” Kehidupan Nabi Dan Rasul “

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah , saat ini saya ingin mengajak agar kita sama-sama merenungi bahwasanya Allah Swt telah menciptakan kita bukanlah untuk dunia ini, Allah Swt menciptakan siang, Allah Swt menciptakan malam untuk bagaimana kita berpikir dan mengambil pelajaran bahwa sesungguhnya kita ini Allah Swt ciptakan di muka bumi ini untuk suatu perjalanan menuju negeri akhirat.

Orang-orang yang terbaik di dunia ini yakni para Nabi dan para Rasul tidak lama hidup di dunia ini , begitu juga orang-orang yang paling buruk, orang-orang kafir pun tidak lama hidup di dunia ini, dan sudah seharusnya kita mengambil satu kesimpulan bahwasanya memang Allah Swt tidak menciptakan manusia ini untuk dunia, seandainya Allah Swt menjadikan manusia untuk dunia ini niscaya Allah Swt akan kekalkan kita untuk berlama-lama di dunia ini. tetapi nyatanya kita lihat di depan kita di belakan kita , kanan kiri kita, sanak famili kita, teman–teman kita terus satu demi satu setiap hari diberangkatkan menuju negeri akhirat.

Untuk itu lah kita harus berpikir apa sesungguhnya maksud dan tujuan Allah Swt menghatarkan kita kemuka bumi ini , untuk perkara ini hanya Allah Swt lah yang bisa menjawabnya tidak ada satu makhluk pun yang berhak untuk menjawab karena tidak satu mahluk pun yg ikut menciptakan kita dan menciptakan alam semesta ini .

Allah Swt tidak membiarkan kita dalam kebingungan, Allah Swt mengutus nabi-nabi dan rasul-rasul untuk memberi tahukan kepada kita apa maksud dan tujuan Allah Swt antar kita ke dunia ini.

Maksud Allah Swt menghantar kita ke muka bumi ini yaitu, ” Supaya kita mengenal Allah Swt “, Allah Swt telah menciptakan tujuh petala langit dan tujuh petala bumi dengan maksud agar kita mengenal Allah Swt, supaya kita mengenal kemaha kuasaan Allah Swt , supaya mengenal keagungan Allah Swt.

Allah swt menciptakan matahari, menciptakan bulan dan menciptakan semua aturan-aturan di alam semesta ini maksud dan tujuan terpenting agar kita mengenal ke agungan Allah swt.

Kemudian setelah kita mengenal keagungan Allah Swt dan ke maha kuasan Allah , tugas kita yang kedua adalah “Mengadakan hubungan dengan Allah Swt ( beribadah ) “, kita diharuskan beribadah kepada Allah Swt, merengek-rengek kepada Allah , bermunajad kepada Allah , berdoa kepada Allah, berdzikir kepada Allah.

Kemudian setelah itu datang tugas kita yang ke tiga , Allah swt menceritakan kehidupan para nabi dan para rasul as, mereka itu orang-orang yang telah mendapatkan petunjuk dan kita di perintahkan oleh Allah swt untuk “mengikuti jalan kehidupan mereka ( para nabi dan rasul ) “. dari nabi Adam as sampai Baginda Rasulullah saw.

Ciri khas kehidupan para Nabi dan rasul semuanya adalah memikirkan umat , memikirkan agama ditempatnya masing-masing, Nabi Musa as usaha agama memikirkan umatnya bani israil , Nabi Nuh as dakwah siang malam memikirkan umatnya yaitu kaum-nya, Allah Swt menceritakan kehidupan para Nabi dan Rasul bukan hanya sekedar cerita tetapi memerintahkan kepada kita untuk mengikuti jalan mereka , bahkan dalam sholat Allah swt memerintahkan kita untuk berdoa meminta jalan hidup seperti :

Nabiyyin : Dirinya ta’at dan berusaha menjadikan orang lain ta’at ( dakwah siang malam untuk agama )

Siddiqin : Orang yang selalu menta’ati Allah dalam setiap saat dan keadaan tak pilih perintah apakah sesuai nafsunya atau tidak.

Syuhada : Orang yang rela berkorban harta dan diri untuk Allah Swt.

Sholihin : Menghadirkan keta’atan pada diri-nya.

Tugas yang ke empat , kita sebagai umat Rasulullah saw di perintahkan untuk mengikuti cara hidup baginda Rasulullah saw yaitu “Menghidupkan agama di seluruh alam”, dan berusaha bagaimana agama bangkit di seluruh dunia , bagaimana umat mau mengamalkan agama secara sempurna.

Ini adalah tugas yang selalu Allah Swt berikan kepada kita sebagai ummat Baginda Rasulullah saw, Tugas ini bukan tugas yang baru, Ulama-ulama zaman dahulu pun telah memahami tugas ini, bahkan para sahabat Nabi pun telah memahami perkara ini, ini bukan perkara yang aneh tapi karena umat telah lama dalam keadaan lalai sehingga usaha untuk mengajak orang ta’at kepada Allah dianggap sesuatu yang aneh.

Iman Ghazali dalam kitab Ihya Ulumudin, beliau menjelaskan bila ada satu orang manusia di ujung dunia yang tidak mengenal agama dan kita tidak datang atau mengirim orang untuk mendatanginya , maka kita semua akan di minta pertanggung jawabannya kelak dihadapan Allah Swt.

Maka sudah semestinya hari demi hari kita berfikir bagaimana Agama bisa hidup di seluruh dunia dan bagaimana semua ummat mau bahu membahu mengambil kerja agama agar manusia kembali ta’at kepada Allah.

Umat Islam sudah teramat lama merindukan berkasih sayang dengan saudara muslimnya yang lain. Maka untuk perkara ini tidak ada jalan lain selain jalan Baginda Rasulullah Saw. Sekarang kita bisa melihat sudah beratus-ratus tahun kita tidak menyapa saudara kita dari bangsa lain , daerah atau suku lain , bahkan tetangga-tetangga.

Sesungguhnya saudara muslim dengan suadara muslim yang lain adalah seperti satu tubuh , apabila sakit bagian tubuh yang satu maka berdampak bagi tubuh yang lainnya. Hal tersebut bisa terjadi hanya bila dilandasi dengan Iman. Ulama bagi tahu apa bila Iman kita naik maka persaudaraan kita akan meningkat begitu juga sebaliknya apabila iman menurun maka permusuhan yang terjadi.

“Ya Allah pandanglah ummat Islam diseluruh dunia dengan pandangan rahmatmu, sehingga ummat Islam mau kembali kepada jalan nabi dan rasul-Mu, jalan baginda Rasulullah saw , jalan para sahabat Nabi-Mu, dan bangkitkanlah di padang masyar nanti kami bersama Jamaah Rasulullah saw “

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

aRuL , adikhresna , Zulmasri

11 Balasan ke ” Kehidupan Nabi Dan Rasul “

  1. hanggadamai mengatakan:

    nabi muhammad adalah suri teladan bagi kita

    Yup , Barang siapa mencari teladan-teladan yang lain selain Rasulullah saw maka tidak akan sampai kepada Allah swt.

  2. Agus Taufiq Hidayat mengatakan:

    Subhanallah…. jadi semangat buat silaturahmi neh….

    Harus semangat , dakwah menjadi maksud hidup, hidup untuk dakwah , dakwah sampai mati dan mati dalam dakwah🙂

  3. achoey sang khilaf mengatakan:

    Subhanallah

    Muhammad, tauladan kami

    Rasulullah saw adalah sebaik-baiknya tauladan

  4. diana mengatakan:

    my love ever after: Rasulullah saw….😉

  5. alex mengatakan:

    asl.

    maksud dan tujuan Allah Swt menghantarkan kita kemuka bumi ini adlah “UNTUK MEMURNIKAN PENGABDIAN HANYA KEPADA ALLAH SEMATA”

  6. kang4roo mengatakan:


    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

    KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
    (Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
    ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  7. nenyok mengatakan:

    salam
    Subhanalloh, setiap muslim pastinya merindukan kehidupan berislam yang kaffah, yang kembali melaksanakan ajaran dan tauladan rasululloh secara paripurna. Ya manusia dilahirkan ke dunia memang semata2 untuk beribadah kepada Illahi dalam segala bentuk ritual ibadah dan perbuatan2 lainnya. Bukankah Tujuan Hidup yang hakiki adalah semata-mata Mencari Ridho Alloh.

  8. erander mengatakan:

    Untuk itu lah kita harus berpikir apa sesungguhnya maksud dan tujuan Allah Swt menghatarkan kita kemuka bumi ini, untuk perkara ini hanya Allah Swt lah yang bisa menjawabnya ..

    Terasa kontradiktif sekali .. disatu sisi kita disuruh berpikir untuk apa kita ada di muka bumi, dilain sisi kita tidak boleh menjawabnya karena Allah yang tahu jawabannya .. hmm, jadi malah gantung jawabannya.

    Btw .. postingan diatas koq taste-nya seperti kalimat-kalimat Melayu ya? mudah2an bukan copy paste bro. Gaya bahasa mu kali ini rada-rada beda aja. Tapi karena ga dicantumkan sumber tulisan, jadi saya pikir ini pasti ini karya mu. Good job bro.

    Insya Allah kalau bapak membacanya dengan hati bukan untuk bahan berdebat tanpa amal bapak bisa mendapatkan jawaban pertanyaan bapak dalam postingan ini juga , Tepatnya pada paragraf ini “Allah Swt tidak membiarkan kita dalam kebingungan, Allah Swt mengutus nabi-nabi dan rasul-rasul untuk memberi tahukan kepada kita apa maksud dan tujuan Allah Swt antar kita ke dunia ini….. dst………….. ” dan kalau bapak cermati tidak ada kalimat yang mengantung, tinggal kita amalkan saja yang benarnya dari postingan itu dan abaikan yang salah….

    Potingan ini bukan hasil kopi paste, melainkan hasil dari olahan setelah saya mendengar beberapa nasehat dari beberapa ustadz,

  9. yusron mengatakan:

    makasih mas Landy saya dari cirebon selalu membaca blogmu yang jauh dari perdebatan yg tak beruguna dan minta izin tuk menkopinya

  10. ade mengatakan:

    Sheikh Junaid menyatakan ” Jalan untuk menuju kepada Allah SWT hanya mempunyai satu pintu iaitu dengan mengikuti sunnah Rasulullah saw”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: