” Hafizh Qur’an “

Abdullah bin Rawahah seorang penyair yang pernah saya ceritakan pada postingan saya yang lalu , suatu akan beangkat ke Mu’tat setelah bepamitan dengan pemimpin perang lainnya ia menangis.

“Kenapa Anda menangis ?” tanya seorang temannya.

“Yang jelas bukan karena persoalan dunia” jawabnya. “ Tetapi, aku pernah mendengar Rasulullah saw membacakan ayat ini :

“Dan tidak ada seorangpun daripadamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.” ( Maryam:71 )

Bayangkan bagaimana seorang sahabat Nabi yang mengabiskan hampir seluruh umur dan fikirannya untuk menegakkan agama Allah , masih begitu merisaukan tentang keadaan dirinya diakhirat kelak, sedangkan kita yang tidak pernah sama sekali berkorban untuk agama-Nya sebagaimana para sahabat Nabi , masih tenang-tenang, seakan-akan sudah mendapatkan tiket emas untuk menuju surga, Padahal siapa yang berani menjamin akan hal itu.

Kalau kita cermati ayat di atas, maka kita akan dapati bahwa tidak ada seorangpun diantara kita yang tidak mampir ke neraka, kecuali orang orang-orang yang dirahmati Allah Swt atau orang-orang yang mendapat syafaat Rasulullah. Tapi sekali lagi siapa yang bisa menjamin kita mendapatkan hal itu ???

Diantara beberapa kemulian ummat Rasulullah saw adalah Allah swt membolehkan orang-orang tertentu dari ummat Rasulullah saw memberikan syafaat bagi anggota keluarganya yang dimasukan ke dalam neraka untuk memasuki syurga , diantara orang-orang yang di perbolehkan memberi syafaat tersebut yaitu para hafizh Al-qur’an, dimana mereka dapat mengeluarkan 10 anggota keluarganya didalam neraka.

Para hafiz al-qur’an memiliki kemulian tersendiri dimata Allah Swt, selain dapat memberikan syafaat bagi ahli keluarganya disebutkan juga didalam kitab Jami’ul-Fawaid, Imam Thabrani rah.a telah meriwayatkan, bahwa Anas ra mengatakan Rasululah saw bersabda, “Barangsiapa mengajarkan anaknya membaca Al-Qur’an, maka dosa-dosanya yang akan datang dan yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa mengajarkan anaknya menjadi hafizh Al-Qur’an, maka pada hari kiamat ia akan dibangkitkan dengan wajah yang bercahaya seperti cahaya bulan purnama, dan dia akan berkata kepada anaknya, ‘Mulailah membaca Al-Qur’an,’ Ketika anaknya mulai membaca satu ayat Al-Qur’an, maka bapaknya dinaikkan satu derajat oleh Allah Swt, sehingga terus bertambah tinggi hingga tamat.”

Berapa beruntungnya apabila kita memiliki ahli keluarga yang menjadi hafizh Al-Qur’an. Karena berkah membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka orang tua dari seorang yang membacanya akan dipakaikan mahkota pada hari Kiamat nanti, yang sinarnya sangat terang, sehingga mengalahkan sinar matahari.

Bahkan dalam kitab Syarh Al-Ihya Ma’rifah, Abu Nu’aim menuliskan bahwa basith ra meriwayatkan dari Rasulullah saw, beliau bersabda, “Rumah-rumah yang didalamnya dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an, tempat-tempat itu akan menyinari ahli-ahli langit, sebagaimana bintang-bingtang menyinari ahli bumi.

Alangkah berbahagianya manakala ada diantara anggota keluarga kita yang menjadi Hafizh Al-Qur’an , karena sesungguhnya Al-qur’an adalah suatu nikmat yang besar sehingga apabila kita mengabaikannya maka akan menyebabkan datangnya azab yang pedih bagi diri kita.

Dari Sa’id bin Sulaim ra dia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada penolong yang lebih utama kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat daripada Al-Qur’an. Bukan Nabi, bukan Malaikat dan bukan pula yang lainnya.”

Dari Abdullah bin Amru ra dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafa’at bagi hamba yang mengerjakannya . Puasa akan berkata, ‘Tuhanku, aku telah mengahalanginya dari makan dan minum pada siang hari, maka terimalah syafa’atku untuknya.’ Dan Al-Qur-an berkata , ‘Tuhanku, aku telah menghalanginya dari tidur pada malam hari, maka terimalah syafa’atku untuknya. ‘Maka kedua syafaat tersebut diterima.”

Allah Swt adalah pemilik kecantikan dan keindahan yang sebenarnya. Pada hakikatnya, di dunia ini tidak ada kecantikan dan keindahan kecuali milik-Nya. Dan yang pertama dari tanda Kecantikan-Nya adalah kalam-Nya. Perlukah kepada kecantikan lainnya apabila hal itu sudah didapati pada kekasih kita? Bagi orang-orang yang benar-benar mencintai, Al-Qur’an tidak dapat dibandingkan dengan sesuatu apapun.

Semoga Allah Swt dengan kelembutan-Nya memberikan kecintaan kepada kita terhadap Al-Qur’an dan menjadikan kita dan anak keturunan kita sebagai hafizh-hafizh Al-Qur’an… amien.

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

mutiatun , novee, adikhresna , Yoga , Raffaell, antown , achoey sang khilaf , Ibn Abd Muis , nico , syahbal , realylife , uwiuw , franya , ashardi , julfan , YoHang 07 , yanti , realylife , tamrin , Agus Taufiq Hidayat , Rozy , diana , Eucalyptus , Jingga , daeng limpo , Menik

Iklan

33 Responses to ” Hafizh Qur’an “

  1. Andai saja aku bisa jadi seorang Hafidz

    Barang siapa tidak mempunyai kemampuan untuk menghafal alqur’an tapi ia bersunggu2untuk mempelajari alqur’an dan ia mati dengan keinginan itu, insya Allah kelak akan di bangkit bersama-sama hafizh alqur’an, kalau kita tidak mampu untuk menghafalnya maka sekarang bagaimana kita berfikir setidaknya ada diantara anggota keluarga kita yang hafidz, semoga Allah memberi kemudahan itu.

  2. Amalia hazen berkata:

    pengen banget bisa berhati Al-Qur’an…
    doanya ya…

    dari Ibnu umar ra dia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya hati ini berkarat sebagaimana besi berkarat jika terkena air.” Sahabat bertanya, “Wahai rasulullah saw, apakah pengkilafnya?’ Beliau bersabda, “Banyak mengigat mau dan membaca Al-qur’an.”

    Semoga Allah menghiasi hati kita dengan nur alqur’an. amien

  3. Muhammad Rachmat berkata:

    sayyidina utsman pernah berkata ” Sekiranya hati itu bersih, dia tidak akan puas dengan alqu’an

    http://www.bancakan.wordpress.com

    Tiada yang dapat memuaskan hati selain kelak menatap wajah-Nya dan mendapatkan cinta-Nya

  4. rhainy berkata:

    semoga si abang dan audri bisa jadi hafidz2 Alqur’an ya….amin…(minta didoain neh!!!)

    Amien Ya Allah , Jadikanlah mereka berdua dan anak ketururnannya menjadi hafidz-hafizah, alim-alaimah, dai-daiyah, sholeh-sholeha amien

  5. ashardi berkata:

    ada temen yang namanya Hafizh, tapi ndak apal Al-Quran…

    🙂 Ya kita doakan saja semoga beliau dan kita khususnya menjadi orang-orang yang cinta Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam bentuk perbuatan.

  6. Agus Taufiq Hidayat berkata:

    ehm… antum kapan donk punya seorang anak hafidz Al-Qur’an… 🙂

    Secepatnya 🙂 , antum kapan masukin anaknya ke pesantren hafizh qur’an 🙂

  7. syahbal berkata:

    ya Allah kapan y bisa hafizh quran.. juz amma aja blum hafizh..
    wah harus smangat ini..
    mari kita galakan.. gerakan untuk syafaat.. mari qta hafizh quran..
    smangat2..
    jangan cuma gerakan brantas korupsi atw narkoba..
    tp juga grakan untuk syafaat..
    atw mau bikin MLM hafizh quran.. dengan kesempatan merekrut 10 orang masuk surga..
    ah alangkah indah nya..

    Ayo semangatttttttttttttttt

  8. diana berkata:

    wah, agak sulir dan inilah tantangannya! memperkenalkan Umar pada huruf Hijaiyah sih udah, bahkan dia semangat menghafal alif ba ta ca (tsa) dan seterusnya.

    untuk mengajak dia mencintai Quran, butuh perjuangan tersendiri…

    Mohon doa ya ammih Landy buat Umar agar kelak dia bisa berjiwa Qur’ani….

    Amien ya Allah , sama-sama doa 🙂

  9. Frida berkata:

    Smoga Alloh SWT memberikan hidayah kepada kita agar mampu mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an untuk mendapatkan ridho-NYA.
    Maaf baru silaturrahim lg, smoga Kak Landy makin sukses.

    Amien Ya Allah.

  10. adikhresna berkata:

    Assalamu’alaikum Kak Landy….

    Karena diriku banyak dosa, itulah kenapa susah buanget bisa hafal Al Qur-an. Hafizh itu ada tingkatannya nggak Kak? Maksud ane, hafizh sekian juz gitu…. Ya…, semoga juz 30 dulu kali. Btw, ane salut ame ente Kak; ngatur waktunya itu lo! (dua jempol ke atas ya Kak.

    Wassalamu’alaikum

    Ngatur waktu apaan a’a adi???

  11. arifrahmanlubis berkata:

    assalamualaikum

    alhamdulillah, membaca tulisan bang landy, mengingatkan saya lagi 🙂

    jazakallah akhi

    Ya Allah, berikanlah kami hati yang selalu ingin memperbaiki penghambaan kepada Mu..

    Amiennnnnnnnn

  12. Rindu berkata:

    Saya juga mengajar mengaji untuk anak-anak yatim .. membaca ini, membuat saya rindu suara lantang mereka membaca bimillah … ayo IQRO !!

    subhanallah , Semoga Allah membalas dengan surga 🙂

  13. Yoga berkata:

    Mas Landy,
    Apa punya referensi tempat belajar Quran di Jakarta yang bagus? Thanks.

    Ada sih di daerah Jakarta selatan , tapi pesantren khusus hafizh menurut saya yang awam cuku baik tempat dan cara pengajarannya

  14. afin berkata:

    hafizh Qur’an?
    Hehehehehe…jujur aja deh kalo daku baca Qur’an banyak yang tajwidnya lewat, lancar-lancar sih lancar tapi suka nendang pagar

    fiuuuh jadi hafizh mah pe-er beraatzzz

    Tapi harus usaha di perbaiki, aku aja lom bisa bener bacanya hiks

  15. olangbiaca berkata:

    Aslkm…

    amin. doa yg paling terakhir.

    yg penting usaha d sungguh2.

    malu ama dirisendiri.

    Semangat pak , ya kalau kita gak haifz minimal anak keturunan kita ada yg hafizh

  16. Ibnu Abdul Muis berkata:

    Selalu saja merenung setiap kali kemari. Ada kerinduan yang dalam untuk kembali meratap pada-Nya. Cita-cita yang nyaris kandas, tapi tak ada kata terlambat. Ya, paling tidak bisa menjadi imam sekalipun tidak harus menjadi hafiz. Semoga Allah terus menumbuhkan motivasinya pada ku dan anak keturunanku. #termenung mode on#

    Amien ya Allah Amien

  17. daeng limpo berkata:

    Wah…..saya baru bisa melek huruf arab sewaktu di PT., sewaktu anak-anak sudah diajarin cuman belum lancar. Saya ingin anak-anak saya dapat membaca Qur’an sejak usia dini.

    Amien Ya Allah kabulkan lah keinginan saudara saya ini

  18. Hasan Seru berkata:

    astaghfirullah… saia bagaimana nanti? hiks, setelah baca ini bikin aku langsung sholat …

    Semangat untuk menjadi dan meraih cinta-Nya

  19. Abeeayang™ berkata:

    astaghfirullah…..deengan apa nanti akuh menghadapNya…… 😥

    Ya dengan amal sholeh tentunya 🙂

  20. hanggadamai berkata:

    *merenung*

    Kok merenung 🙂

  21. […] ini ketika blogwalking saya nemu postingan ini . Maka tergerak semangat untuk berbagi kebaikan saya segera tulis ini yang merupakan pokok2 inti […]

  22. dsusetyo berkata:

    Bagus sekali artikelnya sehingga menginspirasi saya untuk menulis juga tentang ini.

    Sila kunjungi post saya di: SINI

    Subhanallah , doakan saya ya pak, jadi pengen nangis bacanya

  23. Rozy berkata:

    Ya Allah…

    bantulah aku tuk terus membaca dengan nikmat surat cinta-MU..

    Amien

  24. herry berkata:

    Assalamu ‘alaikum

    Baru mampir nih

    Bagus….

  25. Vee berkata:

    Dah lama absen Liqo, setoran harian masihh mentok Surat itu2 aja, Juz 30 lom lulus2, baca postingan si om, semangat muncul lagi buat ngapalin yg tertinggal…syukron om. hikz..futur nya kelamaan neh..semoga Tsabitha ku bisa Hafizh Qur’an nantinya..doakan om.

  26. oRiDo berkata:

    benar2 harapan diri..
    semoga bisa jadi hafidz qur’an..
    amin..

  27. presty larasati berkata:

    pengen punya anak hafidz Quran kayak taba-taba’i…
    bisa g ya? apa bunda-nya harus hafidz juga?

  28. masbadar berkata:

    aslkm..
    salam kenal..

    -قال النبي صلى الله عليه وسلم: “خيركم من تعلم القرآن وعلمه” –

    بارك الله فيك أخي…

  29. Eko.Setiawan berkata:

    assalamualaikum Wr.Wb
    AL’QURAN adalah Mu’jijat yang harus terus kita jaga kemurniannya salah satunya dengan di hafalkan,Saya hamba ALLOH yg Dhaif yg belum hafal Al’quran sangat terbantu sekali dengan adanya artikel ini.jazakumullohu khoiron katsiro bagi penulis
    Wassalamualaikum Wr.Wb

  30. […] ini ketika blogwalking saya nemu postingan ini . Maka tergerak semangat untuk berbagi kebaikan saya segera tulis ini yang merupakan pokok2 inti […]

  31. ummu fathimah berkata:

    ROBBI HABLI MINASSHOLIHIN WA HAAFIDZIN….

  32. […] ini ketika blogwalking saya nemu postingan ini . Maka tergerak semangat untuk berbagi kebaikan saya segera tulis ini yang merupakan pokok2 inti […]

  33. […] ini ketika blogwalking saya nemu postingan ini . Maka tergerak semangat untuk berbagi kebaikan saya segera tulis ini yang merupakan pokok2 inti […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: