Tantangan dalam Dakwah

Assalamualaikum warahmatullah..

Bismillahirohmanirohim..

Bom yang terjadi di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton beberapa bulan yang lalu ternyata tidak hanya memberi dampak kepada masyarakat umum tapi juga memberi dampak buruk bagi para pekerja dakwah, beberapa rekan sempat mengalami penangkapan dari pihak berwajib walau pada akhirnya mereka dibebaskan karena memang tidak terbukti ada hubungannya dengan jaringan teroris.

Keresahan dan kekawatiran berlebihan yang ditunjukan sebagian besar masyarakat serta didukung dengan pemberitaan media sering kali melahirkan tindakan diluar batas kewajaran, asal berjanggut, bercadar, memakai pakaian full sunah sudah barang tentu di cap ‘teroris’ dan yang sangat disesalkan ucapan tersebut keluar dari mulut orang Islam itu sendiri.

Pada dasarnya hal-hal tersebut bukanlah masalah baru dalam dakwah  karena sudah merupakan sunahtullah bahkan Rasulullah saw sendiri telah jauh-jauh hari memberi tahukan bahwa  menghidupkan sunah seperti menggenggam bara api, sulit tetapi harus tetap digenggam karena ini merupakan perkara yang haq yaitu agama.

Kekawatiran terhadap penangkapan juga sempat dipertanyakan oleh istri dan keluarga saya, terlebih lagi berita di media akhir-akhir ini yang memperlihatkan razia terhadap para wanita yang mengenakan cadar. “ Jangan buka cadar walau harus ditembak polisi kecuali oleh polisi wanita “ ucap saya ketika istri mempertanyakan apa tindakan yang harus diambil kalau suatu saat dirinya mendapat razia ketika keluar rumah dan dipaksa membuka cadar..

Pada dasarnya orang tua kita dalam dakwah sudah memberi arahan yang jelas andai kita mau mencerna, yaitu tetap buat dakwah dengan istiqomah dan mengikuti tertib yang sudah digariskan para masyech serta tetap tawajuh kepada Allah swt maka masalah-masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Segala tantangan yang terjadi dalam dakwah merupakan kenikmatan tersendiri bagi pekerja dakwah , karena dengan adanya tantangan, kita akan merasakan lezatnya iman.

Andai kita tetap buat dakwah dengan istiqomah dan dengan kesungguhan maka Allah swt akan tunjukan kudrat-Nya. sebagaimana yang terjadi pada Rasulullah swt, ketika Rasulullah swt hanya mengandalkan ibadahnya nusrahtullah belum turun maka saat Rasulullah sedang sujud didepan kabah dan ditaruh kotoran unta dipunggung beliau oleh orang kafir quraisy yang membersihkan kotoran tersebut adalah salah satu putrinya. Tapi mana kalah Rasulullah swt telah buat dakwah dengan sungguh-sungguh hingga ke Thaif dan mendapatkan tantangan dari penduduk Thaif, saat itulah Allah swt mulai tunjukan nusrah-Nya, dengan mengijinkan  para malaikat-Nya untuk menolong Rasulullah saw.

Jadi solusi untuk menyelesaikan masalah dunia dan akhirat tidak lain dan bukan adalah tetap buat dakwah sesuai usul dan tertib yang telah digariskan para orang tua kita. Jaga nisab dan hidupkan 5 amal maqomi dengan sungguh-sungguh. Selalu letakkan diri kita dalam musyawarah, baik dimuallah ,halaqoh maupun markaz serta azamkan dalam diri kita bahwah kita ini adalah dai, umat rasulullah saw yang mempunyai kewajiban mendakwahkan agama dimanapun kita berada dan siap dihantar kemana saja dengan biaya berapa saja dan dengan siapa saja.

Jangan terkesan dengan apa-apa yang terjadi hari ini di dunia, tetapi selalu berusaha untuk kesan dengan janji-janji Allah swt dan berusaha menjadikan dakwah ini maksud hidup, hidup untuk dakwah , dakwah sampai mati dan mati dalam dakwah..

Subhanallahi wabihamdika ashaduala ilaha ila anta astagfiruka waatubuhu ilaik’

Wabilahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakathan lil alamin…

Iklan

2 Responses to Tantangan dalam Dakwah

  1. atikah berkata:

    Insya Allah, Janji Allah pasti Benar.Ia tak akan sia-siakan orang yang istiqomah buat dakwah.

    Carilah pertolongan Allah dengan Sabar dan Sholat.

    Seorang teman berkata” Bukan hasil tujuan utama kita ketika berdoa pada Allah tapi bagaimana kita bersikap sewaktu tertimpa masalah”

    Muslim bagaimana pohon yang akarnya menghujam kuat ketanah dan daunnya rimbun lebat menaungi tak akan terpengaruh suasana dan keadaan.

    Insya Allah.Kejayan ada pada Sunnah SAW bagaimanapun tantangannya.

    Moga kita semua dikuatkan dan kuatkanlah diri lewat amalan.Iman Yakin.

    Allahu AKbar

  2. sultan berkata:

    good posting, lanjut brurr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: