negeri sana, kapan balik ke Indonesia, diriku kangen loh dah berapa bulan ya Mbak kita gak bertegur sapa jadi pengen curhat-curhat lagi neh. salam untuk si kecil dan suami ya, kalau balik ke Indo kasih-kasih kabar.

  5. endangpurwani berkata:

    Munaf? sodaranya Fariz RM dong? soalnya aku jg punya teman yg keturunan Munaf…..hehehe

    Memang manusia harus kuat mental ya……

    kebetulan bukan saudaranya mbak, mungkin cuma nama yang sama saja he..he..he..

  6. Santi berkata:

    Fenomena “Behind the Gun”, kata temenku. Senjata api bisa menjadi bahaya atau bisa membawa manfaat, tergantung siapa yang menarik pelatuknya. Sama kayak cinta. Semoga dosa2 almarhum diampuni dan segala amal ibadahnya diterima Allah.

    Amien bu ustadzah , makin bijak aja dirimu, habis makan apa jeng sampai draktis begitu he..he..he..

  7. Agus Taufiq Hidayat berkata:

    ga nyangka Ustadz Landy bisa romantis juga… kayanya kalo dijadiin film layar lebar nyaingin Ayat-Ayat Cinta… Semoga meninggalnya “adik” tercinta Landy menjadi asbab menikahnya Landy (serius)…. Amiin. 🙂

    Film ayat-ayat cinta itu apa seh ??? he..he..he.., pak Agus kapan neh keluar masturah bareng, mualah ane siap deh untuk menampung pak agus dan aliyahnya he..he..he..

  8. okebebeh berkata:

    buat agus taufiq hidayat===>wah…bisa nih difilemin..aku yang jadi pemain utamanya tapi..he..hee..eng ing eng, tapi kan pemain utamanya cewek…

    Pak Eko kalau di dandanin sedikit juga dah mirirp wanita he…he..he.. , ampun pak Eko….he…he..he…, gimana traktiran Mie ayamnya masih berlaku gak.

  9. okebebeh berkata:

    eh, sampai lupa ngamini..Aminn ya robbal alamin, Taqobal yaa karim ‘ala du’a akhiii..

    Makasih pak Eko he..he..he.. saking mau jadi artis lupa ngaminin he..he..he..

  10. afin berkata:

    turut berduka cita juga
    aku pernah baca buku berjudul surat cinta al ghazali
    mudik adalah kematian, dan kampung halaman adalah Tuhan sang pemilik
    semoga ia bahagia disisi Allah

    salam
    afin

    Amien, makasih doannya

  11. amalia berkata:

    amin semoga penderitaannya merupakan selimut pelindung dalam kesunyian dan keheningan dalam alam lain..
    Cintanya yang membuat ia bertahan dalam hancurnya bathin… karena ia yakin ini juga jalan Allah untuk Ia lbh dekat lg..

    Amien Bunda , makasih atas doanya

  12. Cabe Rawit berkata:

    Sedikit koreksi pada do’a-na: kalo buat muannats pake “WA’AAFIHAA…” bukan WA’AAFIHII :mrgreen:
    Tolong hafus komen ane yang ini yak… 🙂

    Makasih pak Ustadz atas koreksinya, he..he..he.., aduh kenapa harus di hapus bisa kualat ane ngapus tulisan pak ustadz

  13. Cabe Rawit berkata:

    Bang, semoga almarhumah diberikan derajat yang mulis di sisi Allah SWT. Ane terenyuh banget baca-na… 😥

    Amien

  14. Cabe Rawit berkata:

    Semoga suami-na diberikan hidayah dan mendapat pelajaran dari semua ini… 😥

    Amien

  15. okebebeh berkata:

    hiks..hiks..gak tahu kenapa nih mas, gue baca cerita ini berkali-kali..gak tahu kenapa nih mas, kok setiap baca artikel yang ini berbeda dengan lainnya..gak tau kenapa nih mas, inyong jadi merenung masa-masa lampau nihh…gak tau kenapa nih mas, kok jadi salah tingkah gini nih habis baca artikel ini..gak tau kenapa nih mas and gak tau kenapa nihh…

    Masa lampau yg mana neh pak, yang ma si Atun itu, ya ampun nyebut pak Eko, dah ada buntut 2 masih inget ma si Atun he…he..he..

  16. Frida berkata:

    Cerita yang mengharukan…smoga Alloh SWT memberikan tempat yang terbaik untuknya. Kadang kita baru merasakan sesuatu katika kita telah kehilangan/ ditinggalkan, smoga semua dapat kita ambil hikmahnya. Kuncinya IKHLAS dan semangaaat.

    Iya bener Bu guru , ayoooooooo semangat titip salam ma suaminya ya, kapan neh makan-makan bareng??

  17. gelly berkata:

    inailahiwaina ilahi raji’un aku turut berduka cita moga arwahnya di terima di sisi_Nya N keluarga yang di tinggalkan di beri ketabahan amieNN…

    cinta memang sulit di mengerti N hanya yang org2 merasakannyalah yang bs memahami..namun segala kisah itu yang terbaik meski pahit sekalipun 😦 mungkin sudah takdir..:(

    Amien , makasih doanya Gelly

  18. Cabe Rawit berkata:

    Mungkin salah password-na bang… coba log-in, kalo berhasil terus masuk ke dashboard. Kita kagak bisa nge-edit kalo kagak dalam status log-in. Cobain dulu deh… entar ane liat lagi

    Kesalahannya ada pada bang Mamat dia dah minta maaf he..he..he..

  19. Landy berkata:

    udah di coba, dah masuk , orang biasanya aja aku bisa eddit komen ini gak bisa 😦 ngubungin kamu via apa neh YM nya ol gak

  20. Indahjuli berkata:

    duh terharu biru membacanya.
    cinta sejati memang sulit dicari.

    Tapi apakah mungkin cinta sejati itu sebenarnya bukan di dunia ini, melainkan di akhirat kelak 🙂

  21. nurussadad berkata:

    sama2 penggemar rossa..
    turut berduka cita..

    postingan ini juga ngingetin pada seseorang, uh uh,,.

    Siapatuh seseorangnya, bukan aku kan 😉 he..he..he..

  22. Turut berempati, mas. Begitulah cinta, ya begitulah kali. Bersyukur aja, kan masih ada yang lain lagi di dunia ini. Semangatlah wahai pemuda…

    Yup Tetap semangat.

  23. Turut berduka cita, berbelasungkawa.

    Makasih Pak

  24. Rahmadona fItria berkata:

    turut berbela sungkawa..

    Makasih pak

  25. Sayap KU berkata:

    Aduh … airmata Ade tumpah membaca kalimat demi kalimat, kata demi kata.

    Apa cinta itu ada didunia? bukankah disana tempatnya cinta bukan di dunia, jadi harus ikhlas. *duh Ade, sok tua*

    -Ade-

    Setujuh De mungkin cinta yang sesungguhnya ada di sana, sedangkan di dunia ini kita hanya belajar mencinta.

  26. azhar berkata:

    lama tak berkunjung disini…..

    turut duka cita lan berarti ga jadi nikah tahun ini dong 😀 *penyebar gosip kembali hadir*

    makasih bang, eh gimana sabtu jadi gak, apa elo masih di sukabumi???

  27. Cabe Rawit berkata:

    Udah sembuh blog-na pak Ustadz…? 😀

    Udah ustadz, si Mamat yang salah dia dah kirim email dah minta maaf he..he..he..

  28. nrl berkata:

    semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT, amin…

    amien , gimana sekolahnya , lancar???

  29. aaqq berkata:

    ikut berduka, ndy 🙂 nice post..

    Makasih mas, kapan neh aku di poto, sumpritttttttttt semua hasil jepretannya bagusssss he..he..he..

  30. devari berkata:

    waduh,, baca judulnya jadi ga kuat 🙂

    Gak kuat kenapa pak he…he..he…

  31. abimanyu berkata:

    jujur..
    saya kasian sama mba’nya..
    tapi saya lebih kasian sama anda..

    🙂

  32. brajadenta berkata:

    Amin Ya Rabb Al Amin

    Amien

  33. Fakhrurrozy berkata:

    Semoga Allah ampuni segala kesalahannya, diterima segala amal baiknya, dilapangkan kuburnya dan mendapatkan tempat yg layak di sisi-Nya…amin.

    Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran, karena cukuplah kematian sebagai sebuah pelajaran dan peringatan..

    Ya Allah Ya Rabbiy…
    Jadikanlah cinta kami kepada-Mu merupakan sebenar-benarnya bentuk cinta sejati…
    Bukan hanya di lidah, namun jauh terhunjam dan mencengram di relung hati..
    Sehingga tiada yang lain yang kami cari..
    selain ridho-Mu dalam sisa langkah hidup kami…

    Ya Allah Ya Rabbiy…
    Jadikanlah orang-orang kami kasihi saat ini..
    sebagai perantaraan untuk semakin mencintai-Mu dalam arti hakiki dan bukan malah sebaliknya…

    Ya Allah Ya Rabbiy…
    Engkaulah maksud dan tujuan dan ridho-Mu lah yang kami cari…

    Amin Allahumma amin…

    Amien , abang gimana kabarnya ummi Hasan , semuanya lancar kan , atau masih nunggu minggu depan lagi ???

  34. Yari NK berkata:

    Innalillahi wainnailaihi rojiun

    Turut berduka sedalam-dalamnya, sebuah kisah perjalanan hidup manusia yang berakhir tragis.

    Yah begitulah…. cinta adalah perasaan alami yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta untuk berbagai fungsi. Untuk kehidupan damai di bumi, untuk spesies kita berkembang biak, hingga memenuhi perasaan2 indah di hari2 kehidupan kita.

    Namun memang sayang, cinta seringkali membutakan. Cinta seringkali hanya melihat kulit luarnya saja, atau cinta yang secara tak sadar dikendalikan oleh hawa nafsu semata. Inilah yang menyebabkan cinta seringkali berakhir dengan tragis cepat atau lambat.

    Namun terlepas dari itu semua, saya mendoakan semoga almarhumah di terima di sisi-Nya, diterima amal2nya dan diampuni dosa2nya. Amin.

    Amien, makasih doanya pak

  35. dobelden berkata:

    Cinta tak berbalas itu emang menyakitkan.. tapi ya semoga dia mendapat cinta sejati dari sang maha sejati 🙂

    Amien

  36. la mendol berkata:

    Yah, risiko jadi Ustadz ganteng, banyak yang suka…Ustadz bingung milih.

    Tapi masa sih tahun ini batal lagi?* denger dari Azhar. Jangan donk Ustadz, ane sudah pesen kebaya buat jadi Pager Ayu-nya.

    Ya ampun mendol, kamu mau jadi pagar rumah, seriussssssssssssssss?? gak perlu pake kebaya kali, di cat aja pake cat besi biar tahan hujan wakakakakakakak ( di timpuk botol kecap bango )

  37. Abror berkata:

    terharu ane bacanya….kayaknya bagus nih di buat novel islami…, smoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT…amin…amin…amin

    Waduh yang tentang autis aja gak kelar-kelar ditambah lagi dengan novel islami hiks gak sanggup nyerah, Syech besok malam jumat ketemuan lagi ya di markaz, ane seperti biasa di tembok belakang he..he..he.. biar bisa senderan dan merem dikit he..he..he..

  38. Uyax berkata:

    Sedih juga nih dibuatnya…

    Sedih dimana nya pak he..he..he..

  39. rnazahra berkata:

    Innalillahi wainnailaihi rojiun…

    Allahummaghfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu’anha

    Tulisan ini….
    Memberikan pelajaran buatku, bahwa jodoh, usia… telah di gariskan oleh-Nya…
    Membuatku tuk Ikhlas menerima yang terjadi…
    Dan menata hatiku lebih siap menghadapi kenyataan
    Jazakallah…

    Seorang hamba adalah orang yang selalu menerima apapun keputusan tuannya , begitu pun kita , sudah seharusnya menerima dengan ikhlas segala ketentuan ya Allah swt berikan.

  40. bebi berkata:

    jangan sesali apa yg sudah terjadi

    semoga dia selalu di beri tempat yg terbaik di sisiNYA

    Amien

  41. sayur asem berkata:

    ya.. kematian / kepulangan, hal yang sudah mutlak dan pasti, hanya kita ga pernah tau kapan kehadirannya, justru itulah misteri terbesarnya. Semoga dia dikasih tempat yang selayaknya.. be strong Bud !!

    Makasih

  42. realylife berkata:

    Tiada kehidupan yang abadi , setidaknya ada cinta abadi dalam hati kita , jadikanlah kenangan yang terindah .
    Semoga rencana terbaik ALLAH untuk kita semua .
    jangan pernah merasa berduka terus ya
    bangkit dan semangat menatap kehidupan yang lebih baik lagi

    Yup Mari kita bangkit manjadi hamba-hamba Allah yang terpilih

  43. joyo berkata:

    *tertunduk diam*
    maaf saya tidak punya kata2 😦

    Ikutan tertunduk, karena sama tak mempunyai kata-kata 🙂

  44. rivafauziah berkata:

    mengharukan sekali ))) ihik–ihik

    Aduh koka kau jadi ikutan sedih baca komennya hiks

  45. Ersis W. Abbas berkata:

    Aduh … dengan segala empati … aku tergugah, mengirim simpati; muatan hikmah tak terbatas. Cinta adalah pelajaran kehidupan

    Cinta adalah pelajaran kehidupan bagi yang mau belajar tentunya pak

  46. meitymutiara berkata:

    Semoga almarhumah mendapat tempat yang terbaik disisi-Nya.

    amien

  47. olangbiaca berkata:

    Aslkm…….SUBHANALLAH, sy terharu lan, begitu mendalam cintanya sama kamu lan,

    tapi keadaan yg terjadi itulah YANG BAIK UNTUK DIA, tentu semua ada hikmahnya, dan BISA JADI IA SEKARANG SUDAH BERMAIN-MAIN DI TAMAN-TAMAN SURGA.

    Amien

  48. mbak diah berkata:

    Assalamualaykum wr.wb

    Landy, mbak diah sekeluarga inshaAlloh akan kembali ke tanah air besok (1 maret 2008), mohon doa agar kami selamat sampai tujuan, dan sekembalinya ke Jerman kembali.

    Silahkan kirim email ke mbak jika ada yg Landy ingin sampaikan di cerahcuaca@yahoo.com, kalo ada kesempatan ke warnet mbak akan cek email.

    PS : Mbak turut doakan, agar Landy segera menikah yah, tahun ini atau tahun depan. Buruan loh….menikah itu berlimpah ruah dengan pahala…., jd apa lagi yg ditunggu.

    wassalam,
    mbak diah

    walikumsalam, mbak dah sampe indo lom, ketemuan yuk ??? kabarin aku di landy_akbar@yahoo.com

  49. Raffaell berkata:

    Ikut berduka cita ya mas, semoga di terima di sisinya damai dan tentram

  50. dyah berkata:

    saya sampai menangis membacanya, kurang lebih kisah saya hampir sama dengan almarhumah T_T semoga tuhan menyegerakan saya bertemu dengan jodoh saya amin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: