Kabar gw baik.. kabar buku loe jg baik. Buku loe tuh masih di rumah Bekasi, sedangkan gw jarang pulang ke Bekasi… ntar kalo gw balik, gw balikin buku loe itu. Tenang aja kali, gak akan jadi milik gw… đ
Maafkan daku jika membuatmu sampai berpikir begitu. Tiada maksud daku tuk melupakanmu. Tidakkah engkau bertanya ada apa dengan diriku beberapa hari ini? đ
Senin= Demam, panas, pilek, ga masuk kerja, berobat, bawa hasan berobat juga, bawa uminya hasan beorbat juga dan pagi ini kembali bawa uminya hasan berobat… đ
Itu saja kenapa daku tak muncul2…tiada maksud yg lain.. I Love U brother karena Allah semata đ
Landy, saya masih nyimpen 284 postinganmu di google readerku. apa sampeyan masih perlu? kalau masih perlu mungkin masih bisa diselamatkan dengan cara copy paste dari google reader saya.
Mauuuuuuuuuu banget masssssssssss, tolong kirim ke email aku di landy_akbar@yahoo.com
Hmmm … Ada orang nggak ya *celingak celinguk*. Tok … tok … tok … Ada orang nggak sih. Udah 3 kali niy ngetoknya. Besok lagi aja dah disamperin. Siiip !!!
Assalamuâalaikum….
Terimaksih telah mengunjungi weblog Q, smoga dapat bermanfaat.
Jika punya kata mutiara, hikmah, dan artikel silahkan tulis di kolom dll, agar dapat dinikmati bersama.
Betapa indahnya Islam jika saling berbagi Ilmu dan saling bersilahturahim…
Beberapa kali berceloteh, kenapa aku lupa mengisi halaman ini ya? tanya kenapa? aku sapa dulu ah…
Assalamu’alaikum ikhwan fillah, semoga persahabatan ini tercipta karena Allah semata. Berjuang untuk keredhoan-Nya jua. Gitu aja dulu….
wassalamu’alaikum wr wbr
Salam Silaturrahmi Saudara Seiman sebangsa dan Setanah Air… sekalian nal-knalan.
Waah terimakasih banyak banyak neehh sudah meluangkan waktu ntuk nambah pencerahan di GuBuG sumpegkoe…
Alhamdulillah Doa dan harapannya semoga dikabulkan oleh Allah SWT.. AMIN…
â Ya Allah dzat yang membolak-balikan hati , tetapkanlah hati kami di atas agama-Mu, Ya Allah tampakanlah pada kami kebenaran sebagai kebenaran, dan anugerahkanlah pada kami untuk mengikutinya, serta tampakkan pada kami kebatilan itu sebagai kebatilan dan anugerahkan pada kami untuk menjauhinya. Ya Allah teguhkanlah kami sebagaimana kau teguhkan Musa as, ya Allah tolonglah kami sebagaimana Rasulullah dan para Sahabatnya kau tolong, Ya Allah berilah hidayah pada kami, keluarga kami, anak keturunan kami dan kepada seluruh Ummat Nabi Muhammad saw. Jadikanlah dakwah sebagai maksud hidup kami, dan matikanlah kami dalam dakwah, Ya Allah, lapangkanlah dada kami untuk menerima Islam, â amienâŚamienâŚamien.â
Assalamu’alaikum
Saudaraku, telah terangkai ribuan bahkan jutaan kata dari lentik jemari ini. Ana nggak tahu, apakah antum berkenan atau sebaliknya. Kalaulah ada kata yang salah, ana mohon untuk dimaafkan. Salam ana untuk keluarga antum.
Wassalamu’alaikum
Kemarin siang teman saya yang mengirimkan beberapa file gambar untuk dijadikan Animasi dengan format swf/gif dengan ukuran 503 x 142 pixel. Saya sudah menggunakan Adobe Image Ready untuk membuat Animasi tersebut.
Kepada rekan-rekan yang mempunyai ide yang lebih baik, silakan memberitahukan kepada saya agar pekerjaan ini dapat selesai dengan cepat dan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Terima kasih atas usul dan saran-sarannya.
Bang.. saya sedang dalam proyek bikin eBOOK untuk menjelaskan tentang bahaya & haramnya FREESEX.. tolong bantu ya.. klo mo ikutan nulis juga boleh.. kirim lewat email aja.. thanx 4 ur attention..
Mari kita jadikan, media blog, sebagai media untuk berkomunikasi sesama penduduk alam jagad maya, dan juga sebagai wahana untuk saling bersilaturahim; baik intelektual, spiritual maupun emosional.
Tentu, media blog ini, tidak sekedar ruang untuk hanya bertegur sapa sebatas âsay halloâ. Tapi mari jadikan sebagai ruang dialog pemikiran, diskusi pengalaman dan berbagi perasaan..
SaudarakuâŚ.
Mungkin anda seorang muslim yang berbeda aliran dan madzhab denganku (dan hakikatnyaâaku tidak mengikatkan diri pada satu madzhab dan aliran apapun). Percayalah, aku tidak akan menyesatkan apalagi mengkafirkan anda tanpa atau dengan dasar apapun. Aku hanya meyakini, bahwa anda hanyalah saudaraku yang berbeda dalam pendapat dan pemahaman. Perbedaan ini hanyalah didasarkan karena perbedaan bahan bacaan dan rujukan serta pengalaman keagamaan. Perbedaan itu bukan untuk dipertentangkan, tapi mari kita diskusikan dan bicarakan; diberanda rumah ini atau mungkin di warung kopi alam non-maya.
Mungkin diantara anda (yang masuk kedalam rumahku iniâdengan sengaja atau tidak), ada yang berbeda agama dan keyakinan denganku. Tapi apapun agama anda, anda tetap saudaraku. Memang kita beda dalam keyakinan, tapi kita tetap sama dalam penciptaan, sebagai sesama ummat manusia.
Aku, juga mengundang semua untuk berkunjung kerumahku:
hoo..kupikir author itu ada rincian mengenai yang punya blog tapi ternyata ko isinya komen semua?
mampir ke blog saya ya kak Landy (is it ur name?)
salam kenal ^__^~
Assalamu’alaikum Kak Landy… gimana kabarnya? wah akhirnya detik-detik menuju gerbang kemandirian (pernikahan) semakin dekat nich, jangan lupa undangannya ya…
Ayo Semangat KAMU PASTI BISA!!!
Wah…. Si Abang dapet ide2 dari mana utk semua artikelnya….
bahasanya oce juga… nyontek di mana tcuu… hehehehe…
sory… isinya bagus banget kok… Menyentil hati….
salam kenal saja
kalau ada waktu silakan mampir ke blog yang baru seumur jagung. biar mudah saya buat linknya… karena saya ingin belajar, jadi mohon komentarnya u/ tulisan atau cara ngeblognya…
Seiring terbenam mentari diakhir Ramadhan, tibalah kini hari kemenangan, pesan ini sebagai ganti jabat tangan untuk mohonkan maaf & kekhilafan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin.
Siapapun dirimu…mungkin aku tak tahu
Kukenal engkau lewat tulisan dan seni
Dari sini aku mencari tahu pengetahuan dan ilmu
Dan kuulurkan tali persatabatan sejati
salam hangat persabatan buatmu danbuat semua yang berkunjung disini! đ
AlhamduliLLah mas Landy, ane sehat-sehat saja… baru tangguh senin kemarin, ane kagak jadi ke Kalsel… hasil musyawarah syuro jadinya ke Kuningan Jabar… besok insyaaLLah nishob 3 hari di masjid jl. Gede (SMA 2 Depok)… mohon doanye…
aslm…..bgaimana kabarnya ? sakam kenal….doakan saya agar istiqomah…alhmdllah saya bisa ketemu antum walau hanya lewat blog…senang sekali bisa baca2 artikel di blog antum…
materi blognya sep neh…
bisa nambah pengetahuan tentang agama…
khususnya tentang dakwah n tablig…
klo ada kesempatan berkunjung ke http://imanamalsoleh.wordpress.com/
Satu persatu komentarku di halaman ini kubaca kembali. Betapa hangatnya persaudaraan itu terjalin dahulu. dan kembalinya aku ke halaman ini karena ingin mengulang kehangatan yang pernah terjadi itu, kehangatan ukhuwwah, meski sibuk selalu saja ada, namun bagiku ini bukanlah “Dunia Maya” sebagaimana banyak orang berkata.
Salam rindu, Landy. Salam silaturrahim. Salam ukhuwwah. Semoga semua hajat-hajat baikmu dikabulkan Allah SWT. Maafkan diriku lahir batin atas segala khilaf dan alpa.
Sudah mulai berkarya lagi ya?. Tapi sependek penglihatan saya tampaknya ada yang berubah dari gaya penulisan.
Kalau dulu agama / usaha agama menjadi latar belakang dari cerita tentang anak manusia, sekarang kok jadi seperti Bayan, targhib dan Tasykil. Sehingga akhirnya hanya orang-orang tertentu saja yang menanggapi. Hitam Putih, Pro-Kontra, Pujian Celaan.
Kalau bercerita ttg anak manusia maka siapapun bisa menarik ibroh dari cerita itu. Sedangkan jika mereka mencela maka akan tampak sekali siapa “mereka”. Bagi mereka tidak ada kebaikan kecuali yang bergabung dalam Hizb-nya.
Apakah bisa komen untuk “Mantan JT” dan “Jt durhaka dan menelantarkan keluarga” di Stop. Atau dimoderasi.
Lihatlah akibat yg ditimbulkan, berbagai usaha yg dilakukan oleh para masyeikh di India untuk menyatukan umat islam hancur lebur melalui komentar yang ada. Perbedaan akidah Atsari dan Ashari yang bukanlah urusan orang awam menjadi ajang caci maki. Apalagi perbedaan fikih.
4 hal yg harus dihindari ketika keluar, disini malah menjadi sarana perdebatan.
Apakah kita harus taklid dalam hal akidah, tentu tidak. Tapi bukan disini tempatnya. Silahkan bawa atas nama pribadi ataupun lembaga masing2, tapi yg pasti bukan di JT hal itu diperbincangkan.
Jangan sampai amal kita hangus karena komentar yg muncul. Cukup sudah kerusakan yg timbul akibat dari 2 tulisan tsb.
More Sharing ServicesShare | Share on facebook Share on twitter Share on email Share on print
Sejarah dan Interpretasi Aliran yang Menyimpang dalam Islam
Kamis, 02 Februari 2012
SEBUAH hadits menyatakan bahwa umat Islam tidak akan pernah
tersesat selama ia berpegang teguh kepada Kitabullah dan Sunnah Nabi.1
Terdapat hadits yang menyatakan bahwa umat Islam akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, hanya satu golongan yang selamat 2. Hadits ini masih diperselisihkan tentang kesahihannya, jadi bersifat zhanni
(nisbi), bukan qathâi (mutlak) (3).
Sejak dari timbul fitnah (kisruh) di akhir masa pemerintahan Utsman
bin âAffan ra, umat Islam pecah menjadi berbagai firqah (kelompok). Golongan Syiâah sebagai pendukung Ali bin Abi Thalib, golongan Khawarij sebagai penantang Ali dan Muâawiyah serta golongan Jumhur (Sunni). Selain itu timbullah pemalsuan hadits karena berbagai alasan, motif. Antara lain karena alasan politik (siasah), karena anti Islam yang terpendam (zanadaqah), karena fanatik (âashabiyah), karena gemar mendongeng (qushshah), karena perbedaan penapat/pandangan, karena kesalahan pendapat/pandangan (logika yang keliru), karena menjilat penguasa (M Hasbi AshShidieqy : âSejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Bulan Bintang, Djakarta, 1953).
Timbulnya perpecahan, firqah, kelompok, golongan, aliran paham sesat
dalam Islam semata-mta karena tak sepenuhnya berpegang pada al-Quran dan hadits. Bisa karena sudah dicemari oleh paham Yahudi, Nasrani, Majusi, Yunani, Hindu, China, dan lain-lain. Juga pengaruh talbis, dansinkretisme. Paham-paham ini bisa masuk, menyelundup ke dalam Islam melalui kaum Munafik, yaitu kaum kafir (Yahudi, Nasrani, Majusi) yang tampil sebagai orang Islam.
Namun sebagian bisa pula dipungut secara aktif oleh orang Islam sendiri dari filsafat Yunani, Hindu, China, dan lain.lain.
Perpecahan, perbedaan paham bisa direduksi diminimalisir dengan
membuang seluruh paham yang telah mencemari ajaran Quran dan Hadits.
Di dalam politik, pemerintahan, kenegaraan, kepemimpinan, yang
mula-mula muncul adalah paham Khawarij, kemudian muncul paham Syiâah.
Khawarij lebih dulu memberontak kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib,
kemudian baru berusaha mencari alasan begi pembenaran pemberontakannya.
Sedangkan Syiâah, pahamnya yang lebih dulu terbentuk, kemudian baru
mulai mengadakan pemberontakan 4. Jadi Khawarij, lebih dulu melancarkan aksi pemberontakannya, kemudian baru menyusun teori bagi pembenaran aksinya.
Perbedaan kepercayaan
Di dalam akidah, kepercayaan muncul dengan lahirnya paham Qadariah, Jabariah, Asyâariah, Maturidiah, dan lain-lain. Masing-masingnya menyusun teorinya berdasar pemahaman, interpretasinya pada Qur:an dan Hadits 5.
Di dalam ibadah, fikih muncul paham Hanafiah, Malikiah, Syafiâiah, Hanabilah, Zhahiriah, dan lain-lain. Masing-masing juga menyusun teori, paham, mazdhab dan metodenya berdasar interpretasinya pada Qurâan dan Hadits.
Di dalam tasawuf juga muncul berbagai macam paham, seperti Naqsyqabandiah, Qadiriah, Samaniah, Syatariah, Tijaniah yang menurut Mohammad Natsir lebih bertolak pada rasa dan intuisi katimbang interpretasi, pemahaman akan Kitabullah dan Sunnah Rasul (6). Interpretasinya lebih cenderung pada signal, isyarat.
Ibnu Khaldun dalam âMuqaddamahâ-nya menyebutkan bahwa ketika orang-orang sudah mulai cenderung dan terlena dengan urusan duniawi pada abd ke dua hijrah dan sesudahnya, maka muncullah sebagian orang yang khusus beribadah saja yang dikenal dengan nama sufi (Abdul Qadir Isa : âHakekat Tasawwufâ, Qisthi Press, Jakarta, 2005, hal 10).
Haji Khalifah dalam âKasyf azh-Zhannunâ menyebutkan bahwa orang yang
pertama kali dikenal dengan sufi adalah Abu hasyim ash-Shufi (w150)
(Idem, hal 11).
Doktor Kamil Musthafa dalam kitabnya âAsh-Shilah baina at-Tashawuf wat Tasyriâ (Kaitan anytara Tasawul dan Aliran Syiâah) bahwa orang yang pertama dijuluki dengan sebutah shufi di dalam Islam adalah Jabin bin Hayyan (ahli filsafat dan kimia), Abu Hasyim al Kufi (pembangun padepokan shufiyah di Ramlah) dan Abduk as-Shufi (campuran syiâah dan shufiyah).
Dalam khazanah sufi terdapat terminolgi; Hulul, Ittihad, Wihdatul Wujud. Hulul adalah paham yang beriâtiqad, meyakini bahwa Allah, berada, bersemayam di setiap bagian bumi, di lautan, di pegununga, di bukit, di pepohonan, pada manusai, pada hwan. Ittihad adalah paaham yang beriâtiqad, meyakini bahwa Khaliq (Allah) bersatu (manunggal) dengan makhluq (manusia). Sihdatul Wujud adalah paham yangberiâtiqad bahwa wujud (ada) hanyalah satu, tidak berbilang. Tak ada yang wujud (ada) kecuali Allah swt. Sedangkan yang maujud (yang diadakan) boleh
berbilang.Adanya (maujud) alam adalah karena adanya wujud (ada) yang
wajib berdiri sendiri. (Dalam âMadarijus Salikinâ Ibnu Qayyim terdapat
pembahasan âWujudâ tanpa âWihdatulâ).
Pimpinan Yayasan Al-Qalam, Pasar Rumput, Jakarta Selatan (M Amin
Djamaluddin, menyebutkan bahwa inti sari ajaran Ibnu Arabi (tokoh
Tasawwuf Falsafi) didasarkan atas teori/paham Wihdatul Wujud yang
menghasilkan teori/paham Wihdatul Adyan (Kesatuan Agama) sebagai hasil dari gabungan teori/paham Al-Ittihad (Manunggal) dan mengadakan
Al-Ittishal (Emanasi, nyambung, tasalsul ath-thuruq?). (âSiapa Ibnu
Arabi? Tanggapan atas pernyataan Dr Nurcholish Madjidâ).
âAbdul Qadir Isa dalam bukunya âHakekat Tasawufâ menyatakan bahwa
sebutan/predikat Hulul dan Ittihad itu adalah tuduhan bohong yang
dilontarkan oleh orang-orang yang menentang kaum sufi bahwa kaum susfi
meyakini Hulul dan Ittihad. Kaum sufi bebas dari tuduhan bohong itu.
Tidak mungkin kaum sufi yang mengamalkan islam, iman dan ihsan akan
terjerumus pada paham sesat tersebut.
SA al-Hamdany memandang, bahwa Tasawuf itu adalah merupakan campuran dari ajaran-ajaran Brahma, Budha, falsafah Yunani, kepadrian kaum Nasrani dan ajaran baru Plato. Karenanya Tashawuf bukanlah dari Islam dan Islam sendiri suci/bersih daripadanyaâ (âSanggahan terhadap Tashawuf & Ahli Sufiâ, Al-Maâarif, Bandung, 1986, hal 15, 33) (Aqidah/keimanan, Ibadah/keislaman, Akhlaq/keihsanan Sufi menyimpang dari Aqidah/keimanan, Ibadah/keislaman, Akhlaq/keihsanan Islam ?).
Hulul, Itihad dan Wihdatul Wujud tidak terdapat dalam Islam (idem, hal 17). Abdul Qadir Isa dalam bukunya âHakekat Tasawufâ mengemukkan bahwa dari data historis dapat disimpulkan bahwa tasawuf bukanlah sesuatu yang baru dalam Islam. Dasar dari ajran tasawuf diserap dari sejarah dan peri kehidupan Rasulullah dan para shahabatnya. Mengacu pada hadits yang menjelaskan Rukun Iman, Rukun Islam dan Rukun Ihsan.
Abul Aâla al-Maududi menyebutkan bahwa ia adalah penantang tasawwuf yang selalu digembar-gemborkan oleh mereka yang hatinya berselubung tasawwuf yang menampakkan salah satu cermin/maqam âihsanâ, Pemakaian simbol/lambang tasawuf dan istilah/terminology, pemilihan ungkapan bahsa dan uslubnya serta penetapan metoda/kaifiat thariqat sufi perlu untuk dihindari (âSejarah Pembaruan dan Pembangunan Kembali Alam Pikiran Agamaâ, Bina Ilmu, Surabaya, 1984, hal 111).
Madzhab shufiyah dan madzhaf syiâah dipandang sebagai saudara sepupu yang berasal/muncul dari sumber yang sama dan yang saling berdekatan dan memiliki tujuan yang mirip sama. Dua kelompok ini bersekutu, mirip dalam akidah secara umum dan juga mirip dalam syariâat yang diterapkan.
Syahrastani (479-584H) mengarang âAl Milal wan Nihalâ yang menerangkan berbagai paham agama dan aliran-aliran kepercayaan samapai masa hidupnya 7. Syahrastani menyebut empat golonga besar, yaitu Qadariah, Shifatiah, Khawarij dan Syiâah 8.
Berdasar dalal zhanni, bukan dalil qathâI, Ibnul Jauzi (wafat 597H) melihat ada enam golongan pokok yang masing-masing terpecah menjadi dua belas golongan, sehingga seluruhnya berjumlah tujuh puluh dua golongan. Keenam golongan pokok itu ialah: Haruriah, Qadariah, Jahmiah, Murjiah, Rafidhah, Jabariah 9.
Muhammad Ahmad Abu Zahrah dalam bukunya âAl-Madzahib al- Islamiyahâ (Madzhab-madzhab dalam Islam) membicarakan aliran-aliran politik dan aliran-aliran kepercayaan dalam Islam, antara lain : Syiâah, Khawarij, Murjiah, Muâtazilah, Asyâariyah, maturidiyah, Salafiyah, Bahaiyah, Qadianiyah.
Dalam Sahih Bukhari pada âKitab al Fitanâ terdapat hadits-hadits tentang tanda-tanda hari kiamat 10 dan sifat-sifat dajjal 11.
Dalam Sahih Bukhari pada âKitab al Imanâ terdapat hadits tentang testing, pengujian untuk membedakan antara Nabi dan yang bukan, menurut versi Heraklius (Herkules?).
MUI Pusat merinci sepuluh kriteria untuk membedakan paham aliran
yang sesat dan yang bukan sesat 12.
Aliran sesat dan klaim Rujukan
Di Indonesia kini marak muncul paham aliran baru. Masing-masing menyusun teori berdasar interpretasinya terhadap Qur:an untuk pembenaran pahamnya.
HM Amin Djamaluddin, Hartono Ahmad Jaiz dengan LPPI nya (Lembaga Penelitian dan Pengkajian Islam) aktif menyoroti, mengkaji, menggugat paham aliran sesat.
Ahmadiyah, al Qadiyah menggunakan hadits tentang turunnya Nabi Isa, turunnya Imam Mahdi, dan ayat Qur:an tentang naaiknya Nabi Isa (QS 3:55) menurut interpretasinya dalam menyusun teorinya, bahwa kedatangan al Masuh al Mauâud itu sudah disebutkan dalam Kitab Suci terdahulu, dan dialah alMasih alMauâud itu (al masih ad Dajjal).
Syiâah menggunakan hadits tentaang turunnya Imam Mahdi, serta mengarang-ngarang tentang kesuperan Ali bin Abi Thalib dalam mengembangkan teori imamahnya. Inkarus Sunnah, al Qurâan Suci menggunakan interpretasinya terhadap
Qurâan dalam menyusun teori, pahamnya.
Islam Jamaâah juga menggunakan interpretasinya terhadap Qur:an dan
Hadits dalam menyusun teori, paham manqul nya.
Mahaesa Kurung al Mukarramah juga menggunakan interpretasinya terhadap Qurâ an dan Hadits dalam menyusun, mendukung teori, paham spiritualnya. Ia punya website, situs sendiri.
Wahidiah juga menyusun teori, paham spiritualnya menggunakan interpretasinya terhadap Qur:an dan Hadits. Menurut teorinya, olah batin (spiritual) itu mengacu dan mengikuti ungkapan, slogan, semboyan âLillah-Billah, LirRasul-BirRasul, LilGhauts-BilGhautsâ. (Tunduk, patuh, setia pada alGhauts, karena ia punya wewenang memberikan syafaâat) (13). Wahidiah juga punya situs sendiri.
Berpegang Islam
Khalifah Abubakar Siddiq ra pernah memperingatkan umat Islam bahwa suatu masa nanti umat Islam akan berada di persimpangan jalan (maghraqi mahajjah), dibawah penguasa kejam (tiran), umat terpecah-belah, darah mudah tertumpah. Pada masa itu umat Islam hatruslah kembali menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas jamaâah, kembali menjadikan Quran sebagai sumper petunjuk, melakukan
konsolidasi (Simak M Natsir : âFiqud dakwahâ, amadhani, Semarang, 1984, hal 88-89; Risalah Daâwah AL-MUNAWWARAH, Tanah Abang, Djakarta,
Rasulullah memperingatkan bahwa suatu masa nanti umat Islam akan mengalami situasi dimana umat Islam tidak diperintah sesuai dengan sunnah Rasulullah. Pada masa itu umat Islam haruslah kembali berada dalam jamaâah kaum Muslimin beserta pimpinannya. Jika tak ada ada jamaâah kaum Muslimin beserta pimpinannya, maka bersabarlah.
“Lakukanlah dan tunaikanlah kewajiban dan mohonlah hak yang menjadi bagian kepada Allah.” (Simak HR Bukhari, Muslim dalam âAl-Lukluk wal-Marjanâ, pasal âAnjuran Supaya Tetap Dalam Jamaâah Kaum Muslimin.â */Asrir Sutanmaradjo. Penulis adalah peminat masalah agama, tinggal di Bekasi.
Sumber rujukan
1.âMuwaththaââ Imam Malik.
2.âManhaj alFirqah an Najiahâ oleh Muhammad bin Jamil Zinu.
3.PANJI MASYARAKAT, No.498, 21 Maret 1986, âTentang sabda Nabi saw : âUmatku akan pecah 73 golongan,â oleh Muhammad Baqir.
4.âSejarah dan Kebudayaan Islamâ oleh Prof Dr A Syalabi, jilid II, 1982:308.
5.âPedoman Pokok dalam Kehidupan Keagamaan Berdasarkan Ahlus Sunnah wal Jamaâahâ oleh KH Tb M Amin Abdullah alBantani, 1984.
6.âSanggahan terhadap Tasauf dan Ahli Sufiâ oleh SA alHamdany, 1982.
7. âUlama SyafiâIâ oleh KH Sirajuddin Abbas, 1975:157-162.
8.âAlMilal wan Nihalâ oleh Syahrastani.
9.âGodaan Sytanâ oleh Md Ali alHamidy, 1984:128-136.
10.âJalan Menuju Imanâ oleh Abdul Madjid azZaidan.
11.âTafsir alAzharâ oleh Prof Dr Hamka, juzuk IX, 1982:191-197, re
ayat QS 7:187.
12.RAKYAT MERDEKA, Rabu, 7 November, 2007.
13.âPedoman Pembinaan Wanita Wahidiyahâ oleh Penyiaran Shalawat
Wahidiyah Kedunglo, Kediri, Jatim.
14.âSanggahan terhadap Tasaufâ, 1982:20-23.
Assalamu’alaikum Lan,
Saya rombak sedikit tuh. Moga berkenan ya. Kalo keberatan, bilang ke saya ya đ
Wassalam
Sip, keren….
Hhmm..migrasi ke wordpress ya! (bukan karena yg Blogspot “hilang” kan? đ )
Lan, blognya nggak ada masalah kok. dan themenya sudah bagus yg ini. jadi sepertinya nggak perlu diganti lagi. sudah adem kok tampilannya đ
Om, keknya gw masih simpan beberapa tulisan loe deh… bentar gw cek, kalo ada nanti gw kirim email satu2 yaaa… gimana???
waaaah…..sekarang kalo berkunjung cuma di teras yaaaaa……
semoga betah di wp mas…
bisa kok komen di blog gue…gak susah…beneran…hehehehe….
Assalamu’alaikum landy…. đ
Assalamu’alaikum lan…
Gimana kabar batin hari ini? Smoga sehat selalu ya đ
LAM KNAL
ini mas landy yang pinda ke sini?
yang di blogspot kemarin2 sempat gak bisa saya buka mas!!
salam kenal ya sukses dan bahagia slalu
Wa ha ha….
Salam kenal…
Terima kasih sudah berkunjung ke blogku
Wa’alaikumussalam landy,
Alhamdulillah, diriku dan keluarga sehat selalu tiada kurang suatu apa.Smoga dirimu juga demikian đ
salam kenal,
*kunjungan balasan, hehehe
Salam kenal… đ
Kabar gw baik.. kabar buku loe jg baik. Buku loe tuh masih di rumah Bekasi, sedangkan gw jarang pulang ke Bekasi… ntar kalo gw balik, gw balikin buku loe itu. Tenang aja kali, gak akan jadi milik gw… đ
-gwlagimales-
thk udah berkungjung ke blog satya. terus berkarya oke.. postingnya juga menarik untuk di baca đ
hhmmm..keep on writing! đ
Hmmmm, jd skarang ‘minggat’ ke sini, Om..?
Loe males tapi masih juga BW kemana2….
Assalamualaikum Wr Wb
Senang sekali bisa ikut menulis di sini, salam kenal. Semoga kita dapat saling mengajak dan mengingatkan dalam hal kebaikan.
Wassalam Tauhid Arif
Assalamu’alaikum Landy,
Maafkan daku jika membuatmu sampai berpikir begitu. Tiada maksud daku tuk melupakanmu. Tidakkah engkau bertanya ada apa dengan diriku beberapa hari ini? đ
Senin= Demam, panas, pilek, ga masuk kerja, berobat, bawa hasan berobat juga, bawa uminya hasan beorbat juga dan pagi ini kembali bawa uminya hasan berobat… đ
Itu saja kenapa daku tak muncul2…tiada maksud yg lain.. I Love U brother karena Allah semata đ
Salam kenal dari Bandung…semoga bisa saling berbagi…thanks
Salam kenal
maaf kesasar đ salam kenal neh dari malang đ
pmisi.. mampir doank.. đ
Salam, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Ehhhmmm … đ
numpanglewat..
Assalamu’alaikum Wr Wb,
Trims sudah mampir đ
halo…..kabarnya baik nih……sudah mulai kurang hujannya…..
Terima kasih, dah nyasar ke blog saya. Semoga Landy juga menjadi yang Profesional. đ
Salam kenal…..i’m junping to your nice blog..
Landy, saya masih nyimpen 284 postinganmu di google readerku. apa sampeyan masih perlu? kalau masih perlu mungkin masih bisa diselamatkan dengan cara copy paste dari google reader saya.
Salam kenal… đ
đ
keknya aku gak perlu salam kenal di sini deh..wakakakakakak….
Wa’alaikumussalam Lan,
Nggak apa-apa. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Terima kasih atas do’a landy juga teman2.
Semoga Allah balas dengan balasan terbaik di sisi-Nya..amin đ
assalamualaykum, salam kenal.. đ
assalamu alaikum
udah sering maen kesini tapi blum nyorat-nyoret disini…
Assalamu’alaikum Landy,
Bagaimana kabarmu pagi ini? Adakah ia yg berada di dadamu dala keadaan sehat? đ
Salam kenal dari Yogya đ
Halo, salam kenal… makasih dah mo mampir ke “Rumah” saya.
cuma mau berkata, “hmm”
coba deh om landy ke sini…biar tau uamr sakit apa…
sorry, klik tuh nama bunda đ
Assalamualaikum…
Salam kenal
Kunjungan pertama …
Salam Damai …
BLOG nya bagus … semoga bermanfaat buat kita semua yah…
jika berkenan, kunjungi BLOG kami :
http://tanpabendera.wordpress.com/
terima kasih … Salam Perjuangan
assalamu’alaikum….
ada orang gak??? đ
mw nyampein salam kenal nie
Hmmm … Ada orang nggak ya *celingak celinguk*. Tok … tok … tok … Ada orang nggak sih. Udah 3 kali niy ngetoknya. Besok lagi aja dah disamperin. Siiip !!!
Assalamuâalaikum….
Terimaksih telah mengunjungi weblog Q, smoga dapat bermanfaat.
Jika punya kata mutiara, hikmah, dan artikel silahkan tulis di kolom dll, agar dapat dinikmati bersama.
Betapa indahnya Islam jika saling berbagi Ilmu dan saling bersilahturahim…
Salam kenal dari ray Suryo
Wa’alaikumussalam…Alhamdulillah sehat smoga kakak kabarnya juga baik2 aza ya….oya khan kakak mo’ nikah tahun ini, gimana sudah mantap belum? oya gimana skripsinya? smoga lancar, karena aku ingin baca postingan kakak ttg detik2 menghadapi pernikahan & wisuda Kak Landy jangan lupa foto2nya disertakan, pasti seru & menyenangkan, smoga sukses ya….
Trims telah mampir, bolehkah blognya saya link? đ
trims
ini link bagus buat semua yang pengen tahu tentang pakain dalam islam : http://media.isnet.org/islam/Quraish/Wawasan/Pakaian1.html
semoga siapa saja yang membacanya mendapat hikmah
assalammualaikum wr.wb,,
salam kenal,,
Kenalan… đ
Thx udah mampir ke blogku đ
Assalamu Alaikum Ya Akhi
tempatnya sejuuuk ^_^
Assalamu’alaikum
Salam kenal Mas, content is the king.
Wassalam
walaikumsallam.. met libur juga Mas!!!
semoga hari2 nda selalu menyenangkan!!!
sukses selalu untuk kita semua!!
salam kenal…
terima kasih telah berkunjung.
Btw, nyari Id yang punya nih blog dimana yah? đ
Numpang Nyoret…..
lam kenal yagh…
linknya dah ditarik đ
mudah-mudahan coretannya
ga dianggap s*****
*sambil menengadahkan tangan*
halo salam kenal
nyari foto yang punya , nda ketemu ….
lah, kog gada isinya?
đ
numpang mampir… đ
Beberapa kali berceloteh, kenapa aku lupa mengisi halaman ini ya? tanya kenapa? aku sapa dulu ah…
Assalamu’alaikum ikhwan fillah, semoga persahabatan ini tercipta karena Allah semata. Berjuang untuk keredhoan-Nya jua. Gitu aja dulu….
wassalamu’alaikum wr wbr
Salam kenal….. Makasih sudah berkunjung ke Blog aku…. Sukses ya…..
Assalamualaikum wr wb
Salam Silaturrahmi Saudara Seiman sebangsa dan Setanah Air… sekalian nal-knalan.
Waah terimakasih banyak banyak neehh sudah meluangkan waktu ntuk nambah pencerahan di GuBuG sumpegkoe…
Alhamdulillah Doa dan harapannya semoga dikabulkan oleh Allah SWT.. AMIN…
Sukses selalu
Salam Jabat Erat
JB’lOg
Assalamu’alaykum.
Makasih udah berkunjung…
hoho ^^
Subhanallah, do’anya bagus Mas.
Minta ijin, aku Link, ke blogkku yahz….
thx
â Ya Allah dzat yang membolak-balikan hati , tetapkanlah hati kami di atas agama-Mu, Ya Allah tampakanlah pada kami kebenaran sebagai kebenaran, dan anugerahkanlah pada kami untuk mengikutinya, serta tampakkan pada kami kebatilan itu sebagai kebatilan dan anugerahkan pada kami untuk menjauhinya. Ya Allah teguhkanlah kami sebagaimana kau teguhkan Musa as, ya Allah tolonglah kami sebagaimana Rasulullah dan para Sahabatnya kau tolong, Ya Allah berilah hidayah pada kami, keluarga kami, anak keturunan kami dan kepada seluruh Ummat Nabi Muhammad saw. Jadikanlah dakwah sebagai maksud hidup kami, dan matikanlah kami dalam dakwah, Ya Allah, lapangkanlah dada kami untuk menerima Islam, â amienâŚamienâŚamien.â
saya suka kaliamat doa ini….
Salam kenal… wah blognya manies.. so soft n cool.. kayae nyaman disini…
salam
assalamualaikum..
salam kenal dari mojang Bandung…
Assalamu ‘alaykum
Terima kasih telah berkunjung. Semoga bisa terus bersilaturahmi.
Assalaamu alaikum… salam kenal kyai Landy, semoga tetap sehat wal afiat..
Terima kasih sudah mampir ke blog saya… semoga blog saya dapat bermanfaat untuk semua orang. Boleh saya link blognya ?
Listiana Lestari
@.@????…
Authornya kosong…
halo..spada, siapa ada di situ…
Punten…
salam
Numpang mampri mbae…
assalamualaikum…salam kenal, alhamdulillah bisa ninggalin jejak di sini…
assalamualaikum
ustad landy, blog nya izin saya link đ
Ass…
alo om landy…menjajaki blognya ya..*halah apa coba?*
sipp,salam kenal boss..
assalamu’alaykum … afwan mau minta ijin menampilkan postingan “setia” di mading, bolehkah? tentunya akan disertakan alamat blog anta …
waalaykumsalam..terima kasih sudah berkunjung
assalamu’alaikum..
ada yg menggelitik di benak saya kala membuka halaman author ini..
isinya kok cuma komentar ya?! đ
keep silaturrahim!
kunjungan balasan đ
*senyum*
*jabat tangan*
*nawarin rokok*
*seduh segelas kopi*
Salam kenal broâŚ
matur kesuwun… wis
absen!!
dah lama ga ngabsen disini..
hehe đ
wiiii…
salam kenal..
trims uda main ke blogku..
tukeran link yuk.. hhe
Assalamu’alaikum
nimbrung kenalan.
kunjungan pertama, belum sempet baca-baca,
harus mberesin kerjaan, biar gk makan gaji buta.
Wassalamu’alaikum
good pagi..!!
have a nice day lah
Assalamu’alaikum
Lam kenal ya
Assalamu’alaikum…
Wah…Ganti kulit ya? serasa kembali ke blogspot sewaktu melihat headernya đ
Gimana lan, sehatkah dikau? Insya Allah ya..
Lan, I have to meet you soon. with umar and his father. for lunch maybe?
Assalamu’alaikum
Saudaraku, telah terangkai ribuan bahkan jutaan kata dari lentik jemari ini. Ana nggak tahu, apakah antum berkenan atau sebaliknya. Kalaulah ada kata yang salah, ana mohon untuk dimaafkan. Salam ana untuk keluarga antum.
Wassalamu’alaikum
Setelah Membaca tulisan âKenapa Aku nolak Syiâah?â baiknya jika membaca Tanggapan Untuk Tulisan “Kenapa Aku Nolak Syiah”
Kemarin siang teman saya yang mengirimkan beberapa file gambar untuk dijadikan Animasi dengan format swf/gif dengan ukuran 503 x 142 pixel. Saya sudah menggunakan Adobe Image Ready untuk membuat Animasi tersebut.
Kepada rekan-rekan yang mempunyai ide yang lebih baik, silakan memberitahukan kepada saya agar pekerjaan ini dapat selesai dengan cepat dan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Terima kasih atas usul dan saran-sarannya.
Bang.. saya sedang dalam proyek bikin eBOOK untuk menjelaskan tentang bahaya & haramnya FREESEX.. tolong bantu ya.. klo mo ikutan nulis juga boleh.. kirim lewat email aja.. thanx 4 ur attention..
Asw.
Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya
Salam Kenal YaâŚ
Mari kita jadikan, media blog, sebagai media untuk berkomunikasi sesama penduduk alam jagad maya, dan juga sebagai wahana untuk saling bersilaturahim; baik intelektual, spiritual maupun emosional.
Tentu, media blog ini, tidak sekedar ruang untuk hanya bertegur sapa sebatas âsay halloâ. Tapi mari jadikan sebagai ruang dialog pemikiran, diskusi pengalaman dan berbagi perasaan..
SaudarakuâŚ.
Mungkin anda seorang muslim yang berbeda aliran dan madzhab denganku (dan hakikatnyaâaku tidak mengikatkan diri pada satu madzhab dan aliran apapun). Percayalah, aku tidak akan menyesatkan apalagi mengkafirkan anda tanpa atau dengan dasar apapun. Aku hanya meyakini, bahwa anda hanyalah saudaraku yang berbeda dalam pendapat dan pemahaman. Perbedaan ini hanyalah didasarkan karena perbedaan bahan bacaan dan rujukan serta pengalaman keagamaan. Perbedaan itu bukan untuk dipertentangkan, tapi mari kita diskusikan dan bicarakan; diberanda rumah ini atau mungkin di warung kopi alam non-maya.
Mungkin diantara anda (yang masuk kedalam rumahku iniâdengan sengaja atau tidak), ada yang berbeda agama dan keyakinan denganku. Tapi apapun agama anda, anda tetap saudaraku. Memang kita beda dalam keyakinan, tapi kita tetap sama dalam penciptaan, sebagai sesama ummat manusia.
Aku, juga mengundang semua untuk berkunjung kerumahku:
Salam silaturahim selalu..
wasss
morning to… thanks kunjungan balik nya ya?
…kunjungan balasan.
Sejuk rasanya mampir di sini setelah blog walking…
salam kenal…
ehm.. ehm.. cuman mampir ki sanak, salam kenal đ
kesasar lagi đ
salam dari malang
http://hmc.web.id (belajar inggris lewat nasyid)
wakakakaakkk…
Kunjungan Balik…
Salam Kenal Yee….:D
assalamu’alaykum wr wb
hoo..kupikir author itu ada rincian mengenai yang punya blog tapi ternyata ko isinya komen semua?
mampir ke blog saya ya kak Landy (is it ur name?)
salam kenal ^__^~
assalamua’alaikum
mas landy.., pakabar? mau tanya, gimana caranya kalo kita mau nambahain page rank? plz….thanks.
Tengkiu Lan for visiting my blog, moga Allah Swt selalu beri kita peluang utk menda’wahkan agama ke seluruh alam.
blog yang penuh isi namun sederhana, saya suka,
salam kenal,
tabik!
Assalamu’alaikum Kak Landy… gimana kabarnya? wah akhirnya detik-detik menuju gerbang kemandirian (pernikahan) semakin dekat nich, jangan lupa undangannya ya…
Ayo Semangat KAMU PASTI BISA!!!
assalamu’alaikum mas…hayo ada yang gak undang2 nih mau nikah [-(…btw, mas Landy ada berobat gigi di daerah Depok ndak si???
duh gusti……..
Wah…. Si Abang dapet ide2 dari mana utk semua artikelnya….
bahasanya oce juga… nyontek di mana tcuu… hehehehe…
sory… isinya bagus banget kok… Menyentil hati….
Assalamu’alaikum…om Landy
gimana khabarnya neh ?? udah wisuda ??
Ass. Salam kenal
headernya bagus banget, landy! asli keren!
Assalamu alaikum
lam kenal…Nice blog, seneng sekali bisa mampir dan mungkin jadi keterusan..;)..
Smoga isinya bisa bermanfaat buat qt smua..amin..
Keep goog writing…
wassalamu alaikum
Assalamu alaikum akhi…
Salam kenal..
ariwolu.com
bro, jadi berangkat ke kumpul akbar di serpong?
pernah kesini belumya ? đ
assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu
sebelumnya salam kenal dan silaturahim…. numpang rehat dan baca2 artikel
đ jazakumullah
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu
salam ta’aruf,
senang menemukanm blog ini, semoga saya mendapatkan banyak manfaat dan barokah, Allahumma amien.
wassalaam,
jazaakallah đ
met menunaikan ibadah puasa Ramadhan
maaf tuk segala kesalahan yang diperbuat
raih Ramadhan terindah đ
salam kenal saja
kalau ada waktu silakan mampir ke blog yang baru seumur jagung. biar mudah saya buat linknya… karena saya ingin belajar, jadi mohon komentarnya u/ tulisan atau cara ngeblognya…
assalamu’alaikum,
salam kenal mas.
seneng baca tulisannya.
kaya embun:)
Seiring terbenam mentari diakhir Ramadhan, tibalah kini hari kemenangan, pesan ini sebagai ganti jabat tangan untuk mohonkan maaf & kekhilafan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H. Mohon maaf lahir & batin.
lha? isinya mana?
salam kenal saya andre dari surabaya
Assalamualaikum Wr. Wb
walaupun ga ada isinya, salam kenal aja buat semuanya. artikel2nya keren
salam sukses
Salam kenal …
Siapapun dirimu…mungkin aku tak tahu
Kukenal engkau lewat tulisan dan seni
Dari sini aku mencari tahu pengetahuan dan ilmu
Dan kuulurkan tali persatabatan sejati
salam hangat persabatan buatmu danbuat semua yang berkunjung disini! đ
wa’alaykummussalam
Ass.wr.wb. Salam kenal ya
slamat siang, teman met knal
Wa ‘alaykumussalaam wr. wb.
AlhamduliLLah mas Landy, ane sehat-sehat saja… baru tangguh senin kemarin, ane kagak jadi ke Kalsel… hasil musyawarah syuro jadinya ke Kuningan Jabar… besok insyaaLLah nishob 3 hari di masjid jl. Gede (SMA 2 Depok)… mohon doanye…
aslm…..bgaimana kabarnya ? sakam kenal….doakan saya agar istiqomah…alhmdllah saya bisa ketemu antum walau hanya lewat blog…senang sekali bisa baca2 artikel di blog antum…
materi blognya sep neh…
bisa nambah pengetahuan tentang agama…
khususnya tentang dakwah n tablig…
klo ada kesempatan berkunjung ke
http://imanamalsoleh.wordpress.com/
Assalamu’alaikum Landy,
Satu persatu komentarku di halaman ini kubaca kembali. Betapa hangatnya persaudaraan itu terjalin dahulu. dan kembalinya aku ke halaman ini karena ingin mengulang kehangatan yang pernah terjadi itu, kehangatan ukhuwwah, meski sibuk selalu saja ada, namun bagiku ini bukanlah “Dunia Maya” sebagaimana banyak orang berkata.
Salam rindu, Landy. Salam silaturrahim. Salam ukhuwwah. Semoga semua hajat-hajat baikmu dikabulkan Allah SWT. Maafkan diriku lahir batin atas segala khilaf dan alpa.
Kunanti engkau di gubugku..
Wassalam.
Syeh, ada buku musyawarah 3 hari nich, tiap mahalah dan halaqoh kudu punya.
ini linknya http://www.4shared.com/file/185109160/a38fd1df/Buku_musyawarah_Khuruj.html
Salam kenal sesama da’i. Kapan keluar di Tegal? ntar bisa mati kompor nich!
Assalamu’alaikum wr wb.,
Bung Landy, kapan online lagi nih?
Ditunggu karya2 nya.
Wass wr wb.,
Assalamu’alaikum
Uda Landy,
Sudah mulai berkarya lagi ya?. Tapi sependek penglihatan saya tampaknya ada yang berubah dari gaya penulisan.
Kalau dulu agama / usaha agama menjadi latar belakang dari cerita tentang anak manusia, sekarang kok jadi seperti Bayan, targhib dan Tasykil. Sehingga akhirnya hanya orang-orang tertentu saja yang menanggapi. Hitam Putih, Pro-Kontra, Pujian Celaan.
Kalau bercerita ttg anak manusia maka siapapun bisa menarik ibroh dari cerita itu. Sedangkan jika mereka mencela maka akan tampak sekali siapa “mereka”. Bagi mereka tidak ada kebaikan kecuali yang bergabung dalam Hizb-nya.
salam kenal mas…. banyak pelajaran yang bisa diambil dari tulisan mas. Jazakallah khoir
Uda Landy,
Apakah bisa komen untuk “Mantan JT” dan “Jt durhaka dan menelantarkan keluarga” di Stop. Atau dimoderasi.
Lihatlah akibat yg ditimbulkan, berbagai usaha yg dilakukan oleh para masyeikh di India untuk menyatukan umat islam hancur lebur melalui komentar yang ada. Perbedaan akidah Atsari dan Ashari yang bukanlah urusan orang awam menjadi ajang caci maki. Apalagi perbedaan fikih.
4 hal yg harus dihindari ketika keluar, disini malah menjadi sarana perdebatan.
Apakah kita harus taklid dalam hal akidah, tentu tidak. Tapi bukan disini tempatnya. Silahkan bawa atas nama pribadi ataupun lembaga masing2, tapi yg pasti bukan di JT hal itu diperbincangkan.
Jangan sampai amal kita hangus karena komentar yg muncul. Cukup sudah kerusakan yg timbul akibat dari 2 tulisan tsb.
Mohon maaf kalau komentar saya terasa keras.
More Sharing ServicesShare | Share on facebook Share on twitter Share on email Share on print
Sejarah dan Interpretasi Aliran yang Menyimpang dalam Islam
Kamis, 02 Februari 2012
SEBUAH hadits menyatakan bahwa umat Islam tidak akan pernah
tersesat selama ia berpegang teguh kepada Kitabullah dan Sunnah Nabi.1
Terdapat hadits yang menyatakan bahwa umat Islam akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan, hanya satu golongan yang selamat 2. Hadits ini masih diperselisihkan tentang kesahihannya, jadi bersifat zhanni
(nisbi), bukan qathâi (mutlak) (3).
Sejak dari timbul fitnah (kisruh) di akhir masa pemerintahan Utsman
bin âAffan ra, umat Islam pecah menjadi berbagai firqah (kelompok). Golongan Syiâah sebagai pendukung Ali bin Abi Thalib, golongan Khawarij sebagai penantang Ali dan Muâawiyah serta golongan Jumhur (Sunni). Selain itu timbullah pemalsuan hadits karena berbagai alasan, motif. Antara lain karena alasan politik (siasah), karena anti Islam yang terpendam (zanadaqah), karena fanatik (âashabiyah), karena gemar mendongeng (qushshah), karena perbedaan penapat/pandangan, karena kesalahan pendapat/pandangan (logika yang keliru), karena menjilat penguasa (M Hasbi AshShidieqy : âSejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, Bulan Bintang, Djakarta, 1953).
Timbulnya perpecahan, firqah, kelompok, golongan, aliran paham sesat
dalam Islam semata-mta karena tak sepenuhnya berpegang pada al-Quran dan hadits. Bisa karena sudah dicemari oleh paham Yahudi, Nasrani, Majusi, Yunani, Hindu, China, dan lain-lain. Juga pengaruh talbis, dansinkretisme. Paham-paham ini bisa masuk, menyelundup ke dalam Islam melalui kaum Munafik, yaitu kaum kafir (Yahudi, Nasrani, Majusi) yang tampil sebagai orang Islam.
Namun sebagian bisa pula dipungut secara aktif oleh orang Islam sendiri dari filsafat Yunani, Hindu, China, dan lain.lain.
Perpecahan, perbedaan paham bisa direduksi diminimalisir dengan
membuang seluruh paham yang telah mencemari ajaran Quran dan Hadits.
Di dalam politik, pemerintahan, kenegaraan, kepemimpinan, yang
mula-mula muncul adalah paham Khawarij, kemudian muncul paham Syiâah.
Khawarij lebih dulu memberontak kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib,
kemudian baru berusaha mencari alasan begi pembenaran pemberontakannya.
Sedangkan Syiâah, pahamnya yang lebih dulu terbentuk, kemudian baru
mulai mengadakan pemberontakan 4. Jadi Khawarij, lebih dulu melancarkan aksi pemberontakannya, kemudian baru menyusun teori bagi pembenaran aksinya.
Perbedaan kepercayaan
Di dalam akidah, kepercayaan muncul dengan lahirnya paham Qadariah, Jabariah, Asyâariah, Maturidiah, dan lain-lain. Masing-masingnya menyusun teorinya berdasar pemahaman, interpretasinya pada Qur:an dan Hadits 5.
Di dalam ibadah, fikih muncul paham Hanafiah, Malikiah, Syafiâiah, Hanabilah, Zhahiriah, dan lain-lain. Masing-masing juga menyusun teori, paham, mazdhab dan metodenya berdasar interpretasinya pada Qurâan dan Hadits.
Di dalam tasawuf juga muncul berbagai macam paham, seperti Naqsyqabandiah, Qadiriah, Samaniah, Syatariah, Tijaniah yang menurut Mohammad Natsir lebih bertolak pada rasa dan intuisi katimbang interpretasi, pemahaman akan Kitabullah dan Sunnah Rasul (6). Interpretasinya lebih cenderung pada signal, isyarat.
Ibnu Khaldun dalam âMuqaddamahâ-nya menyebutkan bahwa ketika orang-orang sudah mulai cenderung dan terlena dengan urusan duniawi pada abd ke dua hijrah dan sesudahnya, maka muncullah sebagian orang yang khusus beribadah saja yang dikenal dengan nama sufi (Abdul Qadir Isa : âHakekat Tasawwufâ, Qisthi Press, Jakarta, 2005, hal 10).
Haji Khalifah dalam âKasyf azh-Zhannunâ menyebutkan bahwa orang yang
pertama kali dikenal dengan sufi adalah Abu hasyim ash-Shufi (w150)
(Idem, hal 11).
Doktor Kamil Musthafa dalam kitabnya âAsh-Shilah baina at-Tashawuf wat Tasyriâ (Kaitan anytara Tasawul dan Aliran Syiâah) bahwa orang yang pertama dijuluki dengan sebutah shufi di dalam Islam adalah Jabin bin Hayyan (ahli filsafat dan kimia), Abu Hasyim al Kufi (pembangun padepokan shufiyah di Ramlah) dan Abduk as-Shufi (campuran syiâah dan shufiyah).
Dalam khazanah sufi terdapat terminolgi; Hulul, Ittihad, Wihdatul Wujud. Hulul adalah paham yang beriâtiqad, meyakini bahwa Allah, berada, bersemayam di setiap bagian bumi, di lautan, di pegununga, di bukit, di pepohonan, pada manusai, pada hwan. Ittihad adalah paaham yang beriâtiqad, meyakini bahwa Khaliq (Allah) bersatu (manunggal) dengan makhluq (manusia). Sihdatul Wujud adalah paham yangberiâtiqad bahwa wujud (ada) hanyalah satu, tidak berbilang. Tak ada yang wujud (ada) kecuali Allah swt. Sedangkan yang maujud (yang diadakan) boleh
berbilang.Adanya (maujud) alam adalah karena adanya wujud (ada) yang
wajib berdiri sendiri. (Dalam âMadarijus Salikinâ Ibnu Qayyim terdapat
pembahasan âWujudâ tanpa âWihdatulâ).
Pimpinan Yayasan Al-Qalam, Pasar Rumput, Jakarta Selatan (M Amin
Djamaluddin, menyebutkan bahwa inti sari ajaran Ibnu Arabi (tokoh
Tasawwuf Falsafi) didasarkan atas teori/paham Wihdatul Wujud yang
menghasilkan teori/paham Wihdatul Adyan (Kesatuan Agama) sebagai hasil dari gabungan teori/paham Al-Ittihad (Manunggal) dan mengadakan
Al-Ittishal (Emanasi, nyambung, tasalsul ath-thuruq?). (âSiapa Ibnu
Arabi? Tanggapan atas pernyataan Dr Nurcholish Madjidâ).
âAbdul Qadir Isa dalam bukunya âHakekat Tasawufâ menyatakan bahwa
sebutan/predikat Hulul dan Ittihad itu adalah tuduhan bohong yang
dilontarkan oleh orang-orang yang menentang kaum sufi bahwa kaum susfi
meyakini Hulul dan Ittihad. Kaum sufi bebas dari tuduhan bohong itu.
Tidak mungkin kaum sufi yang mengamalkan islam, iman dan ihsan akan
terjerumus pada paham sesat tersebut.
SA al-Hamdany memandang, bahwa Tasawuf itu adalah merupakan campuran dari ajaran-ajaran Brahma, Budha, falsafah Yunani, kepadrian kaum Nasrani dan ajaran baru Plato. Karenanya Tashawuf bukanlah dari Islam dan Islam sendiri suci/bersih daripadanyaâ (âSanggahan terhadap Tashawuf & Ahli Sufiâ, Al-Maâarif, Bandung, 1986, hal 15, 33) (Aqidah/keimanan, Ibadah/keislaman, Akhlaq/keihsanan Sufi menyimpang dari Aqidah/keimanan, Ibadah/keislaman, Akhlaq/keihsanan Islam ?).
Hulul, Itihad dan Wihdatul Wujud tidak terdapat dalam Islam (idem, hal 17). Abdul Qadir Isa dalam bukunya âHakekat Tasawufâ mengemukkan bahwa dari data historis dapat disimpulkan bahwa tasawuf bukanlah sesuatu yang baru dalam Islam. Dasar dari ajran tasawuf diserap dari sejarah dan peri kehidupan Rasulullah dan para shahabatnya. Mengacu pada hadits yang menjelaskan Rukun Iman, Rukun Islam dan Rukun Ihsan.
Abul Aâla al-Maududi menyebutkan bahwa ia adalah penantang tasawwuf yang selalu digembar-gemborkan oleh mereka yang hatinya berselubung tasawwuf yang menampakkan salah satu cermin/maqam âihsanâ, Pemakaian simbol/lambang tasawuf dan istilah/terminology, pemilihan ungkapan bahsa dan uslubnya serta penetapan metoda/kaifiat thariqat sufi perlu untuk dihindari (âSejarah Pembaruan dan Pembangunan Kembali Alam Pikiran Agamaâ, Bina Ilmu, Surabaya, 1984, hal 111).
Madzhab shufiyah dan madzhaf syiâah dipandang sebagai saudara sepupu yang berasal/muncul dari sumber yang sama dan yang saling berdekatan dan memiliki tujuan yang mirip sama. Dua kelompok ini bersekutu, mirip dalam akidah secara umum dan juga mirip dalam syariâat yang diterapkan.
Syahrastani (479-584H) mengarang âAl Milal wan Nihalâ yang menerangkan berbagai paham agama dan aliran-aliran kepercayaan samapai masa hidupnya 7. Syahrastani menyebut empat golonga besar, yaitu Qadariah, Shifatiah, Khawarij dan Syiâah 8.
Berdasar dalal zhanni, bukan dalil qathâI, Ibnul Jauzi (wafat 597H) melihat ada enam golongan pokok yang masing-masing terpecah menjadi dua belas golongan, sehingga seluruhnya berjumlah tujuh puluh dua golongan. Keenam golongan pokok itu ialah: Haruriah, Qadariah, Jahmiah, Murjiah, Rafidhah, Jabariah 9.
Muhammad Ahmad Abu Zahrah dalam bukunya âAl-Madzahib al- Islamiyahâ (Madzhab-madzhab dalam Islam) membicarakan aliran-aliran politik dan aliran-aliran kepercayaan dalam Islam, antara lain : Syiâah, Khawarij, Murjiah, Muâtazilah, Asyâariyah, maturidiyah, Salafiyah, Bahaiyah, Qadianiyah.
Dalam Sahih Bukhari pada âKitab al Fitanâ terdapat hadits-hadits tentang tanda-tanda hari kiamat 10 dan sifat-sifat dajjal 11.
Dalam Sahih Bukhari pada âKitab al Imanâ terdapat hadits tentang testing, pengujian untuk membedakan antara Nabi dan yang bukan, menurut versi Heraklius (Herkules?).
MUI Pusat merinci sepuluh kriteria untuk membedakan paham aliran
yang sesat dan yang bukan sesat 12.
Aliran sesat dan klaim Rujukan
Di Indonesia kini marak muncul paham aliran baru. Masing-masing menyusun teori berdasar interpretasinya terhadap Qur:an untuk pembenaran pahamnya.
HM Amin Djamaluddin, Hartono Ahmad Jaiz dengan LPPI nya (Lembaga Penelitian dan Pengkajian Islam) aktif menyoroti, mengkaji, menggugat paham aliran sesat.
Ahmadiyah, al Qadiyah menggunakan hadits tentang turunnya Nabi Isa, turunnya Imam Mahdi, dan ayat Qur:an tentang naaiknya Nabi Isa (QS 3:55) menurut interpretasinya dalam menyusun teorinya, bahwa kedatangan al Masuh al Mauâud itu sudah disebutkan dalam Kitab Suci terdahulu, dan dialah alMasih alMauâud itu (al masih ad Dajjal).
Syiâah menggunakan hadits tentaang turunnya Imam Mahdi, serta mengarang-ngarang tentang kesuperan Ali bin Abi Thalib dalam mengembangkan teori imamahnya. Inkarus Sunnah, al Qurâan Suci menggunakan interpretasinya terhadap
Qurâan dalam menyusun teori, pahamnya.
Islam Jamaâah juga menggunakan interpretasinya terhadap Qur:an dan
Hadits dalam menyusun teori, paham manqul nya.
Mahaesa Kurung al Mukarramah juga menggunakan interpretasinya terhadap Qurâ an dan Hadits dalam menyusun, mendukung teori, paham spiritualnya. Ia punya website, situs sendiri.
Wahidiah juga menyusun teori, paham spiritualnya menggunakan interpretasinya terhadap Qur:an dan Hadits. Menurut teorinya, olah batin (spiritual) itu mengacu dan mengikuti ungkapan, slogan, semboyan âLillah-Billah, LirRasul-BirRasul, LilGhauts-BilGhautsâ. (Tunduk, patuh, setia pada alGhauts, karena ia punya wewenang memberikan syafaâat) (13). Wahidiah juga punya situs sendiri.
Berpegang Islam
Khalifah Abubakar Siddiq ra pernah memperingatkan umat Islam bahwa suatu masa nanti umat Islam akan berada di persimpangan jalan (maghraqi mahajjah), dibawah penguasa kejam (tiran), umat terpecah-belah, darah mudah tertumpah. Pada masa itu umat Islam hatruslah kembali menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas jamaâah, kembali menjadikan Quran sebagai sumper petunjuk, melakukan
konsolidasi (Simak M Natsir : âFiqud dakwahâ, amadhani, Semarang, 1984, hal 88-89; Risalah Daâwah AL-MUNAWWARAH, Tanah Abang, Djakarta,
Rasulullah memperingatkan bahwa suatu masa nanti umat Islam akan mengalami situasi dimana umat Islam tidak diperintah sesuai dengan sunnah Rasulullah. Pada masa itu umat Islam haruslah kembali berada dalam jamaâah kaum Muslimin beserta pimpinannya. Jika tak ada ada jamaâah kaum Muslimin beserta pimpinannya, maka bersabarlah.
“Lakukanlah dan tunaikanlah kewajiban dan mohonlah hak yang menjadi bagian kepada Allah.” (Simak HR Bukhari, Muslim dalam âAl-Lukluk wal-Marjanâ, pasal âAnjuran Supaya Tetap Dalam Jamaâah Kaum Muslimin.â */Asrir Sutanmaradjo. Penulis adalah peminat masalah agama, tinggal di Bekasi.
Sumber rujukan
1.âMuwaththaââ Imam Malik.
2.âManhaj alFirqah an Najiahâ oleh Muhammad bin Jamil Zinu.
3.PANJI MASYARAKAT, No.498, 21 Maret 1986, âTentang sabda Nabi saw : âUmatku akan pecah 73 golongan,â oleh Muhammad Baqir.
4.âSejarah dan Kebudayaan Islamâ oleh Prof Dr A Syalabi, jilid II, 1982:308.
5.âPedoman Pokok dalam Kehidupan Keagamaan Berdasarkan Ahlus Sunnah wal Jamaâahâ oleh KH Tb M Amin Abdullah alBantani, 1984.
6.âSanggahan terhadap Tasauf dan Ahli Sufiâ oleh SA alHamdany, 1982.
7. âUlama SyafiâIâ oleh KH Sirajuddin Abbas, 1975:157-162.
8.âAlMilal wan Nihalâ oleh Syahrastani.
9.âGodaan Sytanâ oleh Md Ali alHamidy, 1984:128-136.
10.âJalan Menuju Imanâ oleh Abdul Madjid azZaidan.
11.âTafsir alAzharâ oleh Prof Dr Hamka, juzuk IX, 1982:191-197, re
ayat QS 7:187.
12.RAKYAT MERDEKA, Rabu, 7 November, 2007.
13.âPedoman Pembinaan Wanita Wahidiyahâ oleh Penyiaran Shalawat
Wahidiyah Kedunglo, Kediri, Jatim.
14.âSanggahan terhadap Tasaufâ, 1982:20-23.