” Amal Agama “

Segala sesuatu yang ada didunia ini tidak pernah ada yang bersifat tetap, selalu berubah-ubah. Suatu kali kita akan ada diatas dan dikali yang lain kita ada dibawah, di lain waktu kita sehat diwaktu yang lain sakit, kadang siang dan kadang malam, pendek kata semuanya tidak ada yang tetap selalu berubah-ubah.

Begitu juga dengan matahari, bila pagi hari cahayanya tidak begitu menyengat tapi siang hari begitu panasnya dan akan semakin redup takkala sore hari, rembulan pun tidak ada bedanya kadang kecil lalu berubah menjadi besar setelah itu kecil lagi. Semua ini terjadi bukan dengan sendirinya tetapi melalui perintah dari Allah Swt,

Didalam setiap perintah Allah ada kejayaan bagi siapa saja yang menjalaninya, dan pada setiap saat dan keadaan selama 24 jam selalu ada perintah Allah pada diri kita, berusaha untuk mengetahui semua perintah Allah disebut Ilmu dan mengamalkan perintah-perintah Allah disebut Dzikir ( ingat kepada Allah). Apabila kita selalu melakukan semua perintah Allah dalam setiap saat dan keadaan maka Allah akan memberikan suatu kekuatan yang tidak pernah dan takan pernah terjangkau oleh akal pikiran kita.

Apabila kita mengamalkan satu amal agama maka kita akan mendapatkan satu kekuatan dari Allah Swt, semakin banyak amal agama kita lakukan semakin banyak kekuatan yang Allah berikan kepada kita. Sehingga dengan sholat 2 rakaat kita bisa menarik kazhananya Allah sebagai mana para sahabat Rasulullah saw.

Nabi Musa as memiliki sebuah tongkat dan tongkat itu biasa dia gunakan menurut perintah beliau seperti untuk mengembala kambing dan sebagainya, tetapi mana kala tongkat itu digunakan menurut perintah Allah Swt maka akan menghasilkan sesuatu yang tidak pernah terbayang oleh akal sebelumnya

Ketika Allah perintahkan Nabi Musa untuk memukulkan tongkatnya kelaut maka tongkat itu berubah menjadi 12 jalan yang dapat menyelamatkan Nabi Musa dan para pengikutnya dari kejaran Firaun dan bala tentaranya dan ketika tongkat itu dipukulkan lagi maka jalan yang dilalui Nabi Musa dan para pengikutnya kembali menjadi lautan seperti semula yang menenggelamkan Firaun dan bala tentaranya.

Ini semua bisa terjadi kerena Nabi Musa mengikuti perintah Allah Swt. Begitu juga apabila kita taat dengan perintah Allah setiap saat dan keadaan maka tidak mustahil Allah bisa buat perkara yang sama terhadap kita sebagaimana Allah Swt buat kepada Nabi Musa dan begitu juga sebaliknya apabila kita setiap saat dan keadaan selalu dan selalu bermaksiat dan tidak taat maka Allah juga bisa menghancurkan kita sebagaimana Allah Swt menghancurkan Firaun dan bala tentaranya.

Perbedaaan orang beriman dan orang kafir adalah orang beriman pada setiap saat dan keadaan akan berpikir apa perintah Allah untuk dirinya sedangakan orang-orang kafir yang selalu ia pikirkan bagaimana mengubah suasana dan keadaan menurut keinginan dia.

Mahluk akan mempunyai nilai apabila ia mempunyai sifat pada dirinya sebagai contoh api akan ada nilainya apabila ia mempunyai sifat membakar. Begitu juga dengan matahari ia akan ada nilainya apabila ia masih memiliki cahaya yang bersifat menerangi, kalau api sudah tidak dapat membakar dan matahari sudah tidak dapat menerangi , bukan api dan matahari lagi namanya.

Dan hal itu pun juga berlaku dengan manusia, manusia akan ada nilainya apabila ia memiliki sifat-sifat yang dikehendaki Allah. Manusia mulia bukan karena bentuk dzohirnya ,berapa lama bentuk dzohir itu akan memberi kemuliaan !!.

Apa yang bisa dibanggakan dari bentuk dzohir manusia ??? bayangkan makanan yang terlezat dan termahal bagaimanapun bila telah melewati tubuh manusia akan berubah menjadi suatu yang menjijikan, walau bagaimanapun cantiknya orang tersebut, dari hidung, telinga, mulut dan lubang-lubang lainnya akan mengeluarkan kotoran yang menjijikan.

Sifat-sifat yang baik itu tidak akan datang dengan sendirinya tetapi harus diusahakan oleh setiap diri kita , karena itu lah Allah Swt menghantar nabi & rosul hanya untuk perkara ini. Untuk menyiapkan hati-hati manusia agar datang sifat yang bisa mendekatkan dirinya kepada Allah Swt.

Sifat api yang membakar dan sifat matahari yang dapat menerangi bukan datang dari api & matahari tersebut, melainkan datang dari Allah Swt, dan atas kuasa-Nya dikarenakan mereka mau taat dan mau mematuhi perintah-perintah Allah Swt maka Allah Swt berikan sifat-sifat tersebut, andaikan matahari tidak mau taat lagi pada Allah Swt, tidak mau menuruti perintah Allah Swt, ia mau bergerak menurut kehendaknya sendiri maka Allah akan hancurkan dia, begitu juga dengan manusia apabila manusia tidak mau taat lagi pada perintah Allah maka Allah akan hinakan bahkan Allah akan taruh ia di nerakanya Allah.

Hari demi hari yang harus kita pikirkan dan usahakan bagaimana kita mengetahui apa perintah Allah dan dengan segenap kekuatan bagaimana kita berusahan untuk menjalankan sebaik-baiknya seperti yang Rasulullah dan para sahabat lakukan. Karena hanya dengan mentaati perintah-Nya akan menolong kita didunia yang sementara ini sampai diakhirat yang selama-lamanya,

Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang selalu bersegera dalam mengerjakan kebajikan sesuai apa yang dicontohkan Rasulullah dan para sahabatnya.

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

hanggadamai , aRuL , cewektulen , anton ashardi, adikhresna , daeng limpo

12 Balasan ke ” Amal Agama “

  1. aRuL mengatakan:

    semoga kita semua termasuk orang2 yang beriman itu🙂

    Amien

  2. kakanda mengatakan:

    Aamiin
    Semoga IA memberi kekuatan menghadapi setiap ujianNYA, dan kita termasuk gol yang lulus

    Amien

  3. afin mengatakan:

    jujur saja…saya belum jadi umatnya yang baik, molor dan kewajiban sholat masih banyak molornya
    wooh alah…

    Ayo semangat , untuk menjadi yang terbaik setiap harinya🙂

  4. adikhresna mengatakan:

    Kakak, makasih atas pencerahannya

    Makasih atasapa neh a’a Adi🙂

  5. kang4roo mengatakan:


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  6. achoey sang khilaf mengatakan:

    subhanallah🙂

    Allahuakbar🙂

  7. hanggadamai mengatakan:

    semoga kita selalu hidup dengan cahayaNya..amiennn

    amien🙂

  8. ghaniarasyid mengatakan:

    assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

    amiiinnn…
    semoga Allah selalu membimbing kita ke jalan yan lurus, akhi.

    Barakallahu fiikum…

    Amien

  9. diana mengatakan:

    insya allah amien..🙂

    🙂 Amien

  10. Frida mengatakan:

    Smoga Allah SWT memberikan kekuatan kpd kita utk amar ma’ruf nahi munkar dan menjadikan kita termasuk golongan Kekasih2 Nya.

    Amien

  11. Zulmasri mengatakan:

    terlupa dan terlalai itulah manusia, yg terpenting hrs tetap optimis dan berusaha jadi orang beriman. kalau bisa bertakwa.

    Amien, semoga Allah swt menjadikan kehidupan kita sebagaimana kehidupan para sahabat nabi

  12. realylife mengatakan:

    amin
    ya rabbal alamin
    mari perbanyak amal
    dan mari saling berbagi

    Amien

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: