” Kecintaan Kepada Blog vs Sholat

Hari ini kalau kita di tanya apa itu Blog dan apa manfaat Blog bagi kita, maka pasti dan pasti setiap kita dapat menyebutkan dan menulis dengan sangat lancar. Saking cintanya seakan ada yang kurang kalau sehari saja kita tidak membuka blog , sekedar mengecek berapa komen yang masuk hari ini atau siapa saja yang berkunjung ke blog kita.

Blog seakan sudah menjadi candu bagi kita, kemanapun dan dimana pun yang di pikirkan bagaimana menulis postingan terbaru dan bagaimana agar orang mau berkunjung ke blog kita. Mau makan yang di ingat postingan , mau tidur yang di ingat postingan, sampai di kantor pun masih juga memikirkan postingan bahkan sedang beribadah pun yang di ingat postingan.

Sayangnya hal yang sama tidak kita lakukan untuk masalah akhirat kita. Kalau kita sekarang ditanya apa itu sholat dan apa manfaat yang dirasakan dari sholat kita ???, saya yakin sebagian besar dari kita termasuk saya akan ragu-ragu untuk menjawabnya. Bahkan mungkin ada yang baru terpikir, “oh iya ya sholat itu apa, dan manfaatnya apa “

Padahal sholat merupakan amalan terpenting setelah iman. Sholat adalah cara untuk menarik pertolongan Allah dan cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di dalam kehidupan kita. Dahulu setiap datang permasalahan para sahabat ra langsung menemui Rasulullah saw untuk mendapatkan jalan keluar, tapi setelah perintah sholat turun maka setiap sahabat mengelukan kesulitan hidupnya, Rasulullah saw hanya membacakan ayat yang bunyinya: “Dan carilah pertolongan Allah dengan sabar dan sholat”.

Setiap ada permasalahan maka yang pertama kali para sahabat nabi lakukan adalah mengambil air wudhu dan melaksanakan sholat, membawa setiap permasalahan hidup mereka kepada Allah swt karena pada hakekatnya semua masalah datang dari Allah swt dan hanya Allah sajalah yang dapat menyelesaikan semua permasalahan ini.

Mendirikan sholat adalah simbol menundukan semua anggota tubuh kita pada perintah Allah swt. Ibadah yang membawa seluruh tubuh kita pada Allah swt adalah sholat. Mata menunduk, telinga mendengar imam, mulut berdzikir, hidung mencium tanah, tangan diangkat.

Ketika kita sholat maka kita tidak dapat melakukan apapun selain gerakan–gerakan tersebut. Ketika kita puasa bisa sambil memasak, ketika kita berdzikir bisa sambil mencuci, sedangkan ketika kita sholat maka kita tidak bisa melakukan semua itu selain melakukan gerakan yang ada di dalam sholat.

Orang yang di dalam sholat dapat tundukan seluruh anggota tubuhnya pada perintah Allah swt, maka di luar sholat akan mampu menta’ati perintah Allah swt.

Orang yang suka memperhatikan sholat orang lain pada waktu sholat berjamaah, maka diluar sholat akan suka melihat kejelekan orang lain , bagaimana tidak , ketika ia yang seharusnya memusatkan perhatiannya kepada perintah Allah swt ia malah di sibukan dengan memperhatikan sesuatu yang tidak boleh ia lakukan.

Kita bisa lihat kehebatan sholat para sahabat nabi saw;

Saad bin Muadz ra, ketika sholat tak ingat apapun selain Allah, beliau berkata: “kalaulah sekali saja aku teringat sesuatu selain Allah didalam sholat maka batallah seluruh sholatku “.

Ketika Saad bin Muadz ra dikuburkan maka Rasulullah saw ikut menguburkan mayatnya dan berjalan sambil berjingjit. Ketika Rasulullah saw di tanya kenapa demikian? Rasulullah saw bersabda: “Karena aku melihat banyak Malaikat ikut menguburkan mayat Saad sehingga aku takut menginjaknya.” Allahuakbar!!!

Sekarang kita lihat bangaimana sholatnya Umar bin Khatab ra. Ketika beliau akan sholat maka ia gunakan untuk mengatur strategi perang. Siapa yang menjadi Amir? Siapa yang di sayap kanan? Siapa yang disayap kiri? Kapan menyerang dan lain sebagainya.

Begitupun dengan sholatnya Saad bin Abi Waqosh ra, ketika ia dan pasukannya hendak menaklukkan kerajaan Persia. Kedatangan mereka telah diketahui raja Persia maka hubungan dan jembatan diputus agar pasukan Islam tidak bisa masuk. Pasukan Islam di bawah pimpinan Saad bin Abi Waqosh ra sampai di tepi sungai Najlah yang telah diputuskan jembatannya oleh pasungan Persia. Maka Apa yang Saad bin Abi Waqosh ra perintahkan kepada pasukannya ??? mungkin kalau kita sekarang menjadi Saad bin Abi Waqosh ra , maka kita akan perintahkan pasukan kita untuk membuat perahu agar bisa digunakan untuk menyebrang, tapi karena yakin para sahabat sempurna maka para sahabat tidak lakukan seperti apa yang kita akan lakukaan. Para sahabat merasa mereka adalah Hamba Allah swt dan umat Rasulullah saw maka mereka meminta pertolongan hanya kepada dzat yang satu ( Allah swt ).

Maka Saad bin Abi Waqoah ra bertakbir 3 kali; Takbir yang pertama sebagai isyarat untuk berwudhu,Takbir ke dua isyarat untuk mendirikan sholat hajat, Takbir ketiga isyarat naik keatas kuda dan berjalan diatas air. Dalam catatan sejarah kuku-kuku kuda pun tidak ada yang basah oleh air yang berubah menjadi batu es. Allahuakbar!!!

Persia takluk tanpa perlawanan. Hanya karena melihat air sungai Najlah menjadi es, mereka semua ketakutan dan menyerah. Tidak kurang 5 km, rombongan mengantarkan sendiri harta benda mereka ke kota Makkah, sebagai realisasi dan eksekusi kekalahan mereka.

Sekarang bandingkan sholat para sahabat nabi dengan kita, sudahkah sholat kita dapat menyelesaikan permasalahan dunia kita ??? Ulama bagi tahu, KALAU SHOLAT DAN AMAL IBADAH YANG KITA LAKUKAN TIDAK BISA MENYELESAIKAN SETIAP PERMASALAHAN DUNIA MAKA JANGAN HARAP SHOLAT DAN AMAL IBADAH YANG SAMA BISA MENYELESAIKAN PERMASALAHAN AKHIRAT KITA

Sholat khusyu’ akan datang jika di dalam diri kita ada sifat zuhud terhadap dunia. Di luar dari pada itu maka ke khusyu’an akan sangat sulit untuk di dapatkan. Jika sholat kita ada keyakinan , ikhlas, ilmu dan dzikir, maka sholat telah memasuki tahap pertama hakekat yaitu akan mencegah perbuatan keji dan mungkar. Jika Sholat mencapai sholatnya Rasulullah saw dan para sahabat barulah hakekat sholat akan mampu menarik pertolongan Allah swt.

Sholat adalah asbabbul kabir sedangkan usaha dunia adalah asbabul shoghir dan asbab yang singkat. Perbaikan atas sholat adalah lebih penting daripada perbaikan atas perkara keduniaan.

Ya Allah !!!, Saya tak bisa mengerjakan sholat sebagaimana Rasul-Mu dan para sahabatnya, dan saya tak bisa tunaikan hak-hak sholat dengan baik maka maafkan saya.

Ya Allah!!!, Sebagaimana Engkau beri taufik kepada saya untuk sholat, maka berilah taufik kepada seluruh manusia untuk mendirikan sholat.

Ya Allah!!!, Sebagaimana Engkau beri taufik kepada saya untuk berdoa, maka berilah taufik kepada seluruh manusia untuk berdoa.

bahan bacaan : Sholat Khusyu’ Wal Khudu’ karya Abu Fathimah , Globalisasi Dakwah Nubuwwah karya Ust. Abdurahman Lubis, H. Hasanuddin Sultan Bagindo

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

realylife, Agus Taufiq Hidayat Alex , caridalil , indra1082 , zoel chaniago, camasturoh , Rozy, Herianto ManusiaSuper, hanggadamai, martik , Empi MUSLION_JB’lOç , antown

Iklan

34 Responses to ” Kecintaan Kepada Blog vs Sholat

  1. Rozy berkata:

    Orang yang suka memperhatikan sholat orang lain pada waktu sholat berjamaah, maka diluar sholat akan suka melihat kejelekan orang lain

    Naudzubillahi min zalik….

    Dain ya abang semoga aku tidak termasuk yang seperti itu

  2. okebebeh berkata:

    hiks…hikss…aku kena bogem “sindiran tajam” nih dari mas landy…

    Aku gak nyindir pak Eko , aku hanya mengingatkan diri aku sendiri.

  3. nurussadad berkata:

    kadang pas ngeblog / ngenet… suka luapa pas waktu sholat dateng

    Kok bisa ??? , gimana coba kalau saat itu malaikat maut datang :((

  4. herdianto berkata:

    kadang pas sholat…. suka lupa URL blog sendiri, hehehe

    Asal gak lupa Allah aja ya pak 🙂

  5. Wempi berkata:

    ngeblog untuk menghindari shalat, terutama shalat jum’at
    biasanya di warnet nih…

    :(( , jangan donk sholat kan suatu kewajiban dan hadiah dari Allah, hayooo semangat untuk memperbaiki kwalitas sholat kita

  6. Iko berkata:

    Kadang kalau udah nongkrong depan komputer, males beranjak…. untung ada weker utk ngingatin waktu shalat, jadi beranjak juga dari komputer…..

    Om,.. sori yaaa gw belum bisa ketemu loe. Gw lagi sibuk sama stock opname. Besok gw udah keluar kota liburan sama orang2 kantor. Minggu depan yaa gw kasih CD, kalau bisa loe bawa laptop, biar gw install sekalian.

    Liburannya gak usah di bilangin deh, oleh-olehnya aja kirimin

  7. Iko berkata:

    Sudah azan nih oom…..

    Jangan lupa shalatnyaa…..

    Gw lagi gak shalat, jadi mau keluar makan siang dulu 😀

    ciaoooo

    Gak sholat kok bilang-bilang dasar dodol Iko 😦

  8. realylife berkata:

    terima kasih sudah mengingatkan ya
    Insya Allah , selalu istiqomah mengingat Allah

    Amien

  9. zoel chaniago berkata:

    hmmm candu blog dah merasuki tubuh ini… emang sichhh kadang ampe lupa waktuuu

    Hayooo sama-sama saling mengingatkan. Sesuatu yang berlebihan itu gak baik loh

  10. FaNZ berkata:

    😦

    😦 😦

  11. qanaahsholihah berkata:

    tips: main internetnya habis sholat aja.:)
    Alhamdulillah kalo saya pake mobile application, jadi gak mesti spending hours sitting in front of the computer eventough must post or edit blog.
    (tapi kalo posting ke WP mesti buka kompi, nah sekarang saya baru didepan kompi -karena comment ke WP pake HP always trouble, except to blogspot)

    eniwei, keep on balancing for blogging and praying. tapi, juga jangan jadikan blog tempat curhatan utama ya…,sekedar berekspresi dan berbagi saja.tidak lebih

    “tapi, juga jangan jadikan blog tempat curhatan utama ya…,sekedar berekspresi dan berbagi saja.tidak lebih”

    dalem banget 😦

  12. hanggadamai berkata:

    Perbaikan atas sholat adalah lebih penting daripada perbaikan atas perkara keduniaan.

    Amat Sangat Jauh Penting Sekali..

  13. Eucalyptus berkata:

    Jadi ngerasa kesindir neh, secara nge-blog di-bela2in terus…. sepertinya klo ditanya manfaat sholat, bagi saya adalah kebutuhan setiap manusia untuk mendekatkan diri pada Sang Khalik serta untuk ketenangan jiwa. Tanpa sholat manusia akan kehilangan arah dan tujuan hidupnya

  14. Cah Angon berkata:

    Sholat lah engkau sebelum engkau disholati,….?

  15. RoSa berkata:

    …Blog seakan sudah menjadi candu bagi kita, kemanapun dan dimana pun yang di pikirkan bagaimana menulis postingan terbaru dan bagaimana agar orang mau berkunjung ke blog kita. Mau makan yang di ingat postingan , mau tidur yang di ingat postingan, sampai di kantor pun masih juga memikirkan postingan bahkan sedang beribadah pun yang di ingat postingan…

    Alhamdulillah, ndak sampe segitunya sama si blog…semoga kita semua tetap istiqomah, Amin

  16. Rozy berkata:

    Jika semua perbuatan baik diniatkan untuk ibadah [niat dan caranya benar, tak terkecuali ngeblog], pasti hasilnya juga baik dan masing2 sudah ada porsinya yg tak akan menindas dan membentur perbuatan lainnya.

    Gimana menurut Landy? 🙂

  17. QanaahSholihah berkata:

    tes. brother, ap bnr ini IP nya jd nampak dari singapore ya?pke aplikasi lain lg

  18. Frida berkata:

    Salah satu identitas umat Rasulullah (Nabi Muhammad SAW) adalah “SHALAT”. ( QS. Al Fath : 29).
    kalau dulu orang menyembah berhala latta, uzza, hubbal dan manat, kini orang mendewakan iptek dan memberhalakan otak. Naudzubillahi min zalik. disinilah perlunya shalat khususnya dalam konteks peradaban mutakhir, sehingga manusia sadar dari mana dia datang, ada dimana sekarang, harus berbuat apa dan kemana hendak pulang. smoga Allah SWT slalu memberi taufik dan hidayah kpd kita.

  19. Toni berkata:

    Ali bin Abi Thalib Radhiallahu’anhu, mampu menghentikan tindakannya untuk membunuh Musuhnya ketika bliau diludahi. Sahabat Ali RA. takut kalau2 niatnya telah berubah bukan karena Allah lagi. Ketika Ali mampu meninggalkan sesuatu karena Allah, maka terbukti Ali mampu melakukan sesuatu karena Allah Ta’ala.

    Ulama bagi tahu sesorang belum mampu melakukan “sesuatu” karena Allah sebelum ia mampu meninggalkan “sesuatu” karena Allah.

    Sekarang siapa coba yang bisa cinta karena Allah?

    harus dibuktikan.

    Sabar..
    ayo..latihan-latihan!!

  20. Susana berkata:

    Wah iya. Ayo tinggalkan kesibukan kalau sudah waktunya solat.

    Biar sibuknya karena Allah.

  21. aduh aku jadi malu
    kadang kalo sholat masih sulit khusyu 🙂

  22. hanafi berkata:

    Bar sholat yuk.. dah hampir lohor nih… 🙂

  23. rhainy berkata:

    jadi gak bisa bilang apa 2 nih….

  24. wanoja berkata:

    keep on sholat…

  25. Alex berkata:

    Ass.

    moga kita jangan dilalaikan dgn negblog….
    ngeblog boleh2 aja asal ada manfaatnya…..
    tapi Sholat adalah kebutuhan kita dgn Rabb kita.

    thanks atas pencerahannya lan..

  26. Jauhari berkata:

    Mari mari……

  27. Narto berkata:

    Sholat kelas kita mungkin hanya sebatas melaksanakan kewajiban semata bukan karena CINTA?

  28. pak de berkata:

    Nah ini nih… yang punya hobby baru, biasanya …..kelupaan tuh saking asyiknya menunaikan blog 😀
    kalau bisa instal aja software adzan di PC biar nggak lupa dengan shalat. mau ikut Tahajud?

  29. Qanaah berkata:

    aslmkum. smga pemilik blog dlm keadaan sehat. Lum nulis lg br0,?ataukh sibuk menyiapkn sesuatu? *nikah -red* .eh skrg akhr bln ya, sibuk pembukuan kah?

  30. Supermance berkata:

    yang susah kalo Shalat tapi lingkungan di sekitar kita berisik en riweuh …

  31. sufimuda berkata:

    Seorang Guru Sufi mengatakan : “jangan tanyakan bagaimana shalat menjadi khusuk, tapi coba cari apa yang menyebabkan shalat itu tidak khusuk”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: