IJTIMA SERPONG 09

Assalamualaikum warahmatullah..

Bismillahirohmanirohim..

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa yang Selalu Ingat Akan Sejarahnya & Agama yang Besar Adalah Agama yang Senantiasa Ingat Pada Perilaku & Perbuatan (Sunnah-Sunnah) Pembawanya . Insya Allah…

DSC_0004Kagum, takjub dan masih banyak lagi perasaan yang berkecamuk di hati setiap orang yang menghadiri ijtima serpong pada tanggal 18 – 20 juli 09. Ratusan ribu manusia berkumpul menjadi satu, datang dari seluruh pelosok daerah bahkan tidak sedikit yang datang dari mancanegara. Jelas sekali tampak kehebatan usaha dawah ini. Tanpa gembar-gembor media , tanpa harus memasang spanduk besar di setiap perempatan jalan, tanpa bayaran dan penggalangan dana serta tanpa pengkultusan terhadap individu. Mereka semua datang dengan iklas semata-mata karena Allah , rindu dan haus akan agama. Ratusan kilometer mereka tempuh baik dari darat udara dan laut tanpa rasa lelah, tak terhitung biaya yang mereka keluarkan agar dapat sampai di medan ijtima.

DSC_0003Tidur hanya beralaskan seadanya, ditempat terbuka bahkan terpaan hujan dimalam hari tak juga menyurutkan langkah mereka untuk tetap berada di medan ijtima selama tiga hari. Jutaan air mata dan doa tertumpah dalam ijtima, memikirkan keadaan umat yang telah jauh dari agama ,berharap agar setiap diri mau kembali kepada agama , mau kembali mengambil tanggung jawab atas kerja dakwah sebagaimana dahulu Rasulullah saw dan sahabatnya lakukan. Disini tidak membicarakan perihal dukung mendukung capres , disini pun tidak memikirkan trik-trik agar masuk dalam jajaran pemerintahan karena salah satu tujuan usaha dakwah adalah menghilangkan sikap saling menjauhkan, saling berprasangka buruk , kemunafikan, dan tidak adanya kasih sayang di kalangan umat.

DSC_0032Dalam usaha dawah dan tabligh ada hal-hal yang sangat di tekankan melebihi hal-hal lainnya. Yakni ilmu dan dzikir, agar usaha dakwah ini tidak kembali menjadi jasad tanpa ruh atau sekedar tulisan tanpa penjelasan, atau sekedar kumpulan kaidah dan cara-cara kosong sebagaimana gerakan-gerakan lain yang tumbuh kemudian menghilang. Kerja dakwah dan tabligh sangat berkaitan erat dengan hati, sebagaimana ia juga berkaitan dengan anggota badan.

DSC_0027Sesungguhnya mengorbankan perasaan, diri dan jiwa di jalan Allah adalah pengorbanan yang tidak mahal, tetapi sangat penting dalam gerakan ini. Bahkan itu adalah tujuan yang hendak di capai. Rahmat Allah swt akan turun sesuai dengan kepedihan hati menanggung kesabaran , kesulitan, dan musibah serta menahan perasaan, dan cucuran air mata dalam mengembalikan kesadaran umat Islam tentang tanggung jawab mereka terhadap penyebaran agama.

DSC_0039Setiap orang yang berusaha tidak akan berhasil, kecuali usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Keberhasilan itu tergantung pada kesungguhan dalam meraihnya dan Allah swt tidak akan memberikan kebahagian, kedekatan , dan kebaikan di akhirat selama kita belum menempatkan usaha agama di atas usaha dunia.

DSC_0015Setiap muslim sudah seharusnya mengorbankan diri dan harta mereka dalam usaha dakwah tanpa keraguan  karena sesungguhnya setiap diri akan merasakan surga dengan segala kenikmatannya sejak didunia ini jika kita menjadikan usaha dakwah ini sebagai maksud hidup dan yakin bahwa sesungguhnya Allah swt tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebajikan . Sesungguhnya dibalik kematian di jalan ini ada kehidupan yang hakiki.

DSC_0003Rasanya jutaan tulisan tak akan bisa menjelaskan tentang usaha ini tanpa kita sendiri ikut terjun langsung di dalamnya dan menjadikan dakwah sebagai maksud hidup kita.

DSC_0045Sesungguhnya semua hubungan itu mati selama tidak berada di bawah kaki Rasulullah saw,  yakni hubungan yang di jalanin bukan untuk panji-panji Islam, maka hubungan itu kosong dari ruh tidak mengandung kebaikan dan keberkahan.

DSC_0006Semoga Allah memberi kepahaman tentang masalah ini kepada kita semua sehingga Allah gunakan diri, harta, waktu dan fikir kita untuk agama-Nya, sehingga setiap apa-apa yang ada didalam diri kita menjadi asbab hidayah untuk seluruh alam.

DSC_0011Ya Allah !!! Jangan Engkau uji kami dengan ujian sebagaimana para sahabat nabi-Mu

Ya Allah !!! Hantarkan kami ke seluruh alam dengan asbab atau tanpa asbab pada kami.

Ya Allah!!! Pilihlah kami dalam kerja dakwah sehingga Engkau jadikan dakwah maksud hidup, hidup untuk dakwah, dakwah sampai mati dan mati dalam dakwah.


Ya Allah !!! Hancurkan lah orang yang menjadikan kerja dakwah ini untuk kepentingan dunianya.

Subhanallahi wabihamdika ashaduala ilaha ila anta astagfiruka waatubuhu ilaik’
Wabilahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakathan lil alamin…

NB : Selama ijtima berlangsung dilarang keras mengambil gambar baik gambar mubayin maupun suasana ijtima, berhubung iman saya lemah dan masih belum bisa tertib saya mengambil beberapa gambar, semoga Allah swt memaafkan saya dan memberi kekuatan kepada saya untuk selalu berada di atas tertib , amien.  ( untuk Mas Kunto dan Rio potonya ambil aja di FB gw 🙂 bis gak bisa kirim email gak ngerti )

Iklan

36 Responses to IJTIMA SERPONG 09

  1. atikah berkata:

    Masya Allah,sayang nggak ada gambarnya..pingin liat suasana jurdnya….dengar-dengar muzahadah….

    BTW Author gimana nih nggak sambut takaza 4 bln?? masih posting??

    Afwan

    – Targihban Ringan Sebelum Dhuha-

  2. Suami ahliah berkata:

    Dilarang sama masyaikh publish foto-foto Ijtima ya? Saya sudah foto-foto dan syuting-syuting dipasar. Tapi buat koleksi sendiri. 🙂 Masya Allah kalau melihat jumlah umat Islam yang kumpul di serpong bisa bikin orang kafir “singunen ummat”

    Oh ya kemarin artikelnya banyak dibuat buku sama orang kreatif 🙂 bahkan komentar saya disuatu blog ada yang dimuat. semoga jadi ibadah amin.. termasuk blognya antum ini juga di jadikan referensi ck ck.. panen pahala (kalau ikhlas)

  3. Suami ahliah berkata:

    buat atikah :

    saya juga belum bisa keluar dijalan Allah nyambut ijtima 2009 ini , tapi insya Allah niat buat maqomi di halaqoh.

    memang ada dua kerja, khuruj (intiqoli) dan Nusroh sekaligus amal masjid daerah sendiri (Maqomi).

  4. Suami ahliah berkata:

    buat atikah :

    saya juga belum bisa keluar dijalan Allah (khuruj 4 bulan / 40 hari maksudnya) dalam menyambut ijtima 2009 ini , tapi insya Allah niat buat maqomi di halaqoh.

    memang ada dua kerja, khuruj (intiqoli) dan Nusroh sekaligus amal masjid daerah sendiri (Maqomi).

  5. ina berkata:

    assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh

    Alhamdulillah.. ketemu lagi dengan postingan ijtima’ serpong 2009.. (agak sedikit langka ya..apa karna para karkun yg nge blog sedang menyambut takaza..? 😀 )

    semoga Allah beri taufik dan hidayah-Nya untuk kita semua.. amiin ya Allah..

  6. snjunaini berkata:

    Assalammualaikum wrt wbt.

    Salam taaruf *untuk masturoh sahaja*.
    Saya masturoh dari Malaysia. Mahu kenalan sama masturohnya di Indonesia, Insya-Allah.

    http://www.ahliahnizam.blogspot.com

  7. XNUXMINT berkata:

    Ass.bro…rindu ma postingan loe n ym loe gak aktif terus sejak loe posting tentang rumah yg memiliki nur dimana loe posting stelah memberikan targiban ma gua via ym tuk buat usaha agama dirumah…..Ajib…..semoga selalu dalam lindunganNya bro….I love u. ^_^

  8. Yoyok Blimbing-Malang berkata:

    tak akan ada organisasi ato kajian yg bisa mengadakan pertemuan seperti ini, bs mengumpulkan org bnyak selama 3 hari, inilah bukti kerja ini diridhoi Alloh,sebagaimana kerjanya para ambiya, Rasululloh dan para sahabat dahulu

  9. abach berkata:

    mari jaga tertib ! mari tidak terkesan dengan gambar mari belajar!

  10. da’wah adalah gerak, bukan kalam ( tulisan )

  11. mutiara berkata:

    bagus betul blognya, boleh laaah

  12. Wisnu H / Abdul Wahid berkata:

    Insyaallah bermanfaat, Btw berapa info jama’ah yang terbentuk ? Untuk negeri jauh mana aja yang disiapkan untuk di kirim jama’ah dari Indonesia ?

  13. Abdullah berkata:

    Saya niat keluar seumur hidup! Kabulkanlah Ya Alloh…

  14. Imrani berkata:

    Oya… Kemaren yang datang kira-kira berapa orang?

  15. ad dumayyi berkata:

    walau hujan turun di saat malam hari, tapi tak mengurangi semangat hadir ijtima’…
    Satu pesan masyaikh yang paling saya ingat, dari Ahmad Lat klo nggak salah:
    “MasyaAllah, taubat…!! taubat….!! Tidak ada lagi kata-kata ‘karkun’, Kita adalah satu ummat, ummat Rasulullah saw. Pemberian nama itu malah semakin mengotak-ngotakkan keadaan ummat.”
    Banyak-banyak istighfar, kita masih blum taat kpd masyaikh kita..
    wassalaamu’alaikum warahmatullah wa barakatuh

  16. Buya Najla berkata:

    Kok potoku gak ada land hehehe

  17. Iqbal al Dumayi berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb,
    Suasana membentuk keadaan diri..Susana yang jauh dari taat kepada Allah menjadikan manusia jauh dari agama. Maka dengan suasana taat seperti Ijtima’ maka akan timbul jazbah untuk amalkan agama, apalagi dengan mendengar nasihat2 Masyech yang telah habiskan masa untuk agama, ini menjadikan keberkahan tersendiri buat kita.
    Tapi Ingat! Berakhirnya Ijtima’ bukanlah berarti berakhirnya takaza, kerja. berakhirnya Ijtima’ berarti bermulanya ijtima’ lagi. Saudara2ku kita masih hutang lebih kurang 5000 jamaah lagi, siapa lagi yang akan menyambut takaza tersebut kalo bukan kita. Jangan sempat hidayah terhalang karena asbab tertundanya kita keluar di Jalan Allah SWT…
    InsyaAllah kita semua AZAM 4 bulan y?
    do’akan saya,niat IPB…amin……

  18. AbuHusein berkata:

    Semoga dengan perbonan para dai, Allah swt menjadikan mereka penebar rahmat

  19. Abu Imam berkata:

    Dakwah bergerak menjumpai manusia untuk menggerakkan manusia, cara dakwah melalui media tidak berkah.mari kita perbanyak istiqfar tuan.

  20. cak_taufiq berkata:

    subhanallah..
    ya Allah saksikanlah pengorbanan hamba-hambamu yang sangat sedikit ini,yang jauh dari pengorbanan Abu Bakar ra,Umar bin khottob,usman bin affan,ali bin abi thalib r,hum..
    jadikanlah pengorbanan kami ini asbab hidayah untuk saudara-saudara kami di seluruh alam.
    amiin..

  21. Ana berkata:

    Akhi Landy… Ana izin copy artikelnya ya…? buat di fb. Tulisan Akhi bagus, jadi ana sering sebarkan di fb ana.

  22. abdurrahman berkata:

    Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan
    dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong
    maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat

  23. husni amran berkata:

    Setelah kami kembali dari medan Ijtima dan gerak ke Kaltim ternyata semua yg dr Ijtima terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan)hingga di dlm msjd yg terdengar suara batuk-batuk jd kami tdk bisa buat program dgn sempurna…… semoga jd asbab hidayah ….amin ya robbal ‘alamin (Amir Rombongan Jl Kaki)

  24. husni amran berkata:

    Sesungguhnya orang2 yg berkata Tuhan kami Allah kemudian mereka istiqomah, maka malaikat akan turun pada mereka (dgn berkata) Jangan kamu takut dan jangan kamu bersedih dan bergembiralah kamu dgn surga yg telah dijanjikan kepadamu. Kami pelindungmu dlm kehidupan dunia dan akherat kamu memperoleh apa yg kamu inginkan dan apa yg kamu minta.Sbg penghormatan dr Tuhanmu yg maha pengampun lagi maha penyayang…Dan siapakan yg lebih baik perkataannya drpd orang yg menyeruh kpd Allah dan dia beramal soleh dan berkata sesungguhnya aku termasuk orang-orang muslim(yg berserah diri)……. QS.Fushilat 30-34

  25. ahmad slamet berkata:

    Alhamdulillah selepas Ijtima memang banyak yang mau kluar tapi kelihatannya masjid masih penuh dengan jamaah dulu pernah Madinah kosong bagaimana pemandangan serupa ada di Markas Indonesia kosong dari Jamaah semua berbondong-bondong menyambut takazah keluar di Jalan Alloh minimal 40 har maksimal 1 tahun walohialam bi sawab

  26. AbduRRaheem berkata:

    insyaaLLah niat 4 bln jalan kaki sebelum Ramadhan 1430H… mo ikutan…?

  27. abitamim berkata:

    salam taaruf…..

    Kok kayaknya dari markas Nukus Ngalam ya ?

    http://www.abitamim.blogspot.com

  28. Laporan Jamaah berkata:

    Jamaah Cash 2512 jamaah katanya.

    Para Masyeikh gembira (maulana sa’ad bilang +-) Kami lebih gembira dari pada orang-orang yang di Indonesia.

    dikiaskan oleh masyeikh itjima Indonesia ini sebagai parfum asli bukan parfum-parfum palsu.

  29. bachtiar berkata:

    mari blajar tuk istiqomah dlam usaha dakwah spya kita bisa mati dalam usaha dakwah ….

  30. HADYAN berkata:

    alhamdulillah bisa ketemu tulisan maksud hidup, disela sela kesibukan keperluan hidup.

    rasa nya sudah mau terbang2 aja nih 4 bulan …. semoga Allah menjadikan dakwah sebagai maksud hidup kita , hingga ketika tidak dakwah… buat apa lagi hidup..

  31. nurwahid dari padangpanjang berkata:

    ya Allah berikan kami kekuatan untuk dakwahkan agamaMu
    ya Allah istikomahkan kami dalam usaha dakwah agamaMu
    ya Allah akhirkanlah hidup kami dalam usaha dakwah agamaMu dengan mengucapkan kalimah “La Ilaha Ilallah Muhammadu Rasulullah “

  32. Abu faruq berkata:

    Salam buat akhi zaenal jenggot, ridho, muhibbin, sugiono khususon gus chaidar, gus wahid, ust khusnul, gus syafi’,arif stain di markaz sukun malang s’moga istiqomah dalam da’wah amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: