Pentingnya Selalu Berhusnudzon

                    Prasangka baik merupakan hal terpenting untuk menarik hidayah Allah, mungkin kalau bukan sangka baik Rasulullah saw bahwa keturunan penduduk thaif akan menerima Allah Swt sebagai Tuhan mereka pastinya penduduk Thaif sudah Allah swt hancurkan dalam keadaan kafir ( ‘Jangan… jangan! Bahkan aku berharap Allah akan mengeluarkan dari tulang sulbi mereka keturunan yang akan menyembah Allah semata, tidak disekutukanNya dengan apa pun… !’, ), sangka baik beberapa sahabat Nabi pulalah yang menghantarkan Ikrimah bin Abu Jahl mendapatkan hidayah-Nya.

        Saya mempunyai cerita mengenai pentingya berprasangka baik terhadap orang lain, diawal tahun 2000 Jamaah Jalan kaki masuk ke halaqoh kami bertepatan dengan 10 hari terakhir ramadhan, dan alhamdulillah Allah swt memberi kemudahan kepada saya untuk nusrah jamaah tersebut walau hanya 3 hari, dari situ saya baru mengetahui betapa mujahadahnya jamaah jalan kaki ditambah saat itu bulan ramadhan maka makin terasa arti sebuah kepasrahan kepada-Nya.

       Cobaan muncul ketika akan pindah kesalah satu masjid, awalnya ketika dikhususi salah satu pengurus masjid mau menerima kedatangan jamaah , tetapi ketika jumat pagi selepas musyawarah rombongan bergerak dan tiba di masjid tersebut kami mendapat laporan bahwa salah satu pengurus tidak menginginkan keberadaan kami bahkan saat kami minta tenggang waktu sampai habis sholat jumat sambil kami mencari masjid baru sang pengurus masjid tetap bersikukuh bahwa kami harus meninggalkan masjid tersebut segera.

          Sangat manusiawi rasanya ketika ada perasaan marah , benci , kesal dan sebagainya dihati kami karena sebelumnya kami sudah meminta ijin baik-baik dan diperbolehkan tetapi kenyataanya ditolak bahkan harus meninggalkan masjid tersebut segera. Amir jamaah lantas mengumpulkan kami untuk bermusyawarah dan mencari masjid baru secepatnya karena hari ini hari jumat, akhirnya diputuskan kami beritikaf di musholah yang jaraknya lumayan jauh dari tempat itu karena hanya tempat itu yang bisa menerima jamaah setiap waktu tanpa harus ijin terlebih dahulu.

       Sebelum kami pergi dari masjid tersebut amir jamaah mentargib kami dengan kisah perjuangan Nabi saw di Thaif betapa Nabi saw begitu berjiwa besar untuk memberi maaf orang-orang yang berbuat buruk terhadap dirinya bahkan bukan makian dan sumpah serapah yang keluar melainkan prasangka baik dan doa hidayah berharap kelak dari anak keturunan penduduk Thaif beriman kepada Allah swt. Begitupun dengan kami, sebelum kami meninggalkan tempat tersebut amir jamaah memimpin doa agar Allah swt berikan hidayah untuk diri kami dan penduduk masjid ini.

         Dan ajib beberapa tahun berselang tepatnya seminggu lalu masjid tersebut sudah dapat menerima jamaah bahkan lahir pekerja dakwah yang ahli korban dari muhalah tersebut. Memang tidak ada yang akan pernah tahu apa sebenarnya rencana Allah swt untuk hamba-Nya, tapi yang pastinya apapun yang terjadi itu yang terbaik untuk hamba-Nya, Oleh karenanya sangat penting untuk membiasakan diri selalu berpikiran positif, terbuka, serta selalu berprasangka baik pada diri dan orang lain.

Iklan

6 Responses to Pentingnya Selalu Berhusnudzon

  1. Sa'ad berkata:

    jamaah 4 bln JK kok masih pakai khususi..? bukannya jamaah jalan kaki adalah jamaah terobos? begitu yg ane pernah dengar mudzakarahnya..

    • Landy berkata:

      Terkadang ada beberapa tempat yang bisa langsung masuk dan ada pula yang tidak bisa oleh karenanya ada baiknya satu hari sebelum pindah / datang ke masjid itu ada beberapa orang yang diutus untuk silaturahmi ( khususi) kepada pengurus masjid tempatan agar tidak terjadi kesalahpahaman karena setiap tempat pastinya memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dan hal tersebut yang harus disikapi dengan sangat bijak oleh para pekerja dakwah itu sendiri.

      • Saad berkata:

        kalo memang jelas2 nyata tuh masjid tidak cash, ya tidak usah dikhususi lagi.. langsung terobos aja namun tetap tawajuh pada Allah Swt dgn amalan.. namun jika diusir, tetap bertahan dgn bersedia tidur diluar masjid atau menyewa rumah kosong milik warga selama 2 hr..
        jika tetap tak diperbolehkan, baru cari masjid berikutnya..
        sia2 mengkhususi masjid yg tidak cash.. lebih baik langsung terobos saja.. karena jamaah 4 bln jk memang jamaah yg dipersiapkan utk menerobos masjid2 di daerah yg tidak cash..
        begitu mudzakarah yg pernah ane dengar dari pak haji maimun waktu di markaz Bon Jer..
        Allahul musta’an..

  2. martik berkata:

    weh bar… ternyata masih ada toh blog ini… gw fikir udah kagak ada…

  3. Sholehudin Ahbab berkata:

    Betul sekali saudaraku. Kita musti tetap khusnudzon kepada saudara kita siapa saja untuk dipilih dalam usaha ini.

  4. nur berkata:

    sekilaz info dakwah,.
    Rodja 756 am : radio dakwah ahlussunnah waljamaah.
    yufid.com : mesin pencari ilmu islam .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: