Nisab 3 Hari

Assalaamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh
Nahmaduhu wa nushalli ‘ala rasulihil kariim. ‘amma ba’du…

89967532Selalu ada suasana dan perasaan yang baru ketika kembali dari nisab 3 hari setiap bulannya , perasaan yang mendorong saya untuk selalu menjadi lebih baik disetiap harinya, perasaan yang pastinya berbeda pada setiap orang yang mengalami. Ada kenikmatan dan semangat yang tidak bisa ditulis dan dilukiskan, hanya bisa dirasakan, sama halnya ketika kita meminum secangkir teh manis, dimana setiap orang akan berkata teh tersebut manis tanpa bisa mendeskripsikan lebih jauh. Sejauh apa manisnya, karena pastinya setiap orang berbeda dalam melukiskan hal tersebut .


Begitu pun dengan saya , banyak orang berkata apa yang bisa didapat dari khuruj dimana program yang di kerjakan hanya itu-itu saja, taklim , jaulah, 2,5 jam dsb, terlebih lagi buku yang dibaca dari dulu sama tidak berubah Fadilah A’mal + Sedekah dan sekarang ditambah dengan Muntakhab Hadist !!!!


Mungkin bagi sebagian masyarakat umum secara kasat mata tak akan menemukan sesuatu yang berarti, hanya sekelompok orang yang melakukan kegiatan kumpul-kumpul, tidur serta makan di masjid, tapi jauh dibalik itu ada ratusan bahkan jutaan hikmah dan pelajaran yang bisa di dapat.


Khuruj adalah media dimana seluruh pesertanya berinteraksi secara langsung dengan umat, sama sebagaimana yang dulu pernah di kerjakan oleh Rasulullah saw dan para sahabat-nya, dengan berinteraksi secara langsung kita akan temui jutaan manusia yang memiliki beragam karakter yang berbeda satu dengan lainnya ,berbeda suku, latar belakang, dan pendidikan, hidup berbaur satu sama lain. dan disitulah kenikmatannya. Secara tidak sadar kita akan dilatih tentang makna sabar dalam artian yang sebenarnya, ketika berhadapan dengan orang-orang yang bukan hanya tidak suka tetapi juga menentang secara nyata. Disinilah pratek tentang kesabaran tersebut berlaku , bukan hanya sekedar dibaca dan dihafal melainkan diterapkan dalam kehidupan nyata, karena kesabaran merupakan salah satu ciri mendasar orang yang bertaqwa kepada Allah swt. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa kesabaran merupakan setengahnya keimanan.


Tapi bukannya orang-orang yang suka khuruj bodoh-bodoh???, ehmm…, usaha dakwah ini begitu terbuka bagi siapa saja tanpa membedakan madzab, latar belakang dsb. Siapa saja bisa bergabung disini, dari orang terhormat sampai pembunuh, disini orang bebas masuk sebagai mana orang tersebut bebas keluar, tidak ada keanggotaan, tidak ada atasan dan bawahan, kadang kala kita lihat seseorang memberikan bayan ( penerangan , ceramah ) dikali yang lain kita lihat orang tersebut duduk mendengarkan taklim dan seterusnya, setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk perkara tersebut.


Sampai detik ini saya tidak mengerti deskrispsi bodoh yang orang-orang umum sebut, setahu saya orang berilmu adalah orang yang tahu apa perintah yang Allah swt inginkan terhadap dirinya dalam setiap saat dan keadaan , bukan orang yang hafal ratusan bahkan ribuan hadist, banyak mengoleksi kitab-kitab di lacinya , atau fasih berbicara dalam bahasa arab. Sebagai contoh untuk mengukur sejauh mana orang itu pintar atau tidak maka kita bisa melihat ketika adzan berkumandang, orang yang disebut pintar adalah orang yang menyambut seruan adzan untuk menunaikan sholat berjamaah di masjid, bergitu juga dengan ibadah-ibadah yang lainnya, bukan hanya sekedar membidah-bidahkan. Kalau memang dalam jamaah khuruj ini banyak ditemui orang-orang yang masih awam dalam beragama bukan berarti kita bebas untuk menghina terlebih lagi mengkafirkan melainkan kita bahu membahu bekerja sama kearah perbaikan, karena bisa jadi ketidak tahuan mereka sebagai cerminan kehidupan beragama masyarakat kita pada umumnya.


Singkatnya banyak yang akan kita dapati apabila kita meluangkan waktu kita dalam rangka memperbaiki diri, dan akan terus meningkat sejauh mana perngorbanan yang kita buat. Mari buat keputusan utnuk selalu menjadikan dakwah sebagai maksud hidup, karena dengan dakwah Allah swt akan memperbaiki amal-amal kita dan tidak hanya sampai di situ, melaikan Allah swt juga akan menghapus dosa-dosa kita. Mari yang belum menunaikan nisabnya bulan ini kita tunaikan, begitu juga dengan nisab tahunan. Dan pada akhirnya semoga Allah swt kekalkan kita dalam usaha dakwah ini , amiennnnnnnnnn.

Subhanallahi wabihamdika ashaduala ilaha ila anta astagfiruka waatubuhu ilaik’. Wabilahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu…

Iklan

11 Responses to Nisab 3 Hari

  1. Abror berkata:

    yg bener tulisannya muntakhob

  2. atikah berkata:

    Insya Allah niat bayar nisab masturoh 15 H nih …Mohon bantuan doanya moga dimudahkan…keluar dimana saja dengan siapa saja…Amin

  3. Martik berkata:

    Syeh… sama2 kita berdoa supaya di istiqomahkan dalam usaha dakwah yang mulia ini. Semoga Alloh senantiasa merahmati para masyaikh kita sebagai pendahulu usaha dakwah ini,, Amin

  4. Abu Adullah berkata:

    Salam.
    Ada teman mau kerja di pabrik kertas di riau (dulu namanya Riau Pulp). Ada kontak person di sana kah?
    Jazakallahu khair.

  5. babbel berkata:

    @abu markaz riau di masjid al fatah kota,pengin istiqomah dlm dakwah gmn sih caranya,thx

  6. umu syifa berkata:

    semoga alllah istiqomahkan kit dalam da’wah…meski jlan da’wah sulit dan berliku tapi kit apatut bersyukur karena allah pilih kita dalam usaha pilihan ini…penegen masturoh 15 hr ni…

  7. abushahmi berkata:

    doa kan kami marhalah dari malaysia utk khuruj di penempatan tuan utk kita bersilaturahim sesama saudara seislam..

  8. ryhant berkata:

    ya ALLAH sebarkan hidayah seluruh alam..

  9. Zubair Ardianto berkata:

    Syeh,doakan ana biar bs nishob 4bulan thun ni

  10. dedy berkata:

    Insya Allah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: