” Baca Al-Qur’an Yukkk !

Alhamdulillah karena Allah Swt masih memberi kita kesempatan untuk hidup di dunia sampai detik ini, dan sebagai tanda syukur, kita berniat dan berusaha mengisi umur yang tersisa ini dalam kebaikan dan ketaatan kepada-Nya.

Sebelum memulai tulisan ini saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan dengan harapan saudara-saudara yang kebetulan membaca tulisan ini menjawab dengan jujur didalam hati saudara.

Berapa banyak bahasa yang anda kuasai?

Berapa lama anda belajar untuk menguasai bahasa tersebut?

Apakah hari ini anda sudah membaca surat kabar? Berapa banyak lembar surat kabar yang anda baca hari ini?

Berapa banyak waktu yang anda butuhkan untuk membaca tulisan atau sekedar berkunjung dan menyapa di shoutbox blog tetangga?

Mungkin untuk jawaban pertama hampir sebagian besar menjawab minimal menguasai atau mengerti 2 bahasa , bahasa Indonesia dan bahasa inggris, dan tentunya untuk menguasai kedua bahasa tersebut. Setiap orang memerlukan waktu yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kecerdasan seseorang.

Dan untuk menjawab pertanyaan no 3 kemungkinan besar sebagian kita sudah membaca atau minimal mengetahu berita apa yang terjadi hari ini. Dan paling sedikit 1 koran yang dibaca. Begitu juga sebagian besar dari kita minimal 5 sampai 10 blog yang dikunjungin dalam sehari dan memerlukan minimal 30 menit dalam sehari untuk membaca postingan disemua blog yg dikunjungi baik secara menyeluruh atau secara garis besar.

Andaikan setiap dari kita melakukan hal yang sama terhadap Al-qur’an, Membuka setiap lembarannya, membaca dengan tartil, dan penuh keagungan, sudah barang tentu Allah Swt dan Rasulullah akan merasa teramat senang dengan apa yang kita lakukan.

Sekarang, adakah diantara kita yang hari ini menyempatkan membaca Al-qur’an sebelum memulai aktifitas disetiap harinya? I juz dari al-qur’an atau minimal 10 ayat setiap harinya? 5 menit saja setiap harinya ? atau setidaknya memengang Al-qur’an hari ini? atau barang kali anda lupa dimana anda meletakan Al-qur’an dirumah anda?

Apakah kita merasa malu memiliki Al-qur’an sehingga segan untuk menyentuhnya apalagi untuk sekedar membukanya? Pada hal salah satu kemuliaan umat Rasulullah saw adalah dengan diturunkannya Al-qur’an seperti hadist yang diriwayatkan dari Aisyah r.ha. dia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda. “Sesungguhnya tiap-tiap kaum itu memiliki kemuliaan dimana mereka berbangga-bangga dengannya. Sesungguhnya kebanggaan umatku dan kemuliannya adalah Al-Qur’an.”

Trus kenapa kita malu untuk membacanya!!! Apakah kita tidak bisa membacanya ?? kenapa kita tidak belajar sebagai mana kita belajar untuk mempelajari hal-hal yang lainnya? Apakah kita berpikir mempelajari al-qur’an membuang-buang waktu ? Padahal Allah Swt memberikan pahala yang besar apa bila kita berusaha untuk mempelajarinya .

Mulla Ali qari rah.a meriwayatkan dari Thabrani rah.a dan Baihaqi rah.a bahwa “Barang siapa yang berusaha bersusah payah menghafal alqur’an, tetapi tidak dapat menghafalnya, maka ia akan mendapatkan pahala dua kali lipat. Dan barang siapa yang betul-betul ingin menghafal alqur’an tetapi tidak mempunyai kemampuan menghafalnya, tetapi terus membacanya, maka Allah swt akan membangkitkan pada hari mahsyar dengan para hafidz Al-qur’an.”

Betapa banyak kemudahan yang Allah Swt berikan kepada kita dan betapa besar pahala yang Allah Swt janjikan untuk kita bila mana kita mau membaca serta mengamalkan apa yang terdapat dalam al-qur’an.

Bahkan jika al-qur’an memberi syafaat kepada seseorang, maka syafaatnya akan diterima oleh Allah Swt dan Al-qur’an akan merayu Allah Swt agar meninggikan derajat mereka.

Begitu juga sebaliknya barang siapa yang dituntut oleh Al-qur’an maka Allah Swt juga akan menerima tuntutan Al-qur’an tersebut,

Dari Jabir ra. dari Rasulullah saw, beliau bersabda ,” Al-qur’an adalah pemberi syafaat yang syafaatnya diterima dan sebagai penuntut yang tuntutannya dibenarkan. Barang siapa yang menjadikannya didepannya, maka ia akan menuntunnya ke surga, Barang siapa menjadikannya dibelakangnya maka ia akan mencampakannya ke neraka.”

Tidak itu saja bahkan Al-qur’an akan memohon dan merayu Allah Swt agar meridhai siapa saja yang mengamalkan dan menunaikan hak-hak Al-qur’an, dan salah satu hak al-qur’an adalan minimal di khatamkan 2 kali dalam setahun.

Mulla Ali qari rah.a mengatakan dengan riwayat dari Imam Tirmidzi bahwa al-qur’an akan memohon kepada Allah Swt agar memberikan keutamaan kepada orang-orang yang menunaikan hak-hak alqur’an, maka Allah Swt memberikan mahkota karomah, Tetapi al-qur’an memohon tambah lagi kepada Allah Swt, kemudian Allah memberikan segala kehormatan dan keutamaan. Al-Qur’an pun berkata lagi : “Wahai Allah, Engkau Ridhailah dia.” Kemudian Allah pun menyatakan keridhaan-Nya kepadanya.”

Jadi apakah kita masih ragu untuk mulai belajar membaca dan mengamalkan Al-qur’an?

Saudaraku mulailah dari sekarang kita sentuh al-qur’an, kita buka setiap lembarannya, kita baca semampu kita , belajarlah membacanya, janganlah merasa malu untuk memulainya karena barang siapa yang bermalu-malu di dunia untuk agama Allah maka Allah Swt akan malu mengadzabnya di akhirat kelak. Tidak ada kata terlambat, selama ruh belum keluar dari jasad.

Kalau anda masih memiliki waktu sedikit saja di tengah kesibukan ada, tidak ada salahnya anda menyempatkan diri utuk membaca Al- qur’an minimal 5 menit saja setiap harinya sebagi ladang amal yang akan membantu saudara di akhirat kelak.

Semoga Allah Swt dengan limpahan rahmat dan taufik-Nya manjadikan saya dan anda Hafizh Al-Qur’an dan beramal dengannya amien.


Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya
:

· hanggadamai , Agus Taufiq Hidayat , achoey sang khilaf , diana , alex , jasa terjemahan

25 Balasan ke ” Baca Al-Qur’an Yukkk !

  1. hanggadamai mengatakan:

    banyak syafaat jika kita mengkaji quran dan hadits..
    yuk mari kita pelajari🙂

    Yup, dah khatam berapa tahun ini Hangga ???

  2. adikhresna mengatakan:

    Assalamu’alaika ya akhi
    Sungguh, ajakan mulia. Monggo akh Landy. Syuqron. Wassalamu’alaikum

    Monggo apa neh A’a Adi🙂

  3. Agus Taufiq Hidayat mengatakan:

    waduh bacaan ana masih blepotan (tajwid ama makhrojnya) neh….

    Sama😦 , makanya kalau pas “keluar” paling takut halaqoh qur’an secara pasti deh banyak yg salahnya hiks

  4. diana mengatakan:

    huhuhuhuhu…bacaanku masih acak2an….malu hati tapi gak patah semangat!😉

    🙂 sama, ayooooooooo semangat

  5. achoey sang khilaf mengatakan:

    membaca al qur’an bisa menenangkan jiwa

    tapi seringkali aku terlewat tuk membacanya

    sedihnya aku😦

    Ayoooooooooooo semangat jangan biarkan menit berlalu dalam hidup kita tanpa membaca kalam-Nya

  6. Indahjuli mengatakan:

    Subhanallah, merasa tertampar baca postingan ini😦
    Anakku Lily, padahal suka ngajakin aku untuk baca Qur’an, setiap aku ngak kerja, tapi kadang aku ngelakuinnya sambil ogah-ogahan, krn lebih menangin perasaan pengen tidur😦
    Makasih udah diingetin

    Kalau sekarang dah inget , berati besok2 gak ogah-ogahan kan🙂 semangatttttttttt minimal 5 menit aja setiap harinya😉

  7. nexlaip mengatakan:

    mudah2an Allah memudahkanku

    Semoga Allah swt memudahkan kita semua untuk selalu membaca dan mengamalkan firman-Nya

  8. Alex mengatakan:

    ass.

    Yuk……

    Walikumsalam wr,wb… Yuk apa neh bang Al🙂 gi mana kabar si kecil dan istrinya sehat ???

  9. Rindu mengatakan:

    Jadi teringat, tahun ini saya belum khatam qur’an🙂

    Hayoooo, khatamkan minimal setahun 2 kali , masih ada banyak waktu. semangattttttttttttttt doain saya ya😉

  10. kang4roo mengatakan:


    Makasih.. Info Yg Menarik…

    Kalo Mau Blog, Coba Liat Situs “Leoxa.Com”
    (Themenya Keren Abiss)

    🙂

  11. ckasih mengatakan:


    shocked: MALAYSIA MAKE NEW RULES FOR CHRISTIANS!!

    EVERY CHRISTIANS MUST SAY “ALLAH” RATHER THAN “GOD” & DONT SAY “TRINITY” ANYMORE..
    This is because English language not suitable anymore because the original Bible is in Arabic.

    The full story is here: ckasih.blogspot.com

    🙂

  12. uMitZ mengatakan:

    assalamu’alaikum
    huwaaa baca Quranku masi terbata-bata. Tapi smoga tetep istiqomah baca Quran’a yah🙂
    eniwei, salam kenal pak😉

    Amien, hayooo tetep semangat ya jangan menyerah🙂

  13. tuansufi mengatakan:

    Quranlah yang jadi perekat langkah kebersamaan kita semua, yaitu berlomba-lomba dalam mempelajarinya, menghafalnya dan tentu implementasinya dalam kehidupan sehari2. so, tanpa membacanya, bagaimana pula bisa mempelajarinya? Ayo semangat …..

    Makasih pak atas renungannya🙂

  14. Shella mengatakan:

    Assalamualaikum….
    makasih ya udah diingatkan….jadi sadar kalo ngajinya makin jarang….makasih banget….semoga ALLAH senantiasa membimbingku…

    Wassalam

  15. rhainy mengatakan:

    aku baca kok…bener deh….hehehe….
    benernya baca aja sih pasti ada waktu…tapi…mengamalkannya yang emang butuh perjuangan….mudah2an bisa istiqomah ya…..

  16. anama mengatakan:

    membaca al quran maksudnya mengaji? kalau membaca buku bahasa rusia saya tidak mengerti, baca quran bahasa arab juga tidak ngerti. jadi saya baca quran bhs indonesia. menurut saya mengaji itu melafalkan huruf, bukan membaca. padahal allah menyuruh kita membaca.

  17. maya dwie kusumah mengatakan:

    baguslah ok

  18. vania mengatakan:

    saya ingin belajar membaca al-quran tapi saya belum bisa apa saya dosa ?

  19. martha004 mengatakan:

    mas, yg punya blog, sepertinya ada memebr yg perlu di delete tuh, trus kita dawahin bareng..

  20. erssa mengatakan:

    iya tuh, ngapain juga tuh orang ikut nongol di sini!
    kalo mau masuk neraka ga usah ajak-ajak orang. Udah masuk kristen kok ikut2an nimbrung di sini. Mau bikin rusuh?! ASSTAGFIRULLAH..kesel gua!

  21. isa widodo mengatakan:

    Niat punya anak untuk berkitmad pada agama, Oleh karena kita usahakan dalam keluarga kita harus ada yang hafiz al quran. Jangan takut masalah rizki, orang yang nyembah berhala diberi rejeki oleh Allah SWT apalagi yang hafal Al Quran.
    Ustad Lutfi ketika memberikan targib di kebun jeruk, Memberikan kargozari saat beliau selesai belajar, diberi pesan oleh gurunya ,” Lutfi, ulama yang tidak disukai Alloh SWT, bila ulama itu kerja dunia dia kaya atau berhasil, sedang ulama yang dicintai Alloh SWT bila dia usaha dunia, dia gagal/bangkrut, sehingga disuruh bergantung hanya pada Allah saja…

  22. isa widodo mengatakan:

    Yang namanya kitab suci, kitab yang selalu dijaga keasliannya, kalo sudah ada perubahan itu bukan kitab suci, gityu aja kok repot.
    Kalo kita yakin dengan agama yang kita anut sedang kitab suci kita mengalami perubahan atau gak asli…dapat dipastikan kita tidak akan sampai ketujuan…dapat dipastikan kita akan susah dunia dan akherat. Ini sudah terbukti dan teruji.

  23. Umar faruq mengatakan:

    Al quran adalah mukjizat yang dijaga Allah smpai hari kiamat.
    Hidup tanpa Al quran mau jada apa kita nanti?¿

  24. jalal mengatakan:

    al-qur’an adalah mukjizat”cahaya” kehidupan, namun hal ini sering kita tidak memahami dan mengenalinya_yang pada akhirnya kita dlm kehampaan dan kekosongan……

  25. ietha mengatakan:

    alqur’an adalah pedoman bagi umat islam,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: