“ Mereka Yang Enggan “

Setiap kita pasti mengiginkan di akhirat kelak akan mendiami surga-Nya, karena surga merupakan sebaik-baiknya tempat diakhirat, tapi anehnya banyak orang yang enggan memasuki surga, seperti yang Rasulullah saw sabdakan kepada para sahabatnya

“ Rasulullah saw bersabda: “ Seluruh umatku akan masuk surga kecuali mereka yang enggan.” Para sahabat bertanya, “Siapa yang enggan ya Rasulullah saw?” Jawab Beliau, “Siapa yang mentaatiku akan masuk surga, dan siapa yang mengingkariku maka sesungguhnya dialah yang enggan.”

Sungguh suatu hal yang mengherankan jika seorang mengaku dirinya muslim tetapi dia tidak taat kepada Allah swt dan meninggalkan sunah-sunah Rasul-Nya.

Sekarang masing-masing kita coba jawab dengan jujur, sudah berapa banyakkah sunah-sunah Rasulullah saw yang hidup di diri kita???

Padahal Allah swt menghendaki dalam diri setiap muslim harus hidup sunah-sunah Rasulullah selama 24 jam tanpa kecuali. Dari bangun tidur sampai tidur kembali, karena orang-orang yang dalam dirinya hidup sunah Rasulullah saw maka akan mendatangkan kecintaan Allah swt, semakin banyak sunah Nabi saw yang hidup di diri kita maka semakin cinta Allah swt kepada kita. Salah satu bukti kita cinta kepada Allah swt maka kita harus juga mencintai Rasulullah saw, karena Allah swt telah nyatakan dengan firman-Nya:

“Katakanlah (wahai Muhammad): “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah swt akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Amalan sekecil apapun, kalau mengikuti cara Rasulullah saw akan menghasilkan amalan Nurani dan Rohani. Contohnya: Istinja, adalah amalan kecil. Kalau hal ini di laksanakan dengan mengikuti cara Rasulullah saw, maka amalan tersebut akan menghasilkan amalan Nurani dan Rohani.

Apabila kita berusaha untuk merubah cara hidup kita dan mencontoh / meniru seperti cara hidup Rasulullah saw, maka kelak Allah swt akan membangkitkan kita bersama orang-orang yang di cintai-Nya. Man tasyabbaha bi kaumin fa huwa minhu ( barang siapa yg menyerupai satu kaum, maka dia termasuk dari kaum itu)

Begitu sempurnanya Islam sehinga segala tata cara kehidupan baik di dunia maupun di akhirat telah di atur. Untuk mengubah suatu keadaan yang satu dengan keadaan yang lain, apabila tidak mengikuti cara yang di ajarkan oleh Rasulullah saw maka itu sama saja mengikuti cara-cara yang dilakukan oleh Fir’aun dan orang-orang yang di laknat Allah swt.

Dalam keadaan sakit, kemudian lari kepada manusia tanpa meminta pertolongan dari Allah swt adalah cara yang di buat oleh Fir’aun. Demikian pula dalam keadaan menderita kemiskinan, kemudian berusahan merubahnya dengan cara mengejar-ngejar harta kekayaan, ini adalah cara-cara yang di lakukan Fir’aun. Berarti kita tidak yakin dengan kebesaran Allah swt.

Tanda orang beriman, apabila menghadapi suatu masalah atau kesulitan, maka ia akan tawajuh kepada amal sholeh. Sedangkan mereka yang tak beriman atau imannya lemah, dalam menghadapi suatu kesukaran akan lari kepada asbab. Begitu lari kepada asbab, maka akan muncul asbab-asbab lainnya yang justru akan menambah kesulitan hidupnya.

Orang beriman, dimisalkan seperti kuda yang di tambatkan dengan tali panjang, kemudian di lepas untuk memakan rumput. Kalau tali ditarik, maka kuda tadi akan kembali ketambatannya. Demikian pula halnya orang beriman, begitu menghadapi kesulitan, akan kembali ke kalimat La ilaha illallah, tak ada Tuhan selain Allah.

Keinginan Allah swt terhadap hamba-Nya, adalah agar yakin terhadap keesaan Allah swt mengikuti cara hidup Rasulullah saw. Nabi Muhammad saw adalah Nabi yang terakhir dan umatnya adalah umat yang terakhir. Tetapi beliau adalah yang pertama diantara para Nabi yang akan masuk Surga. Dan Umatnya adalah umat pertama yang akan memasuki surga.

Nabi kita Muhammad saw telah membuat suatu usaha yang paling hebat ( dakwah) untuk menegakkan agama. Sebagai balasan, Allah swt menurunkan hidayahnya kepada seluruh jazirah Arab. Pada waktu haji yang terakhir, di kutbahnya yang terakhir pula. Nabi saw menjadikan para sahabatnya sebagai saksinya, bahwa beliau saw telah menyampaikan seluruh wakyu Allah swt. Kemudian beliau memohon kepada para sahabatnya yang hadir untuk menyampaikan wahyu-wahyu itu kepada orang yang tidak hadir.

Setiap muslim laki-laki dan wanita telah diberikan pekerjaan penting ini. Hidayah bagi seluruh manusia tergantung dari usaha masing-masing kita semua. Jika kita mempunyai fikir atas seluruh ummat manusia maka setiap tindakan yang kita lakukan akan di terima oleh Allah swt sebagai perantara ( asbab) turunnya hidayah.

Untuk memahami hubungan antara hidayah dengan usaha dari setiap orang, kita dapat mengambil contoh dari sebuah batu yang di lemparkan ke danau. Batu itu jatuh pada satu tempat, tetapi riaknya sambung menyambung ke seluruh danau. Sama halnya dengan seorang muslim memberikan dakwah pada satu tempat dengan fikir atas seluruh umat manusia, maka Allah swt akan menyebarkan hidayahnya sebagai riak atau gelombang menyebar ke danau.

Semoga Allah swt jadikan risau dan fikir kita semua sebagaimana risau dan fikir Rasulullah saw dan para sahabatnya.

Ya Allah antar kami keseluruh alam dengan asbab atau tanpa perantara asbab, jadikan dakwah masuk hidup kami , hidup untuk dakwah, dakwah sampai mati dan mati dalam dakwah. Ya Allah jadikan air mata kerinduan anak istri kami sebagai asbab engkau turunkan hidayah untuk seluruh alam dan sebagai asbab suksesnya Jord 8,9,10 agustus 2008 nanti dan terbentuknya 10 ribu rombongan yang siap diantar ke seluruh alam, Ya Allah catatkan nama-nama kami di antar 10 ribu rombongan tersebut. Amien

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

mersapi , Wempi, Anang , Agus Taufiq Hidayat , arifrahmanlubis, Rozy, realylife, mr.cappuccino , Mufti AM , Andik Taufiq , anton ashardi, martik , RoSa , Alex , halaqahpky, masbadar

6 Balasan ke “ Mereka Yang Enggan “

  1. Agus Taufiq Hidayat mengatakan:

    Allahumma Sholli ‘ala Muhammad Allahumma Sholli ‘alaihi Wasalim Allahumma Sholi ‘ala Muhammad Yaa Rabbi sholli ‘alaihi wasalim.

  2. realylife mengatakan:

    amin
    semoga Allah mengabulkannya

  3. Alex mengatakan:

    Moga dilancarkan semua usaha dakwah kita landy….amin.

  4. abdurrahman mengatakan:

    assalammu’alaykum ada berita gembira buat jama’ah indonesia

    sekitar tgl 18 juli 2008 temen saya dapat sms dari kakaknya di sulawesi, beliau katakan ada jamaah dari malaysia lagi khuruj di sulawesi dan bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW, Rasul pesan supaya da’wah ini lebih disebarluaskan dan salam buat jamaah indonesia

    lalu pada tanggal 20 ada ustadz lulusan al azhar Mesir yang sedang mudzakaroh dengan kami ketika kami lagi khuruj 3 hari, beliau terima sms dari temennya bahwa ada jamaah masturoh filipina lagi khuruj masturoh di India bermimpi bertemu Rasulullah SAW, pesan Rasulullah SAW salam buat jamaah masturoh Indonesia

    wa’alaykummussalam

  5. Rudy mengatakan:

    assalammu’alaikum’

    Ana mau kenalan sama Agus Taufiq Hidayat, ada yang tau alamat email-nya..

    Jzklm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: