“ Apa yang Agama Inginkan dari Wanita “

Tidak di pungkiri lagi wanita memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan didunia ini, karena dari rahim-nya-lah, seorang Penjahat maupun Wali Allah berasal. Kalau kita mau merunut sejarah maka dapat kita temui begitu besar peranan wanita dalam agama. 2 orang khalifah masuk Islam dengan asbab wanita, yaitu : Umar r.a asbabnya adalah adiknya Fathimah binti Khattab r.ha dan Usman r.a asbabnya adalah bibinya Saudah r.ha., bahkan banyak lagi sahabiyah-sahabiyah yang memiliki peranan penting dalam perkembangan Islam itu sendiri.

Sejarah juga mencatat apabila ketidak adaan agama pada diri wanita maka kehancuran yang akan terjadi di muka bumi ini , Dalam buku “Gadis Kota Kufah”, Roman Sejarah Islam karya Georgie Zaidan dimana dalam buku itu di ceritakan betapa hebatnya pesona wanita cantik bernama Gutham membuat makar yang mengakibatkan Khalifah Ali bin Abi Thalif terbunuh.

Wanita tak ubahnya seperti sebuah pisau, tergantung di tangan siapa ia berada, apabila di tangan pembunuh maka kehancuran yang akan tercipta , tapi apabila ada di tangan dokter ahli bedah, maka kebaikan yang akan terwujud, Karena itu Agama menginginkan bagaimana dalam diri setiap wanita hari-harinya mempunyai fikir tentang agama sebagaimana hal tersebut juga Allah swt inginkan dari para pria.

Rumah yang ibunya mempunyai fikir agama, maka akan lahir anak-anak yang shaleh dan shalehah. Dari kisah-kisah para nabi, dapat dilihat istri nabi yang tidak punya fikir agama seperti nabi Nuh as. Beliau berda`wah selama 950 tahun hanya mendapat pengikut 83 orang. Anaknya menjadi kafir, kaumnya dimusnahkan oleh Allah swt. Nabi Luth as., istrinya menentang da`wah, anaknya menjadi kafir, kaumnya juga dimusnahkan oleh Allah swt. Sebaliknya Nabi Ibrahim as., istri-istrinya adalah wanita yang punya fikir agama, sehingga beliau mendapat banyak pengikut dan dari keturunannya lahir Nabi Ishaq as., Nabi Yusuf as., Nabi Daud as., Nabi Sulaiman as., Nabi Isa as., dan dari Siti Hajar lahir Nabi Ismail as., yang dari keturunannya lahir Nabi Muhammad saw.

Demikian pula istri-istri Rasulullah saw mampunyai fikir agama, terutama Khadijah r.ha yang telah mengorbankan seluruh harta bendanya untuk penyebaran agama Allah swt, dan beliaulah yang selalu menghibur, mendorong suaminya untuk si`arnya Islam, sehingga kurang lebih 23 tahun Nabi berda`wah, seluruh jazirah Arab masuk Islam.

Lantas hal-hal apa saja yang Allah swt harapkan dari para wanita, ulama bagi tahu sedikitnya ada 6 hal yang Allah swt harapan ada pada diri wanita.

Pertama , Allah swt mengharapkan dari wanita adalah bagaimana setiap wanita di tuntut untuk menjadi `Alimah (wanita yang berilmu).

Pemimpin keluarga adalah suami tetapi pemimpin rumah tangga adalah istri. Ibu adalah madrasahnya anak-anak. Ibu adalah universitas terbesar bagi anak-anaknya, sikap dan cara berfikir ibu sangat besar pengaruhnya bagi anak dan penghuni rumahnya, keluarganya dan lingkungan tetangganya..

Lantas bagaimana cara wanita memiliki ilmu??? Tidak ada cara lain dengan membuat Ta’lim harian dirumah, dimana setiap anggota keluarga menyisikan waktunya setiap hari secara istiqomah tanpa kecuali berkumpul untuk melakukan ta’lim harian di rumah. Dimana setiap harinya di bacakan firman Allah swt dan sabda Rasulullah saw serta kisah-kisah para sahabat Nabi saw. Dan tak lupa sekali atau dua kali dalam seminggu diadakan taklim adab-adab dan masail ( fiqh).

Suami sebagai pemimpin keluarga memberikan pengajaran tentang agama kepada keluarganya sekaligus pengontrol pembinaan keagaman di rumah, karena Ta`lim adalah perintah Allah swt dan salah satu sunnah Rasulullah saw. Ta`lim adalah roh agama. Ta`lim adalah salah satu pintu gerbang masuknya agama ke dalam rumah.

Lantas bagaimana kalau suami tidak mengerti tentang hukum-hukum dalam agama, maka disinilah tugas seorang istri untuk mendorong suaminya agar mendatangi para Ulama untuk bertanya perkara-perkara yang dianggap penting, kesalahan kita hari ini, apabila wanita tidak mengerti agama , maka wanita sendirilah yang bertanya langsung ke ustadz, pada hal yang benar adalah wanita terlebih dulu bertanya kepada suami atau mahramnya kalau suami atau mahramnya tidak mengerti maka dorong mereka untuk bertemu dan bertanya kepada para ulama. Sehingga kedudukan suami sebagai kepala keluarga tetap berwibawa, bukan malah seperti sekarang para istri sibuk mengadakan pengajian di masjid para suami berkumpul bersama rekan-rekannya melakukan hal-hal yang di larang oleh agama.

Yang kedua yang Allah swt harapan dari para wanita adalah Zahidah : hidup sederhana. Hidup sedehana adalah salah satu sunnah cara hidup Rasulullah saw. Dengan hidup sederhana hisab akan mudah dan ringan. Sederhana pakaian, makanan, perumahan, perabotan, penampilan dll. Apabila di rumah, ibu selalu disibukkan dengan urusan rumah tangga seperti mengurus anak, membersihkan rumah, memasak dll sehingga sulit untuk belajar agama dengan benar.

Yang Ketiga wanita diharapkan menjadi `Abidah : Ahli ibadah, menjaga shalat di awal waktu, dzikir pagi petang, semua pekerjaan rumah selalu diiringi dengan dzikir, istiqamah baca Al-Qur`an dan berusaha untuk selalu mengkhatamkannya, shalat-shalat sunat,puasa wajib dan puasa sunat serta gemar bersedeqah.

Yang Ke empat : Murabbiyah : Sebagai guru yang mendidik anak – anak secara Islam. sesuai dengan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw ; Karena anak adalah amanah dari Allah swt maka pentingnya bagi seorang wanita untuk selalu memperhatikan:

Tarbiyatul adab : jaga ada-adabnya.

Tarbiyatul jasad : badan, pakaian dan makanan.

Tarbiyatul wiladhah : setelah melahirkan.

Tarbiyatul Diin : Agama,

kenalkan agama sejak anak-anak masih kecil, latih untuk selalu takut hanya kepada Allah swt, tanamkan pada anak Cinta Allah dan RasulNya, cinta saudara dll.

Kelima sebagai Khaddimah : Selalu berkhidmat untuk suami dan anak – anak dalam setiap menunaikan keperluan dan kebutuhan suami dan anak-anak serta setiap tamu yang datang ke rumah dengan ikhlas karena Allah swt.

Yang ke enam, bagaimana setiap wanita menjadi. Da`iyah : Mengajak manusia untuk selalu ta`at kepada Allah swt dan kepada Rasulullah saw dengan menanamkan iman yakin kepada kampung akhirat, dll.

Karena itu sangat penting bagi wanita untuk mempunyai pengetahuan dan fikir agama. Kita tahu bahwa kita punya tanggung jawab untuk menanamkan fikir agama kepada anak-anak kita, pembantu-pembantu kita, keluarga kita, orang-orang di sekitar kita dan siapapun yang bertemu dengan kita. Di akhirat kelak kita akan di ditanya tentang : shalat kita, puasa kita, zakat kita dan amal perbuatan lainnya.

Sebagai muslim, baik laki-laki maupun wanita mempunyai tanggung jawab da`wah, maka wanita pun akan diminta pertanggung jawabannya mengenai da`wah. Setelah nabi wafat perjuangan da`wah dilanjutkan oleh para sahabatnya dengan pengertian dan dorongan para istrinya sehingga tidak beberapa lama 2/3 belaha bumi menjadi Islam.

Demikianlah semua ini berkat pengaruh dan fikir kaum wanita. Seorang wanita sholehah lebih baik dari 70 aulia, sedangkan wanita yang akhlaknya buruk lebih jahat dari 1000 laki-laki yang jahat dan dia akan menyeret 4 laki-laki keneraka jahannam yaitu :1. suaminya, 2. Bapaknya, 3. Saudara laki-lakinya, 4. Anak laki-lakinya.

Jadi sangat perlu sekali wanita ikut ambil bagian dalam usaha da`wah ini. Agama akan sangat lambat sekali perkembangannya apabila para wanitanya tidak ikut usaha da`wah. Ibarat pedati yang mempunyai roda sebelah, maka jalannya pun akan lama atau seperti seekor burung yang sayapnya patah sebelah.

Oleh karena untuk kedepannya semoga makin banyak wanita yang sadar akan fungsi dan tanggung jawabnya sebagai hamba Allah swt dan pengikut Rasulullah saw. Dan semoga Allah swt dengan kasih sayang-Nya memudahkan para wanita untuk melakukan hal tersebut. Amien

Ucapan terima kasih atas comment dan kunjungannya :

wyd Agus Taufiq Hidayat , ina, masbadar indra1082 , Ratu Adil Satria Pinandhita Sinisihan Wahyu , Deddy Aristiono Nugroho , rhainy

Iklan

13 Responses to “ Apa yang Agama Inginkan dari Wanita “

  1. Iko berkata:

    Dan lihatlah,… bagaimana Islam sangat memperhatikan perempuan… ^_^

    oh Iko perempuan toh , he..he..he.., iko mana cdnya buku di rumah gw masih berantakan.

  2. hanggadamai berkata:

    assalamu alaikum
    halo mas landy, pa kabar?? semoga mas landy dan keluarga sehat ya??amien..
    oiya taqobalallahu minna waminkum, taqobal ya kariimm

    Sama-sama Hangga, salam untuk calonnya ya 🙂

  3. Agus Taufiq Hidayat berkata:

    Do’ain moga Masturoh pertama ahliyah ana lancar…

    Semoga Allah swt beri kemudahan dan Semoga kita bisa 15 hari keluar masturah bareng ya pak syukur2 bisa 2 bulan IPB

  4. diana berkata:

    TFS bro….really useful….

  5. nurussadad berkata:

    Nanya Mas…
    Klo
    apa yang diinginkan wanita dari agama tu gimana/

  6. ina berkata:

    assalamu’alaykum wr wb,

    Andai ‘kami’ menyadari betapa pentingnya ‘kami’ bagi diri ‘kami’ sendiri..

    Hmm, kl ditanya apa yg diinginkan wanita dari agama.. semuanya sudah tersedia dalam Islam (ya kan?)

  7. marzuki berkata:

    Assalamu a’alaikum yaa akhi…
    Ana minta izin untuk copy paste artikenya.

  8. Abu Tsabit berkata:

    Assalamu’alaikum..

    Targhib yg mantap..Mas..ini disarikan dari bayan masturat mana???

  9. Dwi Ahmad Ali Syafei berkata:

    sEMOGA aLLAH swt berikan ana masturot ( istri) yang salehah dan mendukung kerja Da’wah. !!!!!!!!!!!

  10. el-arief berkata:

    Assalamu’alaikum akhi…
    Alhamd ana mendapatkan ilmu baru stlah mbca artikel ini, Syukron. Afwan akhi, ana minta izin copy artikelx. kbetulan istri ana lagu dpet tgas kuliah tu’ buat artikel dngan tema hampir serupa jazakallah. smoga besok qt bertemu di surga Allah SWT. amiin

  11. siddiq berkata:

    doakan saya mas untuk tambah pengorbanan
    agar ahli rumah ambil bagian usaha masturah

  12. sgharjono berkata:

    Assalamualaikum wr wb
    Terimakasih infonya mas, mungkin saya sebagai suami masih belum bia mengajarkan seperti yang diatas. Tatapi saya akan berusaha untuk menunaikan sesuai dengan apa yang di ajarkan Islam. Banyak yang bisa saya kaji dari tulisan ini, akhirul kalam wallhu mua fiq ila aqwa mitoriq.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: